Mengenal Teh Sebagai Penjaga Alami Tubuh

Khasiat teh sebagai minuman kesehatan sudah dikenal di seluruh dunia sejak zaman dahulu. Bahan dasar teh yang merupakan daun teh Camellia sinensis atau Camellia thea merupakan sumber antioksidan utama yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Karena bahan dasarnya adalah tumbuh-tumbuhan, maka tidak heran jika teh dinobatkan sebagai penjaga alami tubuh. Terlebih khasiat teh lebih banyak untuk menjaga kesehatan tubuh. Semua itu tak lepas dari kandungan senyawa kimia yang terdapat di dalam daun teh.

Khasiat teh untuk kesehatan sudah teruji sejak zaman dahulu. Hal ini terbukti dari banyaknya penelitian yang mengungkapkan kandungan alami di dalam teh yang ternyata bermanfaat bagi tubuh manusia, diantaranya :

  • Polyphenol

Polyphenol yaitu antioksidan jenis bioflavonoid yang khasiatnya 00 kali lebih efektif dibandingkan dengan vitamin C dan 25 kali lebih efektif dibandingkan dengan vitamin E. Kandungan polyphenol ini bermanfaat dalam mencegah penyebaran dan pertumbuhan sel kanker dalam darah. Sehingga dengan mengkonsumsi teh rutin setiap hari dapat mengurangi resiko terkena kanker payudara, perut, usus dan postrat. Polyphenol juga mampu menjaga pembuluh darah agar tidak mengecil dan menjaga agar tekanan darah dapat stabil. Fungsi lainnya yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, membantu kerja ginjal dan mencegah terjadinya batu empedu, memperlancar pencernaan serta melarutkan lemak.

  • Kafein

Banyak yang mengira bahwa kopi adalan minuman yang banyak mengandung kafein. Anggapan tersebut ternyata salah, karena teh terbukti memiliki kandungan kafein lebih banyak dibandingkan kopi. Karena itulah mengkonsumsi teh secara berlebihan membawa dampak buruk bagi kesehatan. Namun jika meminumanya secara teratur dan sesuai asupan kebutuhan tubuh, justru manfaatnya lebih terasa. Manfaat kafein diantaranya adalah untuk meningkatkan daya ingat otak, menjaga mood atau selera dan bersifat sebagai stimulan pada sistem saraf pusat sehingga mampu memperlancar sirkulasi darah ke otak.

  • Essential Oil

Essential Oil berperan besar dalam pembentukan aroma dalam teh yang berasal dari pecahan protein yang terkandung di dalamnya. Fungsinya untuk melarutkan lemak dan memperlancar peredaran darah serta pencernaan.

  • Beberapa vitamin

Vitamin yang terkandung di dalam daun teh antara lain vitamin E sebanyak 100-200 IU per satu cangkir teh yang sesuai dengan kebutuhan tubuh manusia, vitamin C yang berfungsi sebagai imunitas sekaligus antioksidan yang bermanfaat dalam menjaga tubuh dari penyakit serta vitamin A dalam bentuk betakaroten.

Mengkonsumsi teh secara rutin setiap hari yaitu 2-3 cangkir sehari dapat menjaga kesehatan tubuh