Inilah Sejarah Komputer dan Generasinya

Saat ini kita bisa menggunakan komputer dengan sangat mudah untuk melakukan berbagai banyak hal, termasuk bekerja. Komputer bagaikan teman bekerja yang selalu menemani kita kapan pun saat dibutuhkan tidak pernah protes dan kenal lelah. Yang kita tahu komputer membuat hidup kita menjadi lebih mudah dan menyenangkan, mengingat dengan komputer kita pun bisa menonton film dan bermain games. Pernahkah Anda bayangkan bagaimana model komputer tempo dahulu? bagaimana sejarah komputer dan generasinya hingga bisa menjadi barang modern yang sangat penting bagi kehidupan kita?. Mengenai komputer dan generasinya, simak berikut ini:

Pengertian Komputer

Komputer merupakan alat yang biasa dipakai untuk membantu pengolahan data menurut menuruti perintah yang sudah dirumuskan. Pada awalnya, yang dimaksud dengan komputer adalah gambaran umum tentang seseorang yang bekerja untuk melakukan perhitungan aritmetika, tanpa atau dengan alat bantu, namun kini komputer dikenal sebagai mesin itu sendiri. Pada mulanya, pengolahan informasi secara ekslusif berkaitan dengan aritmetika, namun kini komputer bisa digunakan untuk berbagai aktivitas yang tidak hanya berhubungan dengan matematika. Dalam artian luasnya, komputer merupakan peralatan elektronik yang memiliki beberapa komponen yang bisa bekerja sama tiap komponen satu dan lainnya untuk kemudian menghasilkan suatu informasi berbasis program serta data. Komponen komputer seperti layar minitor, Mouse, Printer, CPU, Keyboard dll.

Sejarah Komputer dan Generasinya

Generasi Pertama

Pasca terjadinya perang dunia II, negara yang telah terlibat di dalam perang tersebut berupaya untuk mengembalikan komputer dengan tujuan mengeksploit potensi dari komputer itu sendiri. Kegiatan ini meningkatkan pendaaan para proses pengembangan komputer dan membantu mempercepat kemajuan dari teknik komputer. Tahun 1941, Konrad Zuse, yakni insinyur asal Jerman telah membangun suatu komputer, Z3 untuk membantu mendesain peluru kendali dan pesawat terbang. Sedangkan, pihak sekutu tidak mau ketinggalan juga melakukan pengembangan kekuatan komputer dan tepat tahun 1943, Inggris telah menyelesaikan komputer yang mampu memecahkan kode rahasia diberi nama Colossus berfungsi untuk memecahkan koda rahasia di Jerman. Pembuatan Colossus tidak begitu berpengaruh pada perkembangan industri komputer karena Colossus bukanlah komputer serbaguna, karena komputer ini hanya didesain memecahkan kode rahasia saja, selain itu Colossus keberadaannya dijaga sangat ketat, sampai satu decade pasca perang berakhir dengan sendirinya.

Generasi Kedua

Tahun 1948, terjadi penemuan transistor yang sangat berpengaruh pada perkembangan computer untuk menggantikan tube vakum pada televisi, radio maupun komputer, karena inilah, kini ukuran mesin elektrik menjadi lebih kecil. Tahun 1960-an sejarah komputer dan generasinya, munculah komputer generasi kedua sukses sangat baik di universitas, bidang bisnis, maupun pemerintahan. Komputer ini adalah komputer yang keseluruhan memakai transistor, juga memiliki komponen yang bisa diasosiasikan sama dengan komputer sekarang, ada printer, memory, sistem operasi, penyimpanan dalam disket maupun program.

Baca juga : Sejarah Mac OS dari Masa ke Masa 

Generasi Ketiga

Meskipun transistor dalam beberapa hal mampu mengungguli tube vakum, akan tetapi transistor mampu menghasilkan panas yang mencukupi yang berpotensi untuk merusak bagian internal dari computer, namun dengan batu kuarsa masalah ini bisa diatasi. Jack Kilby merupakan insinyur Texas Instrument yang mampu mengembangkan sirkuit terintegrasi tahun 1958 silam. Integrated Circuit (IC) mengkomobinasikan 3 komponen elekstronik di dalam sebuah piringan silicon ukuran kecil dari pasir kuarsa. Beberapa ilmuwan berhasil memasukkkan komponen lebih banyak pada satu chip tunggal yang dikenal sebagai semikonduktor. Dengan memakai itu, ukuran komputer menjadi jauh lebih kecil lagi karena komponennya bisa didapatkan dalam suatu chip.

Generasi Keempat

Setelah berkembangnya IC, tujuan dari pengembangan jadi lebih jelas, yaitu mengecilkan ukuran komponen elektrik dan sirkuit. LSI (Large Scale Integration) mampu memuat ratusan komponen di dalam satu chip dan tahun 1980-an lalu, Very Large Scale Integration telah memuat ribuan komponen di dalam satu chip tunggal. Kemampuan memasang banyak komponen di dalam suatu keeping berukuran setengah keping dari uang logam mendorong ukuran komputer serta harga jual komputernya. Saat ini, sebuah mikroprosesor bisa diproduksi lalu kemudian deprogram untuk melengkapi dan memenuhi seluruh kebutuhan yang diperlukan.

Generasi Kelima

sejarah komputer dan generasinya

Komputer generasi kelima jadi pekerjaan yang cukup sulit karena pada tahapan ini sifatnya masih sangat rentan dan muda. Banyak sekali kemajuan bidang desain komputer serta teknologi yang memungkinkan terjadinya pembuatan komputer generasi terbaru, generasi kelima. Ada pun dua kemajuan hasil rekayasa merupakan kemampuan pemrosesan parallel yang bisa menggantikan model non Nemann. Model tersebut akan diganti oleh sistem yang dapat mengkoordinasikan CPU untuk bisa bekerja secara bersamaan.

Bila berbicara tentang sejarah komputer dan generasinya kita akan menyadari jika komputer itu peranannya sangatlah penting untuk kehidupan kita, bila di awal-awal tidak ada ilmuwan yang berhasil menemukan komputer maka kini kita tidak bisa menikmati fungsi dan kelebihannya.

Leave a Reply