Tips Memilih Web Hosting Indonesia yang Berkulitas dan Terpercaya

Akhir-akhir ini banyak sekali bermunculan web hosting-web hosting yang menyediakan penawaran gila-gilaan dalam segi harga dan spesifikasi. Bahkan dengan modal puluhan ribu saja calon konsumen sudah bisa menggunakan web hosting indonesia dengan spesifikasi serba unlimited, meskipun ndak sedikit tetep ada batasan pemakaian. bahasa unlimited bisa dibilang hanya sekedar isapan jempol belaka (bahasa promosi) untuk menarik minat calon konsumen. Buat para blogger (pemilik blog) yang masih awam tentu akan sangat tertarik untuk mencobanya, karena iming-iming harga yang sangat terjangkau.

Tips Memilih Web Hosting Indonesia yang Berkulitas dan Terpercaya

Padahal jika kita mau memilih suatu web hosting terutama untuk hosting-hosting di Indonesia setidaknya kamu harus memperhatikan beberapa tips agar web hosting yang kamu pilih merupakan web hosting yang handal dan bisa dipercaya, tentu kamu tidak ingin kan data yang kamu punya di blog di ambil oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, blog ketika di akses lemott atau lebih parah lagi web hosting yang kamu punya sering banget down, sehingga blog maupun website yang kamu miliki susah sekali di akses, tentu itu sangat mengganggu aktivitas blogging kamu. Maka dari itu perlu rasanya memperhatikan beberapa aspek atau tips memilih web hosting indonesia yang berkulitas dan bisa di percaya, agar aktivitas blogging kamu bisa berjalan lancar sesuai rencana.

Tips Memilih Web Hosting Indonesia yang Berkulitas dan Terpercaya

Berikut ini adalah tips memilih web hosting indonesia yang menandakan penyedia web hosting tersebut berkualitas atau murahan.

  • Lokasi Server

Pertama yang harus kamu perhatikan ketika akan memilih web hosting terutama web hosting di Indonesia, cari tahu dulu lokasi server dari hosting yang ditawarkan, semisal jika ada 2 penawaran yang menarik minat kamu dengan penawaran pertama server berlokasi di indonesia dan penawaran kedua server berlokasi di US / Australia, tentu yang harus kamu pilih server terdekat negara target visitor (pengunjung blog) kamu, semisal blog kamu blog berbahasa Indonesia baiknya memilih server yang berlokasi di Indonesia. Hal ini perlu mengingat berpengaruh pada kecepatan akses blog.

  • Legalitas Usaha

Point selanjutnya yang perlu kamu perhatikan ialah legalitas usaha, mengingat hosting tidak perkara sepele sebaiknya sebelum menentukan pilihan hosting indonesia mana yang kamu pilih, cek terlebih dahulu seputar legalitas web hosting, seputar about us perusahaan, serta testimoni-testimoni user yang sudah mencoba. Salah satu web hosting indonesia yang sudah memenuhi syarat tersebut semisal ; Hostinger, yang sudah memiliki jutaan user dan sudah berbentuk badan usaha PT. sehingga data yang ada di blog/website kamu semakin terjamin keamanannya. Skip (lewati) jika kamu menemukan web hosting yang tidak jelas siapa mereka, dimana kantor/lokasinya, siapa pelangganya dan bagaimana pelayannya terhadap user ? semua ini harus kamu pikirkan agar tidak menyesal di lain hari.

  • Bandwidth dan Space Hosting

Bandwith dan space hosting juga perlu kamu perhatikan, jangan sampai website anda down pada pertengahan bulan karena bandwith yang di sediakan hosting anda sangat terbatas. Sia sia juga kalau web hosting yang kamu miliki murah tapi memiliki space hosting yang sangat kecil. Aktifitas anda dalam mengelola blog /website kamu akan sangat terbatas. Apalagi jika Space Hosting kurang dari 1 GB, belum setahun file file web kamu akan penuh, maka dari itu ketimbang nanti kamu harus upgrade lebih baik sebelum menentukan pilihan hosting baiknya perhatikan bandwith dan space hosting tersebut.

  • Pelayanan

Ketika ingin memesan hosting, lihat apakah tersedia fitur customer service yang siap melayani kamu 24jam ? hal ini perlu kamu pertimbangkan, karena jika ada gangguan / masalah mengenai websit / blog kamu tidak panik, karena sudah ada customer service yang siap membantu masalah kamu 24 jam.

  • Kemampuan Addon Domain (Menambahkan Domain)

Hal lain yang ndak kalah pentingnya untuk tips memilih web hosting indonesia yang berkualitas ialah kemampuan addon domain atau menambah domain yang disediakan, usahakan sebelum menentukan paket mana yang akan kamu pilih perhatikan juga fitur addon domainnya, bisa di tambahkan berapa domain dalam 1 share hosting yang kamu miliki. Hal ini perlu jika kamu berniat menaruh beberapa domain blog kamu di dalam 1 akun web hosting.

  • Harga

Saya sengaja menaruh harga dipaling bawah karena pokok bahasan kali ini ialah tips memilih hosting indonesia yang berkualitas dan bisa di percaya, pepatah jawa mengatakan “ono rego ono rupo” yang kurang lebih kalau diartikan dalam bahasa Indonesia “ada harga ada wujud” yang menandakan jika kita membeli/menyewa hosting yang mempunyai standart kualitas dan spesifikasi yang mumpuni tentu ada harga yang harus kita bayarkan, maka dari itu harga juga termasuk dalam pertimbangan, tapi prioritas utama pada point-point yang sudah saya sebutkan diatas.

Demikian penjelasan singkat mengenai tips sederhana yang bisa kamu pergunakan sebelum menyewa web hosting Indonesia yang berkualitas, semoga bisa memberi gambaran sederhana buat pembaca ilmuonline.net semua.

One Response

Leave a Reply