Tips Memilih Hosting Terbaik Indonesia

Memilih hosting terbaik di indonesia dengan harga yang murah /terjangkau tidaklah perkara mudah, karena kita di tuntut harus jeli sebelum membeli. Apalagi hosting merupakan pondasi awal yang harus anda pilih sebelum masuk lebih jauh mengena website dan bisnis online yang akan anda jalani. Kenapa hosting berpengaruh penting untuk kelangsungan usaha online anda nantinya ? karena hosting merupakan tempat server menyimpan data / file dari website, toko online, blog bisnis yang kita jalani. ibarat kata, hal ini sangat privacy dan riskan jika anda sampai salah memilih hosting yang tepat, terlebih hosting yang anda gunakan sering mengalami trouble server sehingga website/blog/toko online anda ndak bisa di akses ? itu jelas sangat merugikan kita.

Naah makanya disini kita perlu memilih hosting yang bagus dengan harapan hal-hal yang tidak kita inginkan tidak terjadi nantinya, lalu apa saja tips-tips untuk memilih hosting terbaik ? berikut

Tips Memilih Hosting Terbaik

1. Spesifikasi dan fasilitas tool hosting yang ditawarkan

Hal ini penting mengingat anda harus memperkirakan spesifikasi paket hosting yang nantinya anda pesan, jangan sampai nanti ketika usaha web/toko online sudah jalan ternyata spec ataupun bandwithnya ndak mencukupi, kan bisa fatal akibatnya.

Dan fasilitas tool hosting yang ditawarkan juga perlu anda perhatikan, karena tidak semua hosting mempunyai fasilitas semisal cPanel yang sama.

2. Layanan Pelanggan dan Dukungan Teknis

Anda sebaiknya juga mengecek layanan pelanggan dan dukungan teknis yang diberikan hosting tersebut, tujuannya agar misal nanti terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan kita bisa kontact ke pihak hosting.

Jadi sebelum order, sebaiknya coba anda test mengajukan pertanyaan ke pihak hosting, dari situ biasanya sudah kelihatan hosting yang berkualitas atau hosting abal-abal, syukur-syukur kalau ada fasilitas trial hosting bisa mencobanya. Trial hosting sendiri biasanya dikasih buat hosting yang baru berdiri /yang sedang memberikan promo. Tapi sekali lagi anda harus hati-hati, jangan sampai tergiur dengan iming2 hosting.

3. Cek Profil & Usia Hosting

Hal ini sepertinya sepele, tapi seharusnya perlu anda cek juga, karena ini merupakan bisnis jadi anda harus berhati-hati dalam berinvestasi. Biasanya jika hosting tersebut sudah berbentuk badan usaha akan di cantumkan profile hosting dan usia hostingnya, kecuali kalau hosting tersebut masih punya perseorangan urusannya beda lagi.

4. Hak atas hosting yang kita beli

Sebelum mebeli lebih baik anda tanyakan dulu hak atas hosting yang akan anda beli nantinya, terlebih jika anda ingin menginstall plugin /tool-tool yang sedikit memberatkan server hosting alangkah baiknya anda tanyakan dulu, ketimbang sudah memesan ternyata account hosting anda di suspend/delete karena masalah ini, kan bisa merugikan anda juga.

5. Lokasi server hosting

Memilih lokasi server yang tepat juga penting, misalnya jika anda ingin membuat website/blog/toko online dengan target pengunjung orang indonesia, ya sebaiknya membeli hosting indonesia, begitupun sebaliknya kalau mau target visitor orang bule ya beli hosting yang server luar, semisal server UK, US, Canada agar website kita aksesnya gampang dan lebih cepet.

6. Jangan mudah tergiur dengan istilah unlimited

Fasilitas yang diberikan serba Unlimited ? Waah keren ya ! Aplikasi yang biasanya dapat membuat CPU load menjadi tinggi di antaranya adalah web itu sendiri, database, mailing list, dan FTP. Untuk itu biasanya perusahaan web hosting membatasi  database untuk menjaga reliabilitas layanan. Selain itu traffic per bulan juga dibatasi dengan asumsi jika traffic tinggi, maka server akan terbebani.

Jadi dengan harga yang murah rasanya mustahil kalau anda akan mendapatkan layanan serba unlimited, rasanya akan sulid dipercaya. kecuali kalau anda membelinya dengan harga yang pantas dengan merogoh kocek yang dalem2. Biasanya tetep ada batasan-batasan yang harus anda patuhi ketika membeli hosting.

web hosting gratis

7. Jangan mudah tergiur dengan harga yang murah

Ingat jika anda membeli hosting untuk keperluan bisnis online anda ntah itu untuk toko online/blog/website, investasikan usaha anda dengan cara yang tepat. Hal ini yang biasanya orang mudah terlena, apalagi buat blogger minim modal seperti saya, menghemat itu cara baik, tapi alangkah baiknya jika menghemat dengan cara yang tepat, itu lebih baik.

Saya sendiri pernah mengalami membeli hosting dengan harga yang terjangkau dengan fasilitas yang unlimited, tapi apa yang terjadi kontrak beli hosting baru berjalan sekitar 6bulan hostingnya pailit dan dibeli sama hosting lain, otomatis website saya tidak bisa di akses selama beberapa hari dan lebih parahnya lagi harus daftar ulang di hosting yang baru, jadi rencana mau ngirit malah jadinya sebaliknya.

jadi buat anda yang mau membeli hosting yang bagus, jangan sekali-kali tergiur dengan harga yang murah + layanan yang unlimted. Syukur-syukur sepetin googling dulu mengenai pelayanan hosting yang bersangkutan, sebelum memutuskan untuk membeli hosting.

2 Comments

  1. Sisada Media 17/12/2014 Reply
    • Hostingan ID 05/04/2016 Reply

Leave a Reply