9 Tips Cara Merawat Printer Agar Awet

Punya printer di rumah jangan sampai jadi pajangan saja, apalagi kalau sehari-harinya Anda bekerja dengan tumpukan berkas, pasti ada saja berkas yang butuh di print dengan segera, kalau di kantor mungkin bisa menggunakan printer kantor namun bagaimana bila sedang di rumah, tidak mungkin bukan Anda pergi ke kantor hanya untuk meninjam printer. Jika Anda memiliki printer yang bagus di rumah, pastikan untuk selalu merawat printer dengan baik agar printer selalu awet dan siap sedia untuk digunakan terlebih saat benar-benar dibutuhkan. 9 cara merawat printer agar awet bisa membantu dan memandu Anda menjaga kesehatan printer sehingga tidak cepat error bahkan rusak.

Inilah 9 Cara Merawat Printer Agar Awet

Berikut ini beberapa hal yang perlu anda lakukan agar printer anda tidak gampang rusak, Inilah Cara Merawat Printer Agar Awet mungkin ada beberapa orang belum tahu cara merawat printer yang baik, maka saya jelaskan tips merawat printer agar awet.

1. Pakai Sesering Mungkin

Cara merawat printer agar awet yang pertama dan mungkin terkesan agak nyeleneh yakni menggunakan printer sesering mungkin, maksud dari kalimat ini ialah menggunakan printer secara berkala minimal 1 minggu sekali supaya tetap sehat dan kuat setiap harinya adalah dengan menggunakan printer sesering mungkin, jadi walaupun tidak ada pekerjaan yang harus dicetak, Anda wajib mencetak berkas meskipun hanya satu lembar. Tujuan dari pemakaian printer yang sering ini tidak lain untuk membuat tinta di head catridge selalu basah, tidak mengalami kekeringan karena jarang digunakan.

2. Manfaatkan Clean Head

Mungkin Anda tidak pernah tahu jika ternyata merawat printer itu tidak sulit, karena faktanya merawat printer itu mudah sekali lho! Yang perlu Anda lakukan pertama kali hanyalah menggunakan clean head sesering mungkin sehingga tinta printer bisa keluar dengan sangat baik, tidak tersendat-sendat bahkan berceceran di kertas.

3. Rajin Dibersihkan

Namanya saja cara merawat printer agar awet, sudah pasti Anda wajib membersihkan printer secara berkala. Biar tidak ada benda asing yang terselip atau nyangkut di dalam printer, pastikan untuk membersihkan printer dengan seksama setiap harinya, karena bila ada satu saja benda asing yang memaksa masuk, maka printer Anda akan mengalami error, macet di tengah jalan dan pada akhirnya harus puas karena tidak bisa lagi digunakan.

Cara Merawat Printer Agar Awet

4. Matikan Dari Tombol Power

Seperti menggunakan komputer yang ada tata cara mematikannya, di mana pengguna harus menutup seluruh aplikasi yang dipakai hingga benar-benar tertutup, baru melakukan shut down sehingga komputer tidak mengalami error karena dipaksa mati. Untuk menjaga printer tetap sehat, pastikan untuk selalu mematikan printer langsung dari tombol powernya, karena jika anda mematikan printer melalui tombol power maka posisi dari catridgenya akan kembali seperti semula, bedanya bila Anda mematikan printer dari stop kontak, posisi catridge tidak bisa otomatis kembali sebagaimana seharusnya.

Baca juga : Cara mereset printer epson tanpa software

5. Gunakan Kertas yang Sesuai

Jika Anda jatuh cinta dengan perangkat elektronik satu ini, pasti Anda tidak akan ragu lagi untuk menerapkan 9 cara merawat printer agar awet termasuk memakai kertas yang sesuai. Beberapa printer hanya bisa mencetak tulisan di kertas berukuran A4 saja, jadi bila dipaksakan untuk mencetak di kertas ukuran besar, printer tidak akan bisa melakukannya dengan baik, agak repot juga bila Anda harus memotong kertasnya, namun di zaman modern sekarang, printer sudah dibuat dengan fitur yang lebih sempurna, jadi berbagai jenis kertas bisa digunakan, asalkan tipis dan tebalnya seimbang, dan yang paling penting, kertas yang dipakai harus berada dalam kondisi terbaik, tidak kusut jadi ketika digunakan bisa menghasilkan cetakan yang sangat bagus.

6. Merk Tinta Jangan Berubah

Ketika Anda membeli printer untuk pertama kalinya, pasti pihak penjual memberikan rekomendasi tinta yang terbaik untuk Anda gunakan, dan mulai saat itu, pastikanlah jika Anda hanya memakai satu jenis tinta saja dari merk yang sama. Mungkin merk tinta tersebut dijual dengan harga yang mahal namun bila hasilnya bagus untuk cetakan maka jangan asal pilih yang murah, karena tinta yang Anda gunakan pun bisa ikut memengaruhi kualitas dari printer lho! bila merk tinta yang dipakai berbeda-beda, printer akan lebih mudah mengalami error bahkan kerusakan yang parah.

7. Isi Ulang Tinta Sebelum Benar Benar Habis

Saat Anda lebih sering menggunakan printer pasti tintanya akan mulai berkurang secara berkala dan ketika tintanya berkurang, hasil dari cetakan menjadi lebih tipis, tidak jelas sama sekali, ada baiknya jika Anda selalu melakukan isi ulang tinta sebelum tinta benar-benar habis, karena tinda yang kosong dapat menyumbat head catridge.

8. Service

Jika Anda melakukan kesalahan tertentu yang pada akhirnya membuat printer menjadi rusak, jangan memaksakan diri untuk membuka atau membongkarnya, pastikan Anda langsung membawa printer ke tempat service yang tepat, karena yang ahli jauh lebih tahu dan paham apa pengobatan terbaik yang dibutuhkan oleh printer.

9. Jangan Asal Sentuh

Tips terakhir dari cara merawat printer agar awet ialah Pastikan selalu jika Anda tidak asal menyentuh chip catridge karena bisa memberikan pengaruh pada aliran listrik statisnya sehingga lama kelamaan akan mengganggu komponen tersebut. Hal ini juga tidak berlaku untuk komponent lain yang ada di dalam printer, karena sebagian besar komponent dalam printer sangat sensitive, jadi berhati-hatilah.

Supaya printer di rumah tetap sehat dan bisa dipakai sehari-hari, pastikan jika Anda tidak melewatkan tips dari 9 cara merawat printer agar awet dengan baik. Sehingga resiko printer rusak semakin kecil.

Leave a Reply