Ketahuilah Penyebab Laptop Cepat Panas serta Cara Mengatasinya

Bagi anda yang memiliki laptop perlu untuk mengetahui penyebab laptop panas dan cara mengatasinya. Perlu kalian ketahui jika musuh terbesar dari laptop yaitu panas itu sendiri. Laptop yang mengeluarkan panas secara berlebihan akan menimbulkan masalah tersendiri nantinya. Panas yang berlebihan ini tentu akan mengganggu kinerja laptop kedepannya nanti. Jika dibandingkan dengan sebuah PC laptop memang lebih mudah panas. Hal ini dikarenakan PC memiliki ruang yang dapat digunakan sebagai sirkulasi udara, dengan demikian maka sirkulasi udara akan lebih baik. Berbeda dengan laptop yang memiliki desain yang lebih tipis, maka secara otomatis komponen yang ada di dalam laptop sangatlah padat sehingga sirkulasi udara juga kurang baik.

Dengan beberapa pertimbangan di atas maka wajar saja ketika laptop memang cepat panas. Akan tetapi meskipun demikian kita tidak boleh membiarkannya begitu saja. Untuk itu mengetahui penyebab laptop panas dan cara mengatasinya merupakan salah satu lengkap tepat. Berikut beberapa penyebab laptop cepat panas serta dan mengatasinya.

Penyebab Laptop Cepat Panas

  1. Terlalu lama digunakan

Penggunaan laptop dalam jangka waktu yang panjang akan menyebabkan laptop menjadi lebih mudah panas. Terlebih jika laptop digunakan untuk bermain games atau kinerja berat lainnya seperti membuat desain grafis. Hal ini tentu akan membuat laptop menjadi cepat panas.

  1. Cara meletakkan laptop saat digunakan

Peletakkan laptop ketika digunakan di sembarang tempat juga akan mengganggu performa dari laptop yang kita miliki. Saat menggunakan laptop sebaiknya juga memperhatikan peletakan, hal ini dikarenakan akan mempengaruhi sirkulasi udara nantinya. Meletakkan laptop di atas bantal atau kasur akan membuat sirkulasi udara yang ada di dalam laptop menjadi terhambat. Ketika sirkulasi udara terhambat maka suhu akan susah dikeluarkan dan akibatnya laptop menjadi mudah panas.

  1. Kipas Laptop kurang berfungsi dengan baik

Kipas laptop yang kurang berfungsi dengan baik juga menjadi penyebab laptop mudah panas. Hal ini dikarenakan saat kipas tidak bisa berfungsi dengan baik maka hawa panas yang ada di dalam laptop akan menumpuk dan akibatnya akan membuat sirkulasi udara kurang dapat berfungsi dengan baik. Akibatnya maka laptop akan menjadi mudah panas. Masalah ini biasanya muncul dikarenakan terdapat banyak kotoran yang menumpuk di dalam kipas sehingga akan memperlambat kinerja kipas tersebut.

penyebab laptop cepat panas dan cara mengatasinya

  1. Beban kinerja yang berlebihan

Menggunakan aplikasi dengan sistem yang kurang memadai akan membuat CPU menjadi panas dikarenakan CPU dipaksa untuk bekerja diluar kemampuannya. Perlu kalian ketahui jika tiap-tiap aplikasi ternyata memiliki sistem revaluasi tersendiri. Menggunakan aplikasi di luar kemampuan CPU akan membuat panas ketika dijalankan.

  1. Menggunakan laptop sambil di charger

Tidak menutup kemungkinan jika kita akan menggunakan laptop dengan kondisi sambil diisi baterainya. Namun hal ini akan memberikan dampak yang kurang baik dimana laptop akan lebih mudah menghasilkan panas dibagian komponennya ketika menggunakan laptop sambil di charger. Alangkah lebih baik menggunakan laptop ketika proses charger sudah selesai.

Cara Mengatasi Laptop yang Cepat Panas

  1. Silahkan atur jadwal penggunaan laptop

Laptop akan mudah panas saat digunakan dengan terus menerus serta dalam durasi waktu yang lama. Dengan demikian penting bagi kita semua untuk mengatur penggunaan laptop contohnya gunakan mode sleep dalam durasi empat jam sekali. Akan tetapi jangan menggunakan mode ini dalam waktu yang lama karena akan mengakibatkan beberapa permasalahan lain yang juga berbahaya untuk perangkat lain pada laptop.

  1. Gunakan perangkat lunak secara efisien

Laptop akan mudah panas saat digunakan untuk mengoperasikan perangkat lunak dengan memory besar dalam durasi waktu yang lama. Dengan demikian silahkan hindar menggunakan perangkat lunak dengan memory besar dalam satu kali waktu bersamaan.

  1. Bersihkan cooling pad

Langkah ini penting untuk mengatasi laptop yag cepet panas, dengan menggunakan cooling pad secara optimal bisa mengatasi masalah laptop yang mudah panas. Akan tetapi anda harus berhati-hati saat membersihkannya. Saat membersihkannya silahkan gunakan vakum mini agar debu bisa tertarik keluar. Hindari menggunakan alat peniup karena hal ini bisa mengakibatkan debu masuk ke dalam laptop lagi.

  1. Perhatikan alas laptop

Laptop akan mudah panas saat digunakan pada alas yang bisa menyerap kalor seprei bantal, kasur serta beberapa benda lain yang lunak serta empuk. Silahkan gunakan alas yang keras seperti buku atau papan dada yang tidak mudah menyerap panas.

Itulah penyebab laptop cepat panas yang sering terjadi dan cara mengatasi laptop cepat panas yang bisa kamu coba lakukan, semoga uraian ini bisa membantu anda semua, sekian dan terimakasih.

Leave a Reply