Penyebab Layar Monitor Dead Pixel Dan Cara Memperbaikinya

Layar komputer yang mengalami masalah kecil biasanya akan sangat mengganggu aktifitas pekerjaan dengan komputer anda apalagi jika masalah yang terjadi pada seluruh bagian layar. Komputer yang sudah sering digunakan biasanya akan semakin ringkih dan cepat rusak. Melakukan perawatan yang tepat adalah kunci agar komputer anda tetap awet dan bertahan lama. Namun jika masalah datang tanpa bisa dihindari maka akan lain lagi ceritanya. Anda harus segera mengatasinya agar nantinya komputer dapat digunakan kembali dengan normal. Masalah seperti layar monitor dead pixel adalah masalah yang cukup banyak terjadi banyak komputer. Anda yang mengalami masalah seperti ini maka sebaiknya mengetahui penyebab layar monitor dead pixel dan cara memperbaikinya.

Masalah yang terjadi pada layar bisa disebabkan oleh banyak hal seperti kerusakan pada bagian screen, adanya benturan, atau hal yang lainnya. Anda memang perlu untuk menganalisisnya. Agar dapat diketahui penyebabnya, anda harus memahami apa saja yang memang menjadi pemicu masalah tersebut dan juga melihat ciri-cirinya. Mencari tahu penyebab layar monitor dead pixel dan juga cara memperbaikinya adalah cara pertama yang perlu dilakukan. Setelah diketahui penyebabnya secara pasti langkah selanjutnya anda hanya tinggal melakukan penanganan yang tepat yang sesuai dengan jenis penyebabnya.

Penyebab Layar Monitor Dead Pixel

Jika anda mengalami masalah dead pixel pada layar monitor komputer maka biasanya hal ini disebabkan oleh adanya ketidak rataan dari cairan kristal display. Masalah ini tidak usah terlalu dianggap begitu menjengkelkan karena bisa diatasi dengan lebih mudah asalkan anda mengikuti cara yang akan disampaikan di bawah ini.

penyebab layar monitor dead pixel dan cara memperbaikinya

Cara Mengatasi Monitor Dead Pixel

  1. Untuk mengatasi masalah dead pixel bisa dimulai dengan menyalakan komputer dan monitor lcd dengan cara klik turn on. Selanjutnya anda bisa mengubah background layar anda menjadi hitam sehingga akan lebih mudah untuk mengetahui dimana posisi kerusakan dead pixel.
  2. Langkah berikutnya adalah dengan menyiapkan kain yang sudah dilembabkan dengan cara dibasahi lalu kemudian anda bisa melipatnya di jadi telunjuk anda. Hal ini bertujuan agar ketika anda menggunakan jari untuk meratakan cairan kristal agar lebih licin dan tidak menggores layar.
  3. Langkah selanjutnya posisikan jari anda pada bagian yang mengalami masalah dead pixel dan kemudian anda bisa menekan dengan halus atau memijatnya agar cairan dapat merata. Tekan kurang lebih selama 20 detik. Jika sudah, anda bisa mematikan komputer anda agar bisa dilihat hasilnya.
  4. Langkah yang terakhir adalah anda bisa menyalakan komputer dan melihat apakah hasil dari perbaikan berjalan sesuai dengan harapan. Jika setelah anda lakukan pemijatan dead pixel tidak terlihat maka anda tidak perlu mengulangnya. Namun jika ternyata setelah beberapa saat anda menggunakan komputer dan ternyata komputer masih terlihat ada dead pixel anda bisa mengulanginya sebanyak 3 x. Penyebab layar monitor dead pixel dan cara memperbaikinya yang telah diketahui bisa anda praktekan sendiri.
  5. Penyebab layar monitor dead pixel dan cara untuk memperbaikinya yang telah disebutkan diatas akan sangat bermanfaat jika anda memahaminya dengan baik. Sebenarnya masih ada cara lain yang bisa dilakukan. Cara yang lainnya adalah dengan menggunakan bantuan software. Aplikasi atau software yang dapat membantu untuk mengatasi masalah ini bernama pixelrepairer. Anda yang ingin mencobanya maka dapat mendownload aplikasi ini melalui komputer anda. Dengan menjalankan aplikasi ini maka anda bisa mengatasi dead pixel dengan lebih mudah.

Perbedaan utama Antara Hub dan Switch pada Jaringan Komputer

Setelah anda mengetahui apa saja yang menjadi penyebab layar monitor dead pixel dan cara memperbaikinya maka selanjutnya anda tinggal mencoba untuk menganalisis penyebab kerusakan pada komputer anda. Setelah anda mengetahuinya, lakukan penanganan dengan benar sesuai dengan yang telah disampaikan agar hasilnya juga sesuai dengan yang diharapkan. Apabila anda belum terbiasa untuk melakukan perbaikan sendiri atau merasa kurang mampu, jangan sungkan untuk meminta bantuan orang yang lebih ahli agar tidak ada kerusakan yang semakin parah. Penanganan yang keliru nantinya justru dapat membahayakan komputer anda. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda. Jika dirasa perbaikan sendiri sangat tidak mungkin dilakukan, akan ada baiknya jika membawa komputer ke tukang service yang lebih berpengalaman.

Leave a Reply