Pengertian Access dan Belajar Mengenal Database Access



Mungkin sebagian rekan sudah tahu dan mengenal access, karena memang pengertian access itu sendiri merupakan salah satu program dari microsoft yang berguna /tujuan utamanya untuk mengelola database. dan biasanya Microsoft access otomatis akan include “ada” ketika sobat menginstall microsoft office.

jika berbicara tentang microsoft office access maka secara sederhana kita bisa mengikuti perkembangan dari microsoft itu sendiri, hal yang paling kelihatan biasanya dari segi tampilan antara ms office 2003 dengan ms office 2007 mempunyai banyak perbedaan dari segi tampilan. serta cara penggunanya yang sedikit berbeda tapi pada intinya sama.

belajar access Pengertian Access dan Belajar Mengenal Database Access

Belajar Mengenal Database Access

Seperti yang sobat ketahui database merupakan sekumpulan data /informasi yang terdiri dari 1 atau lebih tabel yang saling berhubungan antara satu tabel dengan tabel yang lain. adapun format type dari ms access biasanya berupa file berektensi .accdb (access database). seperti dari pengertiannya tadi dalam database terdiri dari tabel-tabel penyusun yang terdiri dari :

  1. Field : tempat data atau informasi dalam kelompok sejenis yang dimasukkan atau di inputkan pada bagian kolom tabel. misal field nama siswa
  2. Record : kumpulan dari beberapa field yang saling berhubungan dalam bentuk baris dan dalam satu tabel bisa terdiri dari beberapa record. misal dalam tabel siswa recordnya nama siswa : hasanaji, alamat : jl. suksus indah 13, kota : rembang.

Adapun dalam pengoperasian data tebel dalam database access biasanya di dukung objek database lainnya, yang di antaranya :

  • Query : objek database yang berfungsi menampilkan, mengedit, dan menganalisa data dengan cara lain
  • Form : objek database yang di gunakan untuk membuat kontrol2 untuk memasukan, memeriksa dan memperbarui data
  • Report : objek yang digunakan untuk menampilkan data yang telah di format sesuai kebutuhan sobat.
  • Macro : rangkaian perintah yang dapat disimpan dan dijalankan otomatis, misal : membuka form, mencetak report.

Berikut tadi penjelasan singkat saya seputar access, untuk tutorial microsoft access lanjutan akan saya tulis dalam postingan berikutnya. dan semoga berguna buat sobat yang lagi pengen belajar ms access.



Tags:
author

Author: 

Hanyalah seorang pemuda yang hoby dengan dunia blogging, penulis seorang blogger newbea yang ingin berbagi tulisan tentang komputer, teknologi, gadget, internet dan sesuatu hal yang penulis tahu melalui blog ini. Jika ingin bertukar pikiran, share, atau ingin mengenal lebih dekat mengenai saya bisa menghubungi melalui twitter ataupun facebook.