Mengenal Extension Joomla

Yang membedakan joomla dengan cms lainnya menurut saya adalah jumlah extension joomla yang banyak dan bervariasi, jutaan extension (component, module,plugin ) support dengan cms joomla, jadi tidak heran jika joomla menjadi pilihan utama para web designer dalam membangun website. Extension joomla juga bervariasi mulai dari yang free “gratis” sampai yang commercial “berbayar”, serta sesuai dengan kategory list masing-masing.

Berikut penjelasan mengenai beberapa hal yang membedakan antara pengertian plugin, module dan juga component yang ada dalam joomla.

Plugin merupakan tool penunjang suatu komponen atau modul yang berkaitan pada joomla. Plugin tersebut menyatu dengan komponen atau modul joomla. Biasa digunakan untuk memperkaya format tampilan komponen atau modul untuk spesifikasi fungsi tertentu sesuai kebutuhan user/pengguna joomla.

Module adalah bagian sekat-sekat ruang kecil (atau ada juga yang menamakan sebagai blok) dari halaman website Joomla, jika di wordpress fungsinya hampir sama dengan widget. Dalam suatu Modul bisa ditampilkan untuk seluruh halaman maupun untuk bagian halaman tertentu saja, dimana Kontrol Backend /administrator joomla untuk modul biasanya sangat terbatas.

Perlu sobat ketahui bahwa setiap template joomla mempunyai jumlah dan letak modul yang berbeda-beda, lalu darimana sobat mengetahui letak dan berapa banyak modul yang dipunyai oleh sebuah template Joomla? Caranya dengan menggunakan alamat web: http://namawebsite.com/?tp=7. Kata “?tp=7” merupakan letak / posisi modul dari suatu template. untuk template sekarang biasanya sudah dikasih gambaran mengenai letak dari masing-masing modul, yang bisa di lihat dari menu Extenxion >> Template Manager, dan edit /pilih template yang digunakan.

extension joomla terbaru

Component merupakan bagian utama dari halaman website Joomla sekaligus buat saya pribadi adalah struktur yang paling kompleks dibandingkan extension lainnya. Ciri pokok dari component joomla adalah selalu berada menempati ruang bagian body content. Ruang body content maksudnya adalah isi konten dari sebuah website.

Dengan adanya component, kita bisa membuat variasi pengaturan yang lebih komplek sesuai dengan fungsi dari component joomla itu sendiri.

Sekarang sudah pahamkan mengenai beberapa hal yang membedakan antara plugin, module dan component joomla ? artikel selanjutnya akan InsyaAllah akan saya share secara detail mengenai tutorial joomla lainnya.

Leave a Reply