Sejarah Perkembangan Versi Linux Dari Awal Sampai Sekarang Populer Di Dunia

Sejarah perkembangan versi Linux dari awal sampai sekarang menjadi perhatian yang sangat penting, terutama bagi yang memiliki perhatian lebih pada perkembangan sistem operasi di dunia. Linux merupakan suatu sistem operasi bersifat multi user serta multitasking bisa dijalankan dengan cukup baik di berbagai platform tidak terkecuali pada prosesor INTEL 386 atau prosesor lebih tinggi. Sistem operasi yang dijalankan akan mengimplementasikan standard POSIX. Tahukah Anda, jika Linux bisa berinteroperasi dengan sangat baik menggunakan sistem operasi lainnya, seperti Apple, Microsoft maupun Novell.

Sekilas Tentang Linux

Di tahun 1969, para peneliti dari AT&T Bell Laboratorium Amerika, membuat suatu sistem operasi UNIX, yang menjadi cikal bakal dari terbentuknya Linux. Berkat kemampuannya yang hebat, UNIX memperoleh perhatian yang cukup besar karena menjadi sistem operasi pertama yang mana telah diciptakan bukan oleh pembuat perangkat keras (hardware).

Baca juga : Sejarah dan Perkembangan Macintos OS dari Masa Ke Masa

Sejarah Perkembangan Versi Linux Dari Awal Sampai Sekarang

Bila bicara mengenai sejarah dari Linux, maka otomatis Anda akan mengingat proyek GNU yang telah dimulai sejak tahun 1984, proyek ini bertujuan untuk membantu membuat sistem operasi yang cocok atau kompatibel dengan Unix. Pada tahun 1985, ada Richard Stallman yang telah mendirikan sebuah yayasan yang dikenal sebagai GNU General Public License disingkat GNU GPL. Menurut sejarah perkembangan versi Linux dari awal sampai sekarang, Linux versi 0.01 berhasil dikerjakan pada bulan Agustus 1991, lantas dikerjakan kembali versi 0.02 pada 5 Oktober 1991.

Dalam waktu yang cukup singkat, UNIX berhasil berkembang dengan sangat baik lalu terpecah dalam 2 aliran, yakni UNIX yang khusus dikembangkan University Berkeley serta telah dikembangkan oleh AT&T. Dari sana, lahir proyek POSIX yang digagas dan dimotori IEEE yang bertujuan guna menetapkan spesifikasi dari standar UNIX dan sejak hari itu, mulai muncul berbagai jenis UNIX dan salah satunya adalah MINIX dibuat langsung oleh A.S. Tanenbaum yang bermanfaat untuk pendidikan.

Sejarah Perkembangan Versi Linux Dari Awal Sampai Sekarang

Linus Torvalds, yang merupakan mahasiswa dari Universitas Helsinki memanfaatkan Source code MINIX sebagai referensi membuat sistem operasi yang baru dan gratis, bisa diakses dengan sangat baik oleh umum. Mulai saat itu, terbentuklah Linux. Saat membangun Linux, mahasiswa tersebut memakai tools yang asalnya dari Free Foundation Software dengan lisensi GNU, lantas untuk membuat Linux menjadi sistem operasi utuh, Linus menambahkan program yang juga memiliki lisensi GNU.

Implentasi Linux Di Dunia

Awalnya adalah sistem operasi UNIX yang kemudian dikembangkan lalu diimplementasikan tepat di tahun 1960-an, dirilis tahun 1970. Ada pun faktor kompatibilitas dan ketersediaannya yang sangat tinggi menyebabkab sistem operasi ini bisa dipakai, disalin lantas dimodifikasi meluas oleh instuisi akademik serta para pebisnis. Bila melihat dari sejarah perkembangan versi Linux dari awal sampai sekarang, saat ini bisa dibilang jika Linux merupakan sistem UNIX lengkap yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan software, jaringan bahkan dimanfaatkan di kehidupan sehari-hari.

Linux saat ini merupakan sistem operasi alternatif yang harga jualnya jauh lebih terjangkau daripada sistem operasi komersial dengan kehebatan yang setara bahkan melebihi. Proses pengembangan kernel Linux sampai saat ini masih saja dilanjutkan Torvalds dan sementara itu Stallman telah menjabat sebagai kepala dari Yayasan Lunak Bebas yang memberikan dukungan pada pengembangan komponen GNU. Tidak sebatas itu saja, banyak juga individu serta perusahaan yang kemudian mengembangkan komponen non-GNU. Saat ini, komunitas dari Linux telah berhasil mengembangkan serta mendistribusikan kernel, perangkat lunak manajemen paket serta komponen GNU serta non-GNU dengan bentuk distribusi Linux.

Linux Serta Pinguin Tux

Tux merupakan nama seekor penguin logo mascot yang populer berasal dari Linux. Maskot ini dihasilkan oleh seniman populer Larry Ewing, nama Tux dipilih secara langsung oleh James Hughes yang merupakan bagian dari Torvalds Unix. Trademark ini sengaja dibuat untuk menghindari dari adanya pemalsuan produk. Sampai sekarang, logo Tux sangat populer di seluruh dunia, semua orang mengenal dengan sangat baik produk hasil ciptaan dari Linux dengan cara melihat logo Tux yang tampak sangat unik dan lucu.

Distro Linux

Merupakan hasil dari kepanjangan dari Distribution Linux. Tahukah Anda jika ada beberapa macam distro Linux yang populer di dunia, distribusi ini sendiri adalah anggota dari keluarga sistem operasi yang berbasis UNIX.

Terlepas dari apa itu sejarah perkembangan versi Linux dari awal sampai sekarang sebagai masyarakat biasa kita hanya bisa membaca informasi menariknya saja lantas menikmati hasilnya, sedangkan penggagas dan pegawai berusaha dengan sebaik mungkin untuk membuat sistem operasi yang jauh lebih baik dari versi versi sebelumnya, sehingga produk yang ditawarkan Linux tidak kalah modern dan kalah dari persaingan terutama persaingan sengit dari perusahaan penghasil sistem operasi komersil di dunia.

Kotak Komentar