Sekilas Tentang Sejarah Perkembangan Internet Dari Awal Sampai Sekarang

Siapa sih yang tidak kenal internet! tahukah anda sejarah perkembangan internet dari awal sampai sekarang ? internet merupakan jaringan komputer sengaja dibentuk tahun 1960 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat dari proyek lembaga ARPA dikembangkanlah jaringan yang diberi nama ARPANET, sehingga mereka bisa melakukan demonstrasi bagaimana hardware dan software komputer berbasis UNIX. Sejarah perkembangan internet dari awal sampai sekarang selalu menarik untuk disimak karena kebutuhan internet sangat tinggi, tiap hari ada saja situs yang perlu Anda akses via browser dengan memanfaatkan jaringan internet. Satu hari saja tanpa internet rasanya kurang menyenangkan, kita tidak bisa mengakses email, YouTube, Facebook, Instagram dll.

Pendahuluan Tentang Sejarah Perkembangan Internet Dari Awal Sampai Sekarang

Sebelum ada internet, dahulu ada beberapa sistem komunikasi basis digital termasuk sistem telegraf yang kerapkali dinilai sebagai pendahulu dari internet. Sistem ini pertama kali muncul pada abad yang ke-19, sekitar 100 tahun lalu sebelum munculnya internet di dunia, sebelum internet dipakai secara luas pada tahun 1990-an. Ada pun teknologi telegraf berasal dari suatu konsep yang sejak lama sudah ditemukan bahkan sebelum ada komputer modern pertama di dunia, yakni konsep pengiriman data via media elektromagnetik, selayaknya radio maupun kabel. Akan tetapi, teknologi tersebut masih terbatas sifatnya karena hanya bisa menghubungkan maksimal 2 perangkat saja.

Di era selanjutnya, Claude Shannon, Ralph Hartley, Harry Nyquist, merupakan ilmuan yang telah berhasil mengembangkan teori transmisi data serta informasi yang jadi dasar dari berbagai teori di bidang yang sama. Perkembangan yang telah terjadi bisa dilihat dalam bentuk jangkauan lebih luas serta kecepatan yang bertambah. Sayangnya, kesulitan kerapkali terjadi, karena hubungan di antara 2 alat komunikasi terjadi secara fisik seperti melalui kabel sehingga sistem tersebut tidak aman karena bisa diputus dengan sangat mudah terutama saat terjadi peperangan.

Info Penting Tentang Sejarah Perkembangan Internet Dari Awal Sampai Sekarang

Simbiosis Komputer-Manusia

Di tahun 1960, ada istilah yang sangat populer, istilah ini dikenalkan oleh J.C.R. Licklider di dalam karya ilmiahnya. Istilahi itu diterjemahkan sebagai “jaringan komputer terknoeksi di antara satu sama lainnya dari pita komunikasi lebar berfungsi sebagai perpustakaan lantas dilengkapi oleh teknologi penyimpanan serta pencarian informasi.” J.C.R. Licklider dan Welden Clark seorang ilmuwan lantas menerbitkan karya “On-Line Man-Computer Communication” di dalam karyanya itu mungkin tidak membahas sejarah perkembangan internet dari awal sampai sekarang melainkan khusus membahas mengenai bagaimana kehidupan manusia berubah setelah jaringan komputer terhubung satu dan yang lainnya.

Tepat dua tahun setelahnya, Licklider memperoleh tawaran pekerjaan dari Jack Runia sebagai direktur IPTO (Information Processing Techniques Office) yakni sebuah divisi baru yang berasal dari dalam DARPA. Tim ini memiliki tujuan membuat jaringan yang saling menghubungkan tiga komputer utama dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang terletak di Pegunungan Cheyenne, Pentagon serta SAC HQ. Licklider menerima tawaran tersebut lalu ia segera membentuk tim diberi nama “Members and Affiliates of the Intergalactic Computer Network.” Pada akhirnya, Licklider memilih untuk keluar dari IPTO tepat di tahun 1964, dan visi mengenai jaringan universal yang telah diajukannya berujung terciptanya ARPANET, 5 tahun setelahnya yakni tahun 1969.

Packet Switching

Sejarah Perkembangan Internet dari awal hingga sekarang

Sebagaimana proses pembentukan teknologi lainnya, sejarah perkembangan internet dari awal sampai sekarang pun memiliki banyak masalah dan kesulitan. Masalah muncul pada perkembangan berikutnya mengenai bagaimana menyatikan semua jaringan fisik yang terpisah hingga menjadi satu jaringan logis. Tahun 1960, Paul Baran telah menerbitkan sebuah penelitian tentang sistem jaringan, penelitian ini dilakukan untuk militer Amerika Serikat. Sistem jaringan dirancang untuk bisa bertahan seandainya nanti ada perang nuklir yang terjadi, dengan menggunakan sistem ini diharapkan semua informasi yang melintas bisa dibagi dalam ukuran yang jauh lebih kecil, populer dengan sebutan message block.

Sedangkan di tempat lainnya, Donal Davies mengembangkan teknologi jaringan serupa. Teknologi tersebut berbasis dari sebuah sistem yang dinamakan packet-switching, memiliki berbagai kelebihan daripada teknik sebelumnya karena memiliki utilisasi pita jaringan lebih baik serta waktu respon yang jauh lebih cepat daripada sirkuit tradisional. Setelah itu, teori matematis teknologi ini dikembangakn Leonard Kleinrock yang berasal dari MIT.

Riset selanjutnya dilakukan Tommy Krash serta Paul Baran, riset yang dilkaukan dengan dana militer Amerika Serikat dengan cara memanfaatkan sistem dari message-block yang sudah ditemukan sebelumnya untuk membantu memecahkan masalah dari kerentanan struktur teknologi sistem jaringan. Kerentanan yang terjadi karena struktur routing terpusat jadi ketika rusak nantinya seluruh sistem secara otomatis akan terganggu. Dengan message-block ada alternatif yang memungkinkan untuk redundansi jaringan.

Baca juga : Sejarah Komputer PC dan Generasinya

Yang ingin mengenal dengan baik internet, wajib membaca informasi lengkap mengenai sejarah perkembangan internet dari awal sampai sekarang digunakan sebagai akses menguntungkan setiap harinya untuk membuka berbagai situs dan mengakses berbagai aplikasi di ponsel android atau gadget lainnya.

Leave a Reply