Pengertian DNS Server Dan Fungsinya

Ketika menggunakan internet, mungkin kita tidak pernah memikirkan semua sistem didalamnya. Padahal untuk menghasilkan jaringan internet yang bagus, ada banyak pengaturan yang harus dilakukan. Salah satunya adalah DNS atau Domain name system. DNS membantu kita lebih mudah dalam akses jaringan internet. Seperti membuka browsing, web server, email dan masih banyak lainnya. Supaya anda lebih paham, kita akan membahas tentang pengertian DNS server dan fungsinya dengan lengkap.

Pengertian DNS Server

Dalam kerjanya DNS server harus bekerjasama dengan IP address. Akhirnya DNS server juga berhubungan dengan DHCP server. Lalu apa itu dns server? DNS merupakan sistem yang digunakan untuk menyimpan nama host atau nama domain yang berbentuk basis data di jaringan komputer. DNS juga bisa diartikan sebagai distribusi sistem database yang berfungsi untuk mencari nama perangkat pada jaringan internet yang menggunakan TCP/IP.

pengertian dns server dan fungsinya

Sedangkan DNS server merupakan sistem server yang berperan menerima permintaan dari client untuk tahu alamat IP yang digunakan domain. Misalnya pada domain google. Com. Dengan memakai tool ipadress.com ditemukan IP address google adalah 172.217.21.206.

Fungsi DNS Server

Setelah membahas tentang pengertian DNS server, kita bahas tentang fungsi dari DNS server. DNS dan DNS server memiliki fungsi yang berbeda. Untuk lebih jelasnya kita bahas dibawah ini :

  • Fungsi DNS (domain name sistem)

o  DNS digunakan untuk menerjemahkan hostname jadi alamat IP atau sebaliknya. Hal ini digunakan supaya, kita lebih mudah untuk mencari alamat website. Tak perlu memasukkan IP tapi cukup menggunakan hostname.

o  DNS berfungsi mengetahui informasi lengkap tentang hostname. Seperti alamat lokasi server, alamat IP, waktu digunakan dan lainnya.

  • Fungsi DNS Server

DNS server digunakan untuk database server tempat menyimpan alamat IP, yang nantinya untuk penamaan hostname. Misalnya kita mengetik google.com, DNS server langsung menerjemahkan alamat ip address dan dihubungkan ke google,com. Jadi anda tak perlu memasukkan alamat IP, hanya untuk mencari website tertentu. Cukup masukan hostnamenya saja.

Kelebihan DNS (domain Name server)

Sudah banyak orang yang memakai dns, karena memang membantu dalam penggunaan jaringan internet. Berikut ini kelebihan dns yang harus anda ketahui:

o  Dns mudah digunakan karena pengguna tidak harus mengingat ip address di komputer. User cukup mengingat hostname saja.

o  Lebih konsisten, karena jika menggunakan alamat ip mudah berubah sedangkan hostname tidak bisa di ubah.

o  Konfigurasi lebih mudah, tidak perlu memakai langkah rumit atau mengingat angka yang panjang

Selain kelebihan dns juga memiliki kekurangan. Kekurangannya pengguna tidak bisa menggunakan nama yang banyak untuk mencari domain di internet. Tapi kekurangan ini, tidak membuat kelebihan dns hilang. Banyak orang yang memakainya untuk mempermudah berselancar di dunia maya.

Cara Membuat DNS Server Sendiri

Mungkin anda bertanya, apakah kita bisa membuat DNS server sendiri? Jawabanya bisa. Caranya dengan menggunakan modem atau router milik sendiri. Anda bisa melakukan pengaturan DNS server di internet protocol. Untuk melakukan pengaturan, anda harus tahu alamat IP dari LAN dan subnet masknya. Anda bisa mengecek alamat IP dibagian belakang router atau modem anda. Misalnya subnet mask 255.255.255.0 dan ip address 192.168.20.1

o  Masuk ke pengaturan internet protocol versi aon 4 (TCP/Ipv4) properties

o  Isi bagian ip address dan subnet masknya

o  Klik advance.

o  Pilih menu DNS dan klik add

o  Masukan 192.168.20.1 dan klik ok

Jika sudah dilakukan pengaturan, cobalah untuk mengetes di laptop lain. Jangan lupa untuk melakukan pengaturan diperangkat client juga, dengan cara yang sama. Jika sudah terhubung, cobalah melakukan browsing. Jika muncul alamat website seperti pada umumnya berarti pengaturan anda berhasil.

Dulu sebelum ada dns, penamaan dilakukan secara manual oleh klien dengan menggunakan HOSTs. Tapi dengan adanya dns, semuanya lebih mudah. Proses pencarian pun lebih cepat, bisa dengan cara rekursif atau iterative. Itulah sedikit penjelasan yang bisa kami berikan tentang pengertian dns server dan fungsinya. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Leave a Reply