Inilah Perbedaan Antara Hub dan Switch Pada Jaringan Komputer

Perbedaan hub dan switch dalam jaringan komputer merupakan informasi yang perlu untuk diketahui. Di dalam sebuah perangkat komputer ada sebuah istilah yang dinamakan dengan hub serta switch. Jika dilihat melalui bentuknya kedua perangkat ini memiliki kesamaan akan tetapi jika dilihat dari kinerjanya jauh berbeda. Banyak orang yang e=menyamakan antara kedua hal ini dikarenakan jika dilihat memang memiliki kesamaan. Begitu pula dengan saya ketika belum mengenal antara hub dan switch juga sering menyamakan diantara keduanya. Akan tetapi ketika saya bertanya kepada orang yang lebih memahami hal ini ternyata keduanya sangatlah berbeda. Sebelum saya membahas mengenai apa saja perbedaan hub dan switch dalam komputer ada baiknya kita membahas mengenai apa itu hub serta apa itu switch.

Hub merupakan perangkat jaringan yang memiliki tugas untuk mengirimkan paket data ke seluruh port yang sudah terhubung ke hub sampai paket data tersebut sampai pada tujuannya. Sedangkan switch merupakan jaringan yang memiliki tugas untuk menyebarkan paket data secara langsung hingga sampai pada tujuan antara satu komputer dalam sebuah jaringan dan memiliki fungsi untuk mengenali jenis tipologi jaringan antar satu komputer dengan komputer lain dalam satu jaringan dan memiliki fungsi untuk mengenali jenis tipologi jaringan dalam, layer osi. Melihat uraian tersebut jelas jika hub dan switch memiliki perbedaan meskipun secara fungsi memiliki kesamaan yaitu sama-sama berfungsi untuk mengirimkan paket data. Berawal dari perbedaan ini mari kita lihat perbedaan hub dan switch dalam jaringan komputer secara lengkap.

Perbedaan Hub dan Switch dalam Jaringan Komputer

perbedaan hub dan switch dalam jaringan komputer

  1. Perbedaan kecepatan transfer data

Switch memiliki kecepatan transfer data yang lebih baik jika dibandingkan dengan hub. Dengan demikian maka saat ini banyak orang yang memilih menggunakan jaringan switch. Selain itu switch mampu melakukan prioritas transmisi atau perpindahan data dari mac address yang akan dituju. Dengan demikian maka siwtch mampu mentransfer paket data yang lebih cepat jika daripada hub yang mana hub hanya mampu menyebarkan paket data ke semua komputer yang sudah terhubung jaringannya.

  1. Perbedaan harga antara Switch dan Hub

Jika dibandingkan harganya hub memiliki harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan switch. Hal ini dikarenakan fungsi dari hub serta switch memang berbeda. switch menawarkan fungsi keamanan yang lebih jika dibandingkan dengan Hub.

  1. Perbedaan Sistem Transmisi

Dalam mentransfer paket data ternyata switch hanya mentransfer paket data sesuai dengan permintaan komputer. Sehingga hub akan mentransfer paket data ke semua komputer yang terhubung dengan jaringan tersebut.

  1. Segi Keamanan

Jika dilihat dari segi keamanannya hub memiliki tingkat keamanan yang lebih rendah jika dibandingkan dengan switch. Switc telah memakai sistem seleksi ada komputer yang sudah terhubung dengannya berupa MAC address. Dengan adanya hal ini memungkinkan ketika MAC Address yang dapat mendatangkan masalah pada jaringan akan diblok oleh Switch.

  1. Perbedaan Pengaturan Jaringan

Hubungan tidak mampu melakukan pengaturan perangkat yang sudah terhubung ke jaringan. Berbeda dengan Switch yang mampu di setting sehingga mampu melakukan blokir pada komputer atau mac address yang bisa mengganggu transmisi data. Ketika menggunakan switch pada jaringan kecil seperti di rumah ternyata tidak memerlukan pengaturan yang ribet dimana hanya perlu menyolok kabel LAN ke dalam Switch. Bagi jaringan yang lebih kecil di kantor atau warnet biasanya memerlukan managed switch yang diatur dengan membuat virtual LAN atau VLAN guna mengatur kecepatan port, host, filter mac address dan berbagai hal lainnya.

  1. Beban Kinerja pada Jaringan

Hub memiliki beban kinerja yang lebih ringan jika dibandingkan dengan switch yang memiliki hub kinerja yang lebih kompleks.

Itulah beberapa perbedaan hub dan switch dalam jaringan komputer. Setelah anda mengetahui perbedaan antara keduanya silahkan anda pilih untuk menggunakan hub atau switch. Sekian informasi yang bisa saya berikan semoga uraian singkat ini bisa bermanfaat bagi kita semua sampai jumpa pada informasi menarik berikutnya. Sekian dan terimakasih.

Leave a Reply