Tips Cara Mempercepat Kinerja Android Agar Tidak Lemot

Tips Cara Mempercepat Kinerja Android Agar Tidak Lemot ~ Semenjak diluuncurkannya OS Android beberapa tahun silam penggunaan OS Android semakin banyak dan menguasai sebagian besar pasar sistem operasi berbasis mobile, termasuk pengguna android di Indonesia yang semakin membludak. Jika kamu sekarang ini salah satu pengguna Android jika diperhatikan seiring berjalannya waktu, kinerja dari perangkat Android Anda tak selamanya akan terus baik, lambat laun akan menjadi lambat atau menurun. Dapat Anda lihat saat Anda gunakan perangkat pintar Anda untuk melakukan tugas sederhana, misalnya saja beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain. Hal ini sering terjadi pada smartphone dengan OS Android. Untuk itu, ada cara praktis yang bisa Anda gunakan untuk mempercepat kinerja android agar kinerja perangkat kembali cepat seperti sediakala.

Tips sederhana Cara Mempercepat Kinerja Android

cara meningkatkan kinerja android agar tidak lemot

Berikut ini tips sederhana untuk mempercepat kinerja android agar tidak lemot lagi, meskipun cara ini kelihatannya sederhana namun mempunyai manfaat yang besar jika kamu menginginkan kinerja smartphone android membaik.

  1. Menonaktifkan/Menguninstall Aplikasi Tak Terpakai

Cara mempercepat kinerja android pertama yang perlu kamu coba ialah menonaktifkan/menguninstall aplikasi yang tidak terpakai, hal ini perlu kamu lakukan karena memori internal dan space yang terbatas, maka akan memperlambat kinerja dari perangkat. Jika memori dipenuhi oleh musik, foto, serta aplikasi, sebaiknya kosongkan kapasitas. Caranya ialah dengan menguninstall aplikasi yang tidak digunakan ataupun memindahkannya ke layanan penyimpanan cloud seperti Google Drive dan DropBox.

  1. Clear Aplikasi Cache

Data cache yang terbentuk dalam aplikasi akan mempengaruhi performa dari perangkat Anda. Untuk itu Anda harus menghapus cache secara manual dari menu aplikasi ataupun dengan bantuan aplikasi gratis yang disediakan Google Play Store yang mampu menjalankan proses secara otomatis. Adapan aplikasi penghapus cache yang bisa Anda gunakan yaitu Cache Master dan Cache Cleaner.

  1. Batasi Widget dan Live Wallpaper

Penggunaan widget memang bisa membantu Anda menemukan berbagai info dengan cepat tanpa perlu membuka aplikasi. Namun, tahukah Anda bahwa penggunaan widget tersebut akan menguras daya baterai dan membuat kinerja perangkat jadi lambat? Untuk itu sangat penting untuk membatasi penggunaan widget yang merupakan salat satu cara mempercepat kinerja android agar tidak lemot. Batasi juga penggunaan live wallpaper sebagai background karena juga bisa membuat kinerja perangkat android kamu melambat.

  1. Perbarui Perangkat Lunak

Salah satu cara mempercepat kinerja android agar tidak lemot ialah dengan memperbarui perangkat menjadi hal yang sangat penting karena firmware terbaru umumnya akan membawa keamanan dan perbaikan bug stabilitas dari keseluruhan perangkat android kamu sehingga bisa meningkatkan kinerja android.

Baca juga 3 Tips Cara Mengamankan Data Android

Itu tadi tips simple yang cukup ampuh untuk cara mempercepat kinerja android agar tidak lemot lagi, menurut pandangan penulis tidak ada cara simple lainnya yang terbukti cukup ampuh untuk mempercepat kinerja android agar tidak lemot, sekalipun itu aplikasi pembersih cache atau sejenisnya, karena logikanya jika menambahkan aplikasi baru itu artinya kapasitas memori semakin berkurang dan itu bisa mengurangi kinerja android.