Sumber Tenaga Pembangkit Listrik

Sumber tenaga pembangkit listrik yang bisa dimanfaatkan khususnya di Indonesia ada beberapa macam, hal ini perlu di kaji mengingat listrik merupakan sumber energi yang utama digunakan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari manusia, saya sendiri ndak kebayang kalau misal ndak ada listrik sekarang mungkin ndak semaju sekarang ini.

tenaga pembangkit listrik

 

Listrik itu sendiri bisa di timbulkan dari berbagai macam sumber yang di antaranya :

1) Pembangkit listrik tenaga air (PLTA)

PLTA merupakan pembangkit listrik yang mengandalkan energi potensial dan kinetik dari air untuk menghasilkan energi listrik. Energi yang di bangkitkan dari tenaga PLTA ini biasa di sebut sebagai hidroelektrik. Bentuk utama dari pembangkit listrik jenis ini adalah motor yang di hubungkan ke turbin yang digerakkan oleh tenaga kinetik dari air.

Dari danau atau bendungan, air di alirkan melalui terowongan dengan ketinggian 100 meter atau lebih. Di ujung terowongan dipasang turbin, dimana air akan mengubah energi potensial air menjadi energi mekanik yang sebesar-besarnya. Perputaran turbin dapat digunakan untuk menghidupkan generator, listrik kemudian di atur tekanan dan tegaanya oleh tranformer, sehingga dapat digunakan langsung untuk kebutuhan sehari-hari.

2) Pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD)

Pada intinya, prinsip kerja tenaga diesel sama dengan PLTA yaitu menghidupkan generator sebagai pembangkit tenaga listrik. Tetapi turbin di gerakkan menggunakan mesin diesel yang telah di isi dengan bahan bakar berupa solar. Pembangkit listrik ini merubah energi kimia menjadi energi kimia. PLTD ini sering di gunakan oleh industri maupun rumahan jika ada pemadaman listrik.

3) Pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN)

PLTN di gerakkan oleh tenaga nuklir, dimana tenaga nuklir merupakan tenaga yang timbul akibat pemecahan inti atom. Umumnya yang dipecah itu merupakan atom yang mempunyai inti yang berat seperti halnya uranium. Inti atom dapat pecah dengan cara menembak eutron hasil peluruhan radioaktif yang lain.

Maka keluar tenaga panas yang kemudian di serap oelh suatu cairan penyerap panas yang kemudian di alirkan ke dalam air, sehingga air tersebut mendidih dan menguap, uap air inilah yang digunakan untuk menggerakkan turbin uap yang selanjutnya menggerakkan generator listrik.

4) Pembangkit listrik tenaga gas dan uap

Pembangkit listrik tenaga ini berfungsi untuk mengubah energi panas (hasil pembakaran bahan bakar dan udara) menjadi energi listrik yang bermanfaat.

5) Pembangkit listrik tenaga panas bumi

Pembangkit listrik ini menggunakan panas bumi sebagai pembangkit listrik, Indonesia di karunia banyak sumber energi panas bumi, untuk membangkitkan sumber panas bumi bisa dilakukan dengan mengebur tanah di daerah dengan potensi adanya panas bumi yang membuat lubang gas panas untuk di pergunakan memanaskan ketel uap (boler) sehingga uapnya bisa menggerakkan tubin yang tersambung ke generator yang bisa membangkitkan tenaga listrik.

Itu tadi penjelasan singkat mengenai beberapa sumber tenaga pembangkit listrik yang bisa di manfaatkan, saya yakin ada beberapa lagi sumber tenaga pembangkit listrik yang bisa di manfaatkan untuk kehidupan manusia.

One Response

  1. Juning 18/09/2015 Reply

Leave a Reply