Tutorial Cara Membuat Tulisan 3D di Photoshop

Halo Design Lovers. Kali ini saya akan sharing tentang cara membuat tulisan 3D di photoshop. Membuat tulisan 3D memang memiliki banyak metode yang bisa kamu pilih sesuai dengan kemampuan kamu ataupun sesuai dengan software yang ada pada komputer kamu.

Cara membuat tulisan 3D bisa menggunakan software Illustrator, Corel maupun Photoshop. Caranya pun berbeda karena masing-masing software itu juga memiliki fitur yang tak sama. yang penting tulisan yang dihasilkan adalah tulisan 3D. Intinya sih banyak jalan menuju Jerman ya.

Cara Membuat Tulisan 3D di Photoshop

Bagi kalian yang memiliki software Photoshop di komputer kalian, jangan dianggurin guys, banyak loh yang bisa kamu lakukan dengan Software Photoshop ini. Salah satunya untuk membuat tulisan 3D. Yuk ikuti tutorial dibawah ini.

Langkah pertama adalah buka Photoshop di PC kamu. Buat lembar kerja baru (CTRL+N) seperti dibawah ini.

Selanjutnya ubah “Foreground Color” yang ada di toolbar sebelah kiri lembar kerja, klik dua kali kemudian ganti dengan warna biru muda seperti gambar berikut.

Ubah juga “Background Colour” menjadi warna biru tua.

Lalu pilih “Gradient Tool” pada toolbar dan tarik dari kanan atas lembar kerja secara diagonal.

Hasilnya lembar kerja kamu akan nampak seperti gambar dibawah.

Langkah selanjutnya adalah membuat teks berwarna putih dengan “Horizontal Type Tool”

Pada panel layer, klik kanan pada layer teks “ilmuonline.net” kemudian pilih “Rasterize Type“.

Langkah selanjutnya adalah pastikan layer teks “Ilmuonine.net” aktif, kemudian tekan tombol “CTRL+T” lalu arahkan hingga miring seperti gambar berikut.

Selanjutnya adalah menarik titik yang berada ditengah atas (perhatikan kursor gambar dibawah) ke arah kiri sambil menekan tombol SHIFT dan CTRL.

Dan hasilnya akan seperti ini.

Langkah selanjutnya adalah membuat duplikat dari layer teks “Ilmuonline.net”. Caranya pastikan layer teks aktif, kemudian tekan tombol “ALT+PANAH BAWAH”.

Untuk jumlah duplikat menyesuaikan saja. Disini saya hanya membuat 10 duplikat saja. Layer asli masih tetap bernama “ilmuonline.net” sedangkan layer duplikat akan otomatis bernama “ilmuonline.net copy-”

Langkah selanjutnya adalah seleksi layer “ilmuonline.net copy” sampai “ilmuonline.net copy 9”

Klik kanan lalu pilih “Merge Layers”

Agar tidak membuatmu bingung, ubah nama layer yang sudah digabung tadi dengan nama “TENGAH” karena akan kita taruh di bagian tengah.

Ganti juga nama layer lainnya. “Ilmuonline.net” menjadi “ATAS” dan “ilmuonline.net copy 10” menjadi “BAWAH”

Kemudian tempatkan sesuai posisinya, layer “ATAS” letakkan di paling atas begitu pun layer lainnya seperti gambar dibawah ini.

Selanjutnya adalah kita akan membuat layer “BAWAH” seperti memiliki sebah bayangan. Caranya klik dua kali pada layer “BAWAH” lalu akan muncul dialog seperti berikut. Centang pada “DROP SHADOW” dan sesuaikan warna dan lainnya seperti dibawah ini.

Setelah itu centang juga pada bagian “COLOR OVERLAY” lalu ganti warna dengan warna hitam. Klik OK.

Selanjutnya klik dua kali pada layer “TENGAH”. Setelah muncul dialog seperti dibawah, centang pada pilihan “GRADIENT OVERLAY”. Pilih gradient sesuai selera kamu. Kamu juga bisa menggunakan warna lain selain pilihan warna yang disediakan Photoshop. Selanjutnya Klik OK.

Hasilnya akan seperti dibawah ini. Selanjutnya seleksi layer ATAS, TENGAH dan BAWAH, lalu klik kanan dan pilih “MERGE LAYERS”.

Cara mudah membuat logo di photoshop

Cara membuat poster dengan Photoshop

Cara membuat stempel dengan photoshop

Dan beginilah hasil akhirnyaa.

Jadi begitulah cara membuat tulisan 3D di Photoshop. Bagi yang masih pemula mungkin terasa agak ribet ya. Tapi jika kamu terus melakukan latihan pasti juga akan terbiasa dengan fitur photoshop yang sangat berjibun jumlahnya.

Demikian artikel tentang cara membuat tulisan 3D di Photoshop. Jangan lupa share artikel tentang cara membuat tulisan 3D di Photoshop diatas melalui akun sosial media kamu. Semoga bermanfaat dan dapat menambah ilmu sobat ilmuonline sekalian ya, sampai jumpa.

Leave a Reply