Mengetahui Penyebab Komputer No Signal Dan Cara Mengatasinya

Penggunaan komputer saat ini sudah begitu populer di kalangan masyarakat modern. Ada banyak pekerjaan yang akan semakin mudah apabila dikerjakan dengan menggunakan komputer. Jaman yang semakin modern bahkan menuntut masyarakat untuk bisa menggunakan barang yang satu ini. Jika anda bekerja dengan menggunakan komputer tentu sudah mengetahui betapa pentingnya fungsi alat ini. Selain digunakan untuk mengerjakan tugas, komputer juga bisa digunakan untuk banyak hal lainnya seperti browsing, menonton, mendengarkan music, bermain game dan masih banyak lagi yang lainnya. Apabila fungsi dari komputer terganggu, seseorang akan merasa sangat kesal dan bahkan menjadi kebingungan karena aktifitas dengan komputer seketika akan terhenti. Salah satu gangguan yang banyak dialami adalah seperti terjadinya komputer no signal. Jika anda pernah mengalami hal seperti ini atau sedang mengalaminya maka coba anda analisis penyebab komputer no signal dan cara mengatasinya.

Penyebab Komputer No Signal

Masalah no signal memang banyak terjadi pada komputer. Pengguna memang sebaiknya mengetahui penyebab komputer no signal dan cara untuk mengatasinya agar nantinya masalah dapat diatasi dengan baik. Ada beberapa penyebab yang biasanya menjadikan komputer mengalami masalah seperti ini. Dengan mengetahui penyebabnya maka anda akan semakin mudah untuk mengetahui cara mengatasi yang benar. Masalah seperti ini apabila tidak segera diatasi akan dapat mengganggu kinerja anda. Jadi anda bisa langsung mulai untuk menganalisis dimana letak dari kerusakan atau masalah yang terjadi.

Penyebab dari masalah komputer mengalami no signal adalah dikarenakan monitor komputer tidak mendapatkan sinyal dari pc. Selain itu juga bisa dikarenakan adanya kerusakan pada mainboard. Jika anda ingin mengatasinya maka anda harus menganalisis apakah kerusakan karena adanya kerusakan pada main board atau karena hal lainnya. Dengan begitu akan semakin mudah untuk menemukan solusi. Jika anda ingin mengetahui informasi yang lebih lengkap mengenai penyebab dari masalah ini maka sebaiknya anda mencoba untuk mencari tahu dari artikel internasional melalui mode pencarian. Nantinya akan muncul banyak artikel yang berkaitan dengan masalah ini.

Penyebab komputer no signal dan cara mengatasinya

Setelah mengetahui penyebabnya maka anda harus mengetahui cara penyelesaiannya. Penyebab komputer no signal dan cara mengatasinya memang sangat penting diketahui, setelah anda berhasil menganalisis masalahnya selanjutnya bisa mulai untuk mengatasi masalah tersebut. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan menekan tombol reset yang ada pada pc. Selanjutnya bisa memeriksa kabel vga apakah terpasang dengan benar atau tidak. Jika sudah lanjutnya anda bisa memeriksa yang komponen seperti motherboard, power supply dan juga vga.

Jika pemeriksaan komponen belum terlalu anda pahami caranya maka bisa meminjam komputer lain. Dengan begitu anda bisa melihat apakah komputer berjalan dengan normal jika dipasang dengan milik anda. Namun jika ternyata tetap sama saja maka dipastikan ada masalah terjadi pada komputer yang anda miliki. Pemeriksaan komponen harus dilakukan dengan benar dan teliti karena jika tidak nantinya akan ada hal yang terlewat. Biasanya penyebab no signal ada pada kerusakan komponen vga namun juga bisa pada komponen lainnya. Jika ternyata setelah dilakukan pemeriksaan masih belum juga menemukan hasil yang baik anda dapat menggunakan cara lain.

Penyebab masalah komputer no signal dan cara mengatasinya akan mudah diketahui jika anda pandai dalam hal yang berkaitan dengan service komputer. Jika ingin cara yang lebih praktis maka anda bisa mencoba untuk menggunakan trik lainnya yakni dengan melepaskan kabel power. Jika sudah anda bisa lanjutkan dengan menekan tombol power yang ada di komputer selama kurang lebih 1 menit. Setelah itu bisa disambungkan kembali kabel yang tadi dilepas. Lalu nyalakan komputer apakah berhasil kembali normal.

Cara Mengatasi Komputer No Signal

Cara untuk mengatasi masalah no signal pada komputer atau laptop anda tentu saja berbeda beda. Anda harus mengetahui penyebabnya dan kemudian selesaikan masalah mulai dari akarnya. Jika penyebab dari masalah no signal adalah karena terputusnya sambungan yang ada maka anda harus segera untuk menghubungkan kembali. Namun pada umumnya masalahnya terjadi pada kabel VGA penyambung CPU ke monitor, bisa karena kabel kurang menancep atau kabel kendor, solusinya cobak cek kabel VGA penghubung CPU ke monitor PC kamu. penyebab lainnya ialah Memory PC kamu kotor, jika menemui masalah ini cobak bongkar CPU kamu lalu bersihkan memory yang ada di komputer/PC kamu. Selamat mencoba dan semoga anda bisa memperbaiki komputer sehingga dapat digunakan seperti sedia kala.

Leave a Reply