Tips Mudah Cara Menggunakan Thunderbird dengan GMail

Sebenarnya cara menggunakan thunderbird dengan gmail memang cukup mudah simple, namun bagi yang belum terbiasa menggunakan thunderbird tentu belum tentu langsung bisa. Bagi kamu yang belum tau apa itu thunderbird, penjelasan singkat mengenai thunderbird adalah sebuah aplikasi mail client (MUA – Mail User Agent) yang fungsinya sama dengan Outlook Express, Eudora Mail, Evolution, Sylpheed, dan sejenisnya. Thunderbird ini adalah salah satu produk turunan dari Mozilla. Pendek kata, aplikasi thunderbird ini berfungsi saving email kita tanpa harus terhubung di internet fungsi dan fiturnyapun tidak jauh berbeda dari Microsoft outlook.

Penjelasan singkat mengenai thunderbird sudah, kini saatnya praktek untuk mengetahui cara menggunakan thunderbird dengan email gmail. Mengapa harus gmail ? ya simpel saja karena layanan email dari google ini saat ini banyak yang menggunakan 😀

Tips Mudah Cara Menggunakan Thunderbird dengan GMail

Untuk menggunakan email thunderbird dengan gmail, ada dua langkah utama yang harus kamu ketahui yakni yang pertama setting di gmail dan yang kedua setting di aplikasi thenderbirdnya. Adapun untuk langkah-langkahnya seperti berikut ini.

  • Sebelum kamu mensetting aplikasi thunderbird, terlebih dahulu kamu harus mensetting gmail kamu. Caranya Silahkan login menggunakan gmail kamu, untuk yang menggunakan settingan bahasa inggris Klik “Option” di bagian kanan atas, lalu Pilih “Setting”, pilih menu “Forwarding and POP/IMAP” dan beri tanda centang pada Enable IMAP. dan terakhir klik “Save Changes”.
  • Sedang yang menggunakan pengaturan bahasa indonesia, klik tanda gerigi (setelan) yang ada di pojok kanan atas seperti ini.

cara menggunakan email thunderbird

  • Lalu klik menu Penerusan dan POP/IMAP, lalu klik media button “Aktifkan IMAP” yang terdapat pada bagian Akses IMAP, lalu klik tombol Simpan Perubahan.

cara-menggunakan-thunderbird-di-gmail

  • Setting email gmail untuk thunderbird sudah dilakukan, selanjutnya ialah mendownload dan menginstall aplikasi thunderbird, kamu bisa mendownloadnya disini.
  • Jika sudah terinstall, selanjutnya mensetting aplikasi thunderbird. pertama silahkan buka thunderbird
  • Pertama Klik pada “View setting for this account”, seperti ini

cara setting thunderbird dengan gmail

  • Lalu klik pada bagian “Account Action”, kemudian klik “Add Mail Account”, seperti ini

cara setting thunderbird dengan gmail

  • Maka akan tampil mail account setup, isikan :

1. Your Name: Isikan nama Anda
2. Email Address: Isikan alamat email anda
3. Password: Isikan password email anda

  • Selanjutnya klik tombol “Continue” dan kemudian pilih tombol “Done“, jika proses setting email thunderbird berhasil maka akan ada proses download email ke akun thunderbird kamu.

Itu tadi cara menggunakan thunderbird dengan gmail yang bisa penulis bagikan, semoga bermanfaat buat rekan-rekan yang membutuhkan.