Inilah Pengertian Repeater Dan Fungsinya

Pengertian Repeater dan fungsinya merupakan sebuah informasi yang perlu untuk diketahui. Jika kita berbicara terkait dengan repeater maka kita tidak akan jauh-jauh dari namanya jaringan. Yang dinamakan Repeater adalah sebuah alat yang memiliki fungsi sangat penting dalam sebuah jaringan komputer. Kita tentu sudah memahami jika yang namanya jaringan komputer merupakan sebuah jaringan yang lumayan rumit jika dipahami terlebih bagi orang yang masih awam. Tidak perlu membahas jauh-jauh mengenai jenis-jenis jaringan, kita saja mengetahui fungsi serta cara kerja pada sebuah jaringan saja sudah sangat susah untuk dipelajari. Akan tetapi meskipun hal ini cukup rumit untuk dipahami, saya akan berbagi sedikit informasi terkait dengan salah satu alat pada jaringan komputer. Alat tersebut bernama repeater.

Pengertian Repeater

Berbicara mengenai Repeater tentu banyak yang menanyakan pengertian Repeater dan fungsinya. Cukup banyak orang yang menanyakan mengenai pengertian dari Repeater serta fungsinya. Secara bahasa Repeater ini berasal dari bahasa Inggris “Repeat” yang memiliki arti mengulang. Apabila kita artikan dari tiap suku katanya maka Repeater ini memiliki arti mengulang kembali. Nah jika kita sempurnakan lagi Repeater ini adalah sebuah alat yang memiliki fungsi untuk mengulang serta meneruskan kembali signal ke dalam daerah pada sebuah perangkat.

pengertian repeater

Nah ketika kita bahas secara teknis, repeater ini memiliki fungsi untuk membuat signal menjadi lebih kuat. Dengan menggunakan alat ini maka signal yang masih lemah akan dapat ditingkatkan daya jangkauannya dengan demikian maka bisa digunakan dalam sebuah cakupan yang lebih luas.

Fungsi Repeater

  1. Membuat Daya Jangkauan Signal Menjadi Luas

Fungsi pertama dari Repeater ini adalah mampu membuat jangkauan signal menjadi luas. Ketika signal menjadi lemah maka daya jangkau dari sebuah signal tersebut akan semakin sempit. Berbanding terbalik ketika signal menjadi kuat maka daya jangkauan pada signal tersebut akan lebih luas.

  1. Mengcover Bagian Server yang Sedikit Signal

Ketika menggunakan Repeat maka wilayah yang sedikit signal bisa mendapatkan signal dengan lebih mudah untuk bisa mendapatkan signal serta mampu mengakses signal tersebut. Langkah ini bisanya diterapkan dalam jaringan WIFI.

  1. Untuk Meneruskan Serta Membuat Signal Menjadi Maksimal

Fungsi yang ketiga dari Repeat ini adalah untuk membuat signal berfungsi untuk meneruskan serta membuat signal menjadi lebih maksimal. Pada fungsi ini repeat akan bekerja dengan cara melakukan penangkapan, pengelolaan, memperbesar serta meneruskan signal ke dalam beragam perangkat jaringan yang ada di sekeliling kita.

Baca juga : Pengertian DNS Server dan Fungsinya yang perlu kamu ketahui

  1. Membuat Akses WIFI Menjadi Lebih Mudah

Berbekal signal WIFI yang kuat maka pengguna akan semakin mudah mendapatkan sinyal tersebut. Nah Repeat ini ternyata juga memiliki fungsi untuk membuat signal menjadi semakin kuat.

  1. Membuat Proses Penerimaan serta Pengiriman Data Menjadi Lebih Mudah

Berbekal signal yang kuat maka proses pengiriman serta penerimaan data antara satu pengguna satu dengan pengguna lainnya dalam satu perangkat akan semakin mudah serta hal ini akan lebih mudah untuk dilakukan. Menggunakan perangkat Repeat ini ibaratnya menggunakan sebuah kendaraan bermotor di dalam tol dalam hal ini berarti menggunakan Repeat akan membuat laju semakin cepat.

fungsi repeater

  1. Mengurangi Penggunaan Kabel di Dalam Sebuah Jaringan

Cara kerja dari repeat ini adalah dengan menggunakan signal wireless. Berbekal alat ini maka penggunaan kebel yang dinilai lebih ribet bisa dihindari oleh pengguna.

  1. Menggantikan Router Ketika Rusak

Fungsi yang ketujuh dari Repeat ini bisa digunakan sebagai pengganti acces point atau dalam bahasa lainnya router. Dengan hal ini ketika router yang kalian miliki sedang bermasalah maka dapat memanfaatkan Repeat ini sebagai ganti dari Acces Point pada sebuah Router. Langkah ini dapat digunakan untuk lebih meminimalisir beban kalian untuk membeli sebuah alat bernama Router

Cara Menggunakan Wifi Repeater

cara kerja repeater

  1. Hubungkan Repeat pada jaringan listrik
  2. Koneksikan ssid yaitu ala untuk menguatkan signal wifi ke dalam laptop
  3. Ketika sudah tersambung silahkan buka browser kemudian tuliskan alamat IP yang ada di manual book
  4. Lakukan login dengan menggunakan user dan kata sandi “admin” sama dengan petunjuk yang ada
  5. Ketika sudah ditemukan ssid pada area sekitar anda silahkan pilih salah satu yang akan anda gunakan kemudian tambahkah jarak jangkauannya

Demikianlah informasi seputar Pengertian repeater dan fungsinya semoga uraian ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply