Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer yang Mati /Tidak Mau Hidup

Mungkin ada pernah mengalami ketika komputer mau dihidupkan /ditekan tombol power namun komputer tidak mau hidup /menyala seperti biasa ? jika itu terjadi maka anda bisa mencari tahu penyebabnya dan cara mengatasi komputer yang mati tersebut. Yang jelas anda tidak perlu panik terlebih dahulu karena dengan panik anda tidak bisa berkonsentrasi dan relatif tergesa-gesa serta berpikiran negatif yang malah tidak menyelesaikan masalah komputer yang ada. Sebelum membawa komputer anda ke tempat service, alangkah baiknya bila mencoba menganalisa apa penyebab komputer yang mati sehingga tidak bisa dioperasikan. ciri-ciri yang paling umum bila komputer “tidak mau dihidupkan” adalah daya listrik ke PC sebenarnya masuk tetapi tidak menampilkan apa-apa di monitor, namun jika yang ternyata stop kontaknya yang bermasalah berarti anda tidak perlu susah-susah mengatasinya, jadi sebelum mengecek ke yang lainnya pastikan dulu aliran listrik dari stop kontak ke komputer berjalan dengan normal.

Namun jika sobat melihat lampu pada komputer dan mendengar Kipas bekerja dari dalam tetapi sama sekali tidak muncul di layar Anda.
Ada beberapa kemungkinan alasan mengapa monitor anda tidak menampilkan informasi/menyala seperti biasa,  maka perlu bagi anda untuk mengetahui apa penyebabnya dengan mengecek melalui point-point dibawah.

Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer yang Mati /Tidak Mau Hidup

1. Periksa monitor komputer, bisa jadi karena sambungan kabel monitor ke CPU kurang kencang. Jadi pastikan terlebih dahulu dan jika perlu anda bisa mencobanya di komputer lain (jika mempunyai komputer lebih dari 1 :D), jadi jika kipas dan cpu berkerja namun monitor tidak menampilkan informasi/menyala maka kemungkinan besar monitornya yang bermasalah.

2. Namun jika ternyata komputer anda berbunyi “Bip” maka kemungkinan besar yang bermasalah VGA, Memory (RAM), atau Batery CMOSnya (untuk masalah ini insyAllah akan saya ulas/bahas sendiri dilain waktu), untuk solusi sementara coba copot lalu pasang kembali memory card (RAM) yang ada dalam CPU, jadi anda harus membongkar CPU komputer.

cara mengatasi komputer mati

3. Coba cabut baterai CMOS yang ada pada matherboard, lalu pasang kembali dengan begitu anda bisa menghapus memori BIOS pada motherboard , dan otomatis akan kembali pengaturan BIOS ke setting default bawaan. Akibat dari kesalahan konfigurasi BIOS bisa menyebabkan PC Anda tidak dapat startup.

4. Uji power supply komputer Anda. UPS cenderung menyebabkan lebih banyak masalah daripada perangkat keras lainnya dan sering menjadi penyebab komputer tidak mau dihidupkan. atau anda bisa mengetesnya langsung dari stop kontak /catuan listrik.

5. Coba masuk ke BIOS komputer (jika masih bisa), anda bisa menginstall ulang system operasinya dan menggantinya dengan OS yang baru semisal windows7 atau win 8. Langkah ini biasanya cara terakhir untuk mengatasi masalah komputer yang tidak mau hidup alias mati.

6. Namun jika cara semua diatas gagal Anda bisa membawanya ke ahli komputer (tukang service komputer yang dipercaya), karena mungkin ada komponent komputernya yang memang benar-benar rusak (seperti ; motherboardnya mungkin, atau komponent komputer lainnya) yang memang harus diganti.

Itulah tips sederhana untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi komputer yang mati / tidak mau hidup, dari penjelasan diatas saya yakin ada beberapa faktor lain yang bisa berakibat komputer tidak bisa di hidupkan, jadi ketika menggunakan komputer gunakanlah sesuai aturan penggunaan komputer yang benar agar komputer awet dan tidak mudah rusak (baik dari segi hardware ataupun softwarenya).