Meningkatkan Motivasi Belajar


Untuk memotivasi belajar memang sedikit susah, namun jika di tekuni hal ini akan terasa manfaatnya. Kali ini penulis akan share sedikit mengenai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Sebenarnya motivasi belajar harus dimulai dari diri sendiri, namun hal itu tidaklah mudah mengingat sifat dasar manusia yang yang sering timbul yakni perasaan malas.

Pengertian motivasi belajar itu sendiri adalah keseluruhan daya penggerak/melakukan sesuatu baik dari dalam diri maupun dari luar siswa yang menjamin kelangsungan dan memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar itu dapat terlaksana/terkabul sesuai harapan.

Berikut tips sederhana untuk meningkatkan motivasi belajar (khususnya siswa/anak-anak) :

Memberikan Motivasi & Kata Bijak

Motivasi dan kata bijak merupakan hal yang bisa digunakan untuk memberikan motivasi kepada anak, hal ini akan memberikan rangsangan positif bagi anak. Bahkan orang dewasa pun kadang membutuhkan kata bijak untuk memotivasi diri agar lebih baik lagi.

Beberapa kata bijak yang mungkin bisa memberikan motivasi dalam belajar

Jangan pernah bosan untuk membaca, karena membaca akan menambah wawasan untuk dirimu.

Belajar adalah cara yang tepat untuk menambah wawasan dan pengalaman agar menjadi yang lebih baik

Menyadari sebuah kesalahan bukan hanya sekedar untuk disesali tapi untuk diperbaiki agar tidak terulang lagi

Kunci sukses sebenarnya ada didalam diri dan pikiran kamu, Jika kamu berpikir sukses, maka kesuksesan akan menghampirimu.

Segala sesuatu akan mendatangi siapa saja yang berjuang keras (Thomas A. Edison)

Memberikan Arahan yang Jelas

Tidak jarang guru yang mendidik anak/siswanya sesuai prosedur, sehingga mengakibatkan siswapun tidak memahami secara pasti apa yang harus mereka kerjakan. Maka dari itu memberikan arahan yang jelas kepada siswa merupakan hal utama agar mempunyai tujuan yang jelas.

Namun jika anda berposisi sebagai pelajar, maka tetapkan tujuan yang jelas pada saat belajar.

motivasi belajar 450x424 Meningkatkan Motivasi Belajar

Hadiah (Bonus)

Pada dasarnya semua orang suka mendapatkan hadiah, hal ini juga sama akan berpengaruh jika anda terapkan untuk memotivasi belajar siswa/anak. dengan adanya hadiah mereka akan lebih termotivasi untuk belajar.

Kompetisi

Dengan mengadakan kompetisi juga bisa menimbulkan motivasi siswa untuk bersemangat belajar, namun cara ini mungkin tidak seratus persen berpengaruh, tapi setidaknya dengan adanya kompetisi sebagian siswa akan termotivasi untuk menjadi yang terbaik.

Pujian

Jangan lupa meskipun kelihatan sepele, pujian juga mempengaruhi motivasi belajar anak. dengan memberikan pujian akan menimbulkan respon positif yang pada akhirnya akan mendorong untuk lebih termotivasi dalam belajar.

Itu tadi penjelasan singkat seputar motivasi belajar, tentunya ada hal lain yang mungkin bisa memotivasi belajar semua tergantung dari individu masing-masing.

Tags:

Rate this article!

author

Author: 

Hanyalah seorang pemuda yang hoby dengan dunia blogging, penulis seorang blogger newbea yang ingin berbagi tulisan tentang komputer, teknologi, gadget, internet dan sesuatu hal yang penulis tahu melalui blog ini. Jika ingin bertukar pikiran, share, atau ingin mengenal lebih dekat mengenai saya bisa menghubungi melalui twitter ataupun facebook.

One Response

  1. author

    JefryMay 3, 2013 at 8:01 amReply

    Jangan sampai anak sering mood2an dalam belajar nie
    btw terima kasih atas saran2nya, sangat bermanfaat sekali :)

Leave a Reply