Peranan Pendidikan Usia Dini Sangat Penting

Peranan pendidikan usia dini sangat penting dan berpengaruh terhadap tumbuh kembang si kecil,  karena pada usia 0-6tahun perkembangan otak berkembang cepat hingga 80%. Pada usia tersebut otak menerima dan menyerap berbagai macam informasi yang dia terima, tidak melihat baik dan buruk. Itulah masa-masa yang dimana perkembangan fisik, mental maupun spiritual anak tersebut akan mulai terbentuk. Karena itu, banyak yang menyebut masa tersebut sebagai masa-masa emas anak (golden age) yang patut Anda perhatikan sebagai orang tua.

Berbagai alasan mengapa pendidikan anak usia dini itu sangat penting buat anak ?

Dari hasil penelitian sekitar 50% kapabilitaas kecerdasan orang dewasa telah terjadi ketika anak berumur 4 tahun,8 0% telah terjadi perkembangan yang pesat tentang jaringan otak ketika anak berumur 8 tahun dan mencapai puncaknya ketika anak berumur 18 tahun, dan setelah itu walaupun dilakukan perbaikan nutrisi tidak akan berpengaruh terhadap perkembangan kognitif anak. Itu mengapa pendidikan usia dini (4-6tahun) penting buah sang buah hati.

 Peranan Pendidikan Usia Dini Sangat Penting

Sehingga periode ini merupakan periode kritis bagi anak, dimana perkembangan yang diperoleh pada periode ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan periode berikutnya hingga masa dewasa. Mungkin banyak yang mengatakan keberhasilan kita ditentukan oleh seberapa jenius otak kita. Semakin kita jenius maka semakin sukses. Semakin kita meraih predikat juara kelas berturut-turut, maka semakin sukseslah kita. Benarkah demikian adanya ?

Fakta membuktikan, banyak orang sukses justru tidak mendapatkan prestasi gemilang di sekolahnya, mereka tidak mendapatkan juara kelas atau menduduki peringkat teratas di sekolahnya. Mengapa bisa terjadi demikian? Karena sebenarnya kesuksesan tidak hanya ditentukan oleh kecerdasan otak kita saja. Namun kesuksesan ternyata lebih dominan ditentukan oleh kecakapan membangung hubungan emosional kita dengan diri sendiri, orang lain dan lingkungan. dan juga  yang tidak boleh ditinggalkan adalah hubungan spiritual kita dengan Tuhan Yang Maha Esa selain faktor keberuntungan juga mempengaruhi.

Jadi untuk membentuk karakter anak sejak usia dini setidaknya ada tiga hal pokok yang perlu Anda perhatikan yakni ;

  1. Tumbuhkan pemahaman positif pada diri anak sejak usia dini, misal dengan mengarahkan anak sesuai dengan bakat yang mereka sukai, justru tidak malah memaksa anak untuk mengikuti kemauan orang tua, berikan mereka kebebasan untuk memilih dan memutuskan diri sendiri.
  2. Kemampuan anak untuk bisa bersosialisasi terhadap lingkungan sekitar dan bisa mengontrol dirinya sendiri, karena pada dasarnya manusia merupakan mahluk sosial.
  3. Membangun hubungan spriritual anak terhadap Tuhan Yang Maha Esa, secara sederhananya kita berikan si buah hati pendidikan Agama yang baik dan benar sejak usia dini.
Tags:
author

Author: 

Hanyalah seorang pemuda yang hoby dengan dunia blogging, penulis seorang blogger newbea yang ingin berbagi tulisan tentang komputer, teknologi, gadget, internet dan sesuatu hal yang penulis tahu melalui blog ini. Jika ingin bertukar pikiran, share, atau ingin mengenal lebih dekat mengenai saya bisa menghubungi melalui twitter ataupun facebook.