Tips Memilih Lokasi Rumah Pertama Anda

Rumah / tempat tinggal merupakan salah satu idaman bagi semua orang yang sudah dewasa dan sudah berumah tangga, Hal inilah yang mungkin melatarbelakangi animo masyarakat akan tempat tinggal / rumah semakin banyak sedangkan ketersediaan lahan/tanah untuk rumah sendiri semakin berkurang membuat harga tanah dan rumah semakin melambung tinggi, terlebih untuk perumahan yang ada di kota-kota besar seperti; Jakarta, Bandung, Surabaya, DIY, Semarang. Harga per meter nya rata-rata sudah menyentuh angka diatas Rp 1juta/meternya. Dengan tingginya harga tanah dan rumah membuat sebagian besar masyarakat memilih untuk KPR ketika membelinya, sehingga pembayarannya tidak terlalu memberatkan. Bagi anda yang mempunyai pengalaman pertama dalam membeli rumah, mungkin tips memilih lokasi rumah pertama anda bisa dijadikan bahan pertimbangan sebelum membeli rumah.

tips memilih lokasi rumah pertama

Tips Memilih Lokasi Rumah Pertama Anda

1. Tentukan Lokasi Rumah
Point pertama tips memilih lokasi rumah ialah penentuan lokasi rumah yang PAS buat Anda, oleh karena itu dalam menentukan lokasi kita perlu jeli mengamati pemgembangan suatu wilayah yang berkaitan erat dengan perkembangan suatu daerah. Sebaiknya dalam menentukan pilihan lokasi perumahan, Anda harus mencocokkan dengan peta wilayah daerah tersebut, Anda juga dapat melihat lokasi secara makro seperti : Jaringan jalan, lintasan kabel tegangan tinggi, letak sungai besar yang terdekat, letak lintasan kerata api dan berbagai pertimbangan lain yang Anda kira perlu. Jangan lupa pula untuk mencari informasi secara online, misal jika anda tinggal di jakarta coba search di google “rumah dijual di jakarta” untuk membandingkan langsung mengenai harga jual dimasing-masing daerah yang ada di Jakarta atau Anda bisa mengunjungi langsung website penyedia jual beli rumah untuk membantu dalam menentukan pilihan, selain itu mencari informasi lisan dari rekan-rekan yang mengetahui wilayah perumahan yang akan dipillih bisa anda jadikan informasi pelengkap gagasan untuk menentukan lokasi rumah.

2. Aspek Legalitas Rumah
Salah satu tips memilih rumah penting lainnya ialah dari segi aspek legalitas rumah, sebelum memutuskan untuk membeli rumah sebaiknya terlebih dahulu memeriksa aspek legalitas atas lokasi tersebut. Adapun aspek legalitas yang bisa ditanyakan ke Perusahaan Pengembang adalah Copy Sertifikat Induk untuk lokasi perumahaan yang dipilih, hal tersebut untuk memberikan kepastian tentang keabsahan kepemilikan atas tanah yang nantinya akan dikembangkan (pemecahan atas sertifikat induk) menjadi SHGB ataupun SHM atas kavling yang dipilih tersebut tidak dalam permasalahan. Selain dari perusahaan pengembangan dapat juga bertanya ke kelurahan atau kecamatan.

Unsur legalitas diatas berlaku untuk lokasi perumahan yang benar-benar baru akan dibangun, sedangkan untuk lokasi lokasi perumahan yang sudah/sedang dibangun dapat ditanyakan lebih detail lagi seperti:Surat-surat tanah (AJB, PHTB, SHM/ SHGB), kelengkapan IMB, dan sejenisnya.

3. Fasilitas Sarana & Prasarana
Faktor lain yang perlu dipertimbangkan ialah fasilitas sarana dan prasarana yang akan anda dapatkan ketika membeli rumah, Biasanya Fasilitas standar yang biasa dikenal dengan istilah ‘Fasum & Fasos’.

‘Fasum’ atau Fasilitas Umum adalah seperti misalnya :

  • Fasiltias air bersih
  • Jalan lingkungan
  • Penerangan rumah & jalan sekitar
  • Saluran drainase/ got air hujan di sekitar rumah

Sedangkan ‘Fasos’ atau fasilitas Sosial adalah seperti :

  • Tempat Ibadah/ Musholla
  • Pos keamanan
  • Lapangan/ taman/ areal terbuka, dll.

4. Kondisi Rumah
Tips memilih lokasi rumah lainya yang perlu dipertimbangakn ialah kondisi rumah itu sendiri, untuk point ini saya kira masing-masing orang mempunyai standart yang berbeda-beda, Anda sendirilah yang lebih tahu mengenai standart kondisi rumah yang Anda inginkan, tentunya dengan mempertimbangkan point 1-3 yang sudah penulis sebutkan diatas.

Demikian tadi tips memilih lokasi rumah pertama Anda yang perlu dipertimbangkan sebelum menjatuhkan pilihan untuk membeli rumah, semoga bermanfaat.

Kotak Komentar