Tutorial CPanel Hosting

CPanel atau control panel hosting merupakan pusat kontrol hosting yang funsi utamanya untuk mengelola website Anda. Dengan adanya Control Panel, Anda tidak perlu menggunakan metode manual lagi untuk mengelola website sobat.

Beberapa hal sederhana yang bisa sobat lakukan dari cpanel hosting seperti ; menambahkan domain baru, pembuatan alamat email baru, subdomain, backup, pembuatan database baru, pergantian password FTP/Control Panel dan masih banyak lagi fungsinya.

tutorial cpanel 450x438 Tutorial CPanel Hosting

Dalam cPanel (control panel) hosting terdapat banyak menu yang mungkin bisa sobat manfaatkan yang diantaranya :

1) SITE TOOLS

File Manager jujur saya sendiri lebih sering menggunakan menu ini untuk meng-upload, mengedit, menghapus, memproteksi & mengubah permission file website. biasanya saya perguanakan untuk upload file-file yang kecil website.

General Account Information untuk melihat jumlah space website, space database, bandwidth, mailing list & subdomain yang masih tersedia. Sehingga sobat bisa memperkirakannya untuk keperluan data website.

Change Password untuk mengubah password website & Frontpage website.

General Server Information untuk melihat versi Operating System, apache, php, database, perl & module, sendmail, bind & ftpd.
Custom Error Pages untuk mengatur halaman apa yang akan ditampilkan jika link website Anda salah (Error 404) atau jika script Anda error.

Redirects untuk mengalihkan alamat URL website lama ke URL website baru sobat, misalnya pengunjung masuk ke http://www.domainsobat.com/home maka secara otomatis akan dialihkan ke: http://www.domainbaru.com

Image Manager berfungsi untuk membuat thumbnail foto (foto ukuran kecil), mengubah ukuran foto dan mengubah foto dari format satu ke yang lain.

2) E-MAIL

POP3 Account untuk menambah, mengedit & menghapus e-mail POP3 Anda yang dapat digunakan di Outlook Express

E-Mail Forwarding untuk menambah, mengedit & menghapus e-mail forwarding Anda. Anda dapat mengalihkan misalnya email: supplier@domainanda.com ke dani@domainanda.com & susi@domainanda.com, dini@domainanda.com.

Auto Responder untuk menambah, mengedit & menghapus e-mail yang dapat digunakan sebagai jawaban otomatis.

Mailing List untuk membuat grup diskusi seperti http://www.yahoogroups.com

Domain Forwarding untuk mengalihkan semua email dari domain yang satu ke domain yang lain. Sebagai contoh: jika Anda mengalihkan email dari domain1.com ke domain2.com, maka semua email yang dikirim ke nama@domain1.com akan dikirimkan ke nama@domain2.com

Default Address Manager yang memungkinkan Anda untuk mengalihkan semua alamat email yang belum dibuat ke 1 alamat email.

3) FTP

FTP Accounts Manager fungsi utama untuk menambah, menghapus & mengganti password FTP

4) LOGS (STATISTIC)

Web Statistik Webalizer untuk menganalisa jumlah pengunjung website Anda secara detail. Perhari, perbulan, masuk dari website mana, dari negara apa dan masih banyak lagi. Bukan hanya sekadar counter biasa.

Statistik FTP untuk menganalisa aktivitas user FTP di account Anda. AWStats, software lain untuk menganalisa jumlah pengunjung website Anda secara detail. Alternatif lain bagi Anda yang merasa kurang nyaman dengan Webalizer.

Statistik Analog untuk menganalisa jumlah pengunjung website Anda. Namun dengan versi yang lebih sederhana dan mudah dibaca.

Latest Visitors untuk menampilkan 300 pengunjung terakhir di website Anda dan beberapa informasi yang menarik tentang mereka.
Bandwidth Usage untuk mengetahui berapa bytes yang telah ditransfer oleh website Anda.

Error Log untuk menampilkan pesan error yang ditimbulkan website Anda, misalnya file foto yang tidak tampil, file yang hilang dan sebagainya. Sangat berguna bagi Anda yang menggunakan bahasa programming seperti CGI Scripts, PHP dan sebagainya.

5) SOFTWARE/SERVICE

Softacolous (Fantastico De Luxe) merupakan salah satu menu utama yang paling sering digunakan, dengan softacolous ataupun fantastico sobat bisa menginstall CMS baik itu joomla, wordpress, CMS forum ecommerce sesuai yang kita inginkan dengan beberapa langkah saja. cara cepat buat instalasi website.

Site Software untuk menginstall software di website sobat.

6) DATABASES

Untuk mengatur database website baik itu yang dari MySQL database ataupun PHPMyAdmin.

Tags:

Rate this article!

Tutorial CPanel Hosting,0 / 5 ( 0votes )
author

Author: 

Hanyalah seorang pemuda yang hoby dengan dunia blogging, penulis seorang blogger newbea yang ingin berbagi tulisan tentang komputer, teknologi, gadget, internet dan sesuatu hal yang penulis tahu melalui blog ini. Jika ingin bertukar pikiran, share, atau ingin mengenal lebih dekat mengenai saya bisa menghubungi melalui twitter ataupun facebook.