Pengertian Router, Cara Kerja dan Fungsinya

Bagi anda semua yang menggeluti dunia komputer harus memahami pengertian router, cara kerja dan fungsinya. Istilah seperti TCP/IP. Hub. Switch, Router serta Bridge merupakan sebuah istilah yang tentu sudah asing lagi bagi kalian semua. Bahkan istilah mengenai ini sudah diajarkan sejak di bangku SMP ketika masa sekolah dahulu. Nah terkait dengan hal tersebut maka dalam ulasan kali ini saya akan mengajak anda semua memulai pembahasan yang sangat dasar sekali dalam dunia komputer. Penjelasan mengenai apa pengertian dari router? Bagaimana cara kerja router? Serta beberapa penjelasan lainnya yang tentu akan bermanfaat bagi anda semuanya nanti.

Pengertian Router

Pengertian router, cara kerja dan fungsinya yaitu router adalah jenis perangkat keras pada jaringan komputer yang bisa digunakan sebagai penghubung dengan beberapa jaringan yang sama atau bahkan berbeda. Router merupakan sebuah alat yang dapat digunakan untuk mengirimkan signal paket data menggunakan jaringan atau internet sebagai jalur untuk menuju tujuan pengiriman data. Nah langkah tersebut dikenal dengan istilah Routing. Adapun proses dari Routing ini biasanya terjadi dalam lapisan 3 dari sebuah stack protokol tujuh lapis OSI.

pengertian router

Router kadang-kadang juga digunakan untuk menghubungkan 2 buah jaringan dengan memanfaatkan media yang berbeda. Sama halnya dengan Ethernet ketika hendak menuju ke Tokengh Ring.

Fungsi Router

Adapun fungsi utama dari Router ini adalah sebagai pembagi atau untuk menyebarkan IP alamat. Baik secara statis atau secara DHCP pada seluruh jaringan komputer. Berkat adanya IP Address yang unik kemudian dibagikan oleh Router tersebut maka setiap perangkat komputer bisa memungkinkan untuk saling terkoneksi dan melakukan komunikasi. Komunikasi tersebut bisa dilakukan antara kabel LAN serta internet.

fungsi router

Di zaman sekarang ini perangkat Router ternyata semakin canggih dan modern. Dalam hal membagikan IP address untuk setiap pengguna komputer dalam satu jaringan saja, ternyata fungsi router tidak hanya bisa mengkoneksikan dengan sambungan pada kabel LAN saja. Akan tetapi juga bisa terkoneksi dengan teknologi wireless juga. Untuk itu maka saat ini router bisa dihubungkan dengan tekonologi Wireless. di era sekarang ini router bisa dikoneksikan disetiap komputer, laptop, gadged, smartphone yang ada di dalam jaringan router tersebut. Kalian semua cukup menggunakan sebuah gelombang radio yang dipancarkan dari router itu sendiri. Adapun fungsi router secara lengkapnya bisa dilihat dari uraian berikut ini.

  1. Fungsi utama dari Router adalah untuk mengkoneksikan beberapa jaringan dalam hal menyampaikan data pada suatu jaringan ke dalam jaringan lainnya. Akan tetapi router berbeda dengan jaringan switch. Dikarenakan switch hanya bisa digunakan untuk mengkoneksikan beberapa komputer serta membentuk LAN. Sedangkan router dimanfaatkan guna mengkoneksikan antara satu jaringan LAN dengan satu jaringan LAN lainnya.
  2. Router memiliki fungsi untuk mentransmisikan beberapa informasi dalam satu jaringan ke dalam jaringan lainnya yang memiliki cara kerja layaknya sistem Bridge.
  3. Router juga memiliki fungsi untuk mengkoneksikan beberapa jaringan lokal menuju hubungan DSL biasa juga dinamakan DSL Router. Selain itu Router ini pada umumnya memiliki fungsi sebagai firewal guna melakukan penapisan paket sesuai dengan sumber dan alamat tujuan dari paket data tersebut. Akan tetapi ternyata tidak semua router ini memiliki fungsi yang sama. Router yang berfungsi melakukan penapisan paet data dalam istilah lainnya dinamakan packet-filtering router. Nah fungsi umum dari router ini untuk memblokir lalu lintas data yang dipancarkan dengan broad cast sehingga bisa mencegah adanya broad cast storm yang dapat menyebabkan kinerja jaringan menjadi lambat.

Cara Kerja Router

Router memiliki cara kerja dengan cara meruterkan paket data serta beberapa informasi yang dikenal dengan istilah routing, menggunakan teknik routing ini bisa mengetahui arah serta rute perjalanan informasi yang akan dituju. Apakah akan berada dalam satu jaringan yang sama ataukah berbeda. ketika informasi yang akan dituju mengarah dalam jaringan yang berbeda maka router akan melanjutkan dalam jaringan tersebut, sebaliknya manakala paket data yang dituju merupakan jaringan dengan jenis sama maka router akan mencoba menghalangi paket data keluar hingga meneruskan paket data tersebut menggunakan routing dalam jaringan yang sama hingga sampai pada tujuan.

Leave a Reply