Teknologi Memukau Tas Ransel Anti Maling

Apakah ransel anti maling benar-benar mampu mencegah pencurian? Jawabannya.. cukup rumit untuk dijawab. Banyak ahli yang menyebutkan bahwa ransel anti maling ini memang sampai tahan peluru, anti maling dan tidak gampang dihancurkan. Namun sebenarnya tidak seperti itu.

Ada sejumlah kelebihan yang dapat kamu dapatkan dari sebuah ransel sampai koper anti maling, beberapa akan kita bahas dalam artikel ini. Namun realitasnya, dalam mencegah pencurian secara total adalah tidak mungkin.

Dilansir Backpack Asia sekitar 2 ribu dari setiap 100 ribu orang di Indonesia menjadi korban pencurian tas. Terlebih ada 400 ribu kasus pencurian tas di dunia setiap harinya!

Pencuri cukup terorganisir. Mereka bekerja dalam tim, selayaknya di ilustrasikan dalam film layar lebar Now You See Me, dengan perencanaan yang matang dan pengalaman bertahun-tahun dalam mencuri isi kantung banyak orang. Referensi yang konyol tapi ilustrasi yang cukup mengunggah imajinasi kita.

Kembali lagi, tas anti maling tentu saja tidak mampu mencegah secara total kemungkinan menjadi nol untuk sindikat seperti ini, namun ransel anti maling dapat membantu kamu mencegah pencurian yang sedang berlangsung. Dan yang paling penting menjaga barang berharga yang kamu miliki aman di dalam ranselmu.

Mari berbincang beberapa teknologi ransel anti maling yang dapat menghambat pencurian barang berharga yang kamu miliki.

Material yang tidak bisa dipotong

Salah satu hal utama yang dimiliki ransel atau tas anti maling adalah sulitnya material yang melindunginya untuk dipotong. Sebuah ransel anti maling yang berkualitas baik akan dibuat dengan bahan standar militer, sehingga hampir tidak mungkin dipotong oleh pencuri dengan cepat, menggunakan pisau paling tajam sekalipun.

Hal ini disebabkan karena tas anti maling memiliki bahan material tas yang terbuat dari UHMWPE (ultra high molecular weight polyethylene) dan serat teknis lainnya yang diikat dengan sangat rapat menggunakan mesin jahit dengan kecepatan yang sangat tinggi. Bahan ini dinilai sebagai material yang paling sulit untuk dipotong dengan nilai paling tinggi, 5.

Saat kamu ingin membeli ransel anti maling, coba cek material ransel tersebut. Alternatif dari UHMWPE adalah kevlar. Kevlar yang biasa dipakai untuk menahan peluru memiliki nilai 2 dan memiliki kelemahan jika terkena sinar matahari langsung.

tas ransel anti maling terbaik

Beberapa pabrik pembuat kevlar ini biasanya menggunakan lapisan ringan yang terbuat dari baja, yang dapat mencederai barang atau kulit kamu jika misalkan kain pelindungnya robek, karena fungsinya berbeda dengan pelindung tubuh dari peluru.

Teknologi RFID

Ransel yang mengaku sebagai ransel anti maling terbaik haruslah dilengkapi dengan teknologi RFID (radio frequency identification). Teknologi pengindentifikasi frekuensi radio yang dimiliki tas anti maling ini mampu mencegah usaha hacker dan pencuri untuk mengakses data yang tersimpan dalam chip kartu kredit maupun kartu lainnya di dompet kamu.

Pencuri ini dikenal dengan nama RFID skimmers dimana dapat mencuri identitas pemilik kartu dan membuat pembelian yang tidak kamu inginkan. Namun dengan teknologi RFID yang dimiliki banyak ransel anti maling saat ini, kamu tidak lagi perlu takut namun kamu masih perlu mengecek dulu apakah label tas tersebut mendukung teknologi yang satu ini.

Tali ransel anti potong

Sebuah tas anti maling yang hebat akam memiliki strap/tali yang tidak dapat dipotong dengan mudah, karena banyak pencuri sering dengan mudahnya memotong tali tas dan berhasil membawa lari ransel kamu di keramaian.

Namun banyak ransel sekarang yang dilengkapi dengan konstruksi tambahan di tali ransel berupa kabel baja yang lunak dan fleksibel. Kabel ini tidak akan mungkin dipotong tanpa menggunakan tang pemotong kabel baja. Dan desain tali ransel ini juga sangat nyaman untuk digunakan bahkan jika kamu pakai seharian.

Bagian ransel yang tersembunyi

Ransel anti maling kamu harus memiliki bagian ruang tersembunyi yang dapat kamu gunakan untuk menyimpan barang-barang tertentu. Bagian ini biasanya ditempatkan dibagian dalam material ransel sehingga sulit untuk ditemukan.

Kamu bisa menempatkan kartu kredit, obat-obatan, surat-surat di bagian yang tersembunyi ini. Sehingga selain pencuri akan lebih sulit menemukan barang-barang penting yang kamu miliki, pencurian langsung sambil jalan di tempat ramaipun dapat kamu hindari karena barang berharga kamu letakkan di tempat yang sulit ditemukan.

Klip pengunci

Bagian luar ransel mu seharusnya juga dilengkapi dengan beberapa klip pengunci yang kuat. Fungsi klip ini adalah untuk menggabungkan semua kepala resleting menjadi satu. Untuk mengunci semua resleting sekaligus memang membutuhkan usaha lebih namun hal ini satu tambahan penting untuk mencegah pencurian karena mereka akan sulit untuk membuka resleting tas kamu dan mencuri tanpa memotong terlebih dahulu tas yang kamu bawa. Terlebih jika kamu berada di tempat keramaian yang rentan akan pencurian.

Sudah siap untuk membeli ransel anti maling pertama kamu?

Ingat, kamu tidak dapat mencegah semua kejadian pencurian yang mungkin terjadi apalagi di saat kamu bepergian ke luar kota. Namun hal yang paling mungkin kamu lakukan adalah menyiapkan diri dan peralatan yang tepat untuk itu.

Cara yang paling mudah adalah untuk berinvestasi kecil dalam sebuah ransel anti maling untuk jalan-jalan kamu. Hal ini bukan hanya pilihan yang cerdas, namun sebenarnya merupakan sebuah pilihan ekonomis agar kamu tidak khawatir berlebihan dan mampu tenang dalam perjalanan.

Sangat penting untuk tahu bahwa tidak semua tas anti maling di buat dengan kualitas yang sama. Contohnya beberapa ransel anti maling yang dibuat dengan material lempengan baja tidak mampu menjangkau seluruh perlindungan tas seperti ransel yang menggunakan teknologi UHMWPF.

Karena bahan baru ini bukan lembut dan mudah dibentuk, hadir banyak gaya yang dapat kamu pilih. Saat kamu berencana ke luar negeri atau ke luar daerah, akan bijak untuk menimbang kembali 5 alasan diatas dalam penggunaan ransel anti maling demi melindungi keamanan barang bawaan kamu sehingga dapat fokus dalam petualangan dan bisnis kamu didepan.

Leave a Reply