Menambahkan Option Size dan Warna di Produk pada Opencart

Menambahkan option keterangan size (ukuran) dan warna di product pada opencart toko online perlu dilakukan jika sobat jual produk semisal baju, kaos, dan sejenisnya yang membutuhkan keterangan tambahan ukuran, warna, dan keterangan lain yang membedakan satu sama yang lain dalam online store.

Maka dari itu untuk tutorial opencart kali ini saya akan coba share mengenai cara menambahkan option size dan warna di product pada CMS Opencart, ketika membuat / menambahkan produk baru di toko online kita.

Untuk detail cara menambahkan option size dan warna di product yang ada pada toko online menggunakana opencart, bisa sobat simak pada penjelasan berikut ini

  • Pertama seperti biasa masuk ke admin dasboard toko online
  • Pilih menu Catalog >> Options, maka akan muncul option pilihan yang sudah ada. disini sobat bisa membuat option baru Size dan warna dari tombol Insert yang ada di kanan atas.
menambahkan ukuran di produk

menambahkan ukuran di produk

  • Isikan ukuran yang ingin dimasukkan ke dalam option Size, semisal ukuran ; S, M, L, XL. Seperti yang terlihat seperti ini

membuat size di product

  • klik tombol Save untuk menyimpannya, untuk menambahkan option warna lakukan langkah yang sama seperti diatas.
  • Kemudian tambahkan product baru, di menu Catalog >> Products, pilih tombol Insert untuk menambahkan produk baru
  • Selanjutnya isi data yang diperlukan seperti biasanya, yakni di tab menu General untuk mengisi judul, keterangan produk. tab menu Data untuk harga normal, berat, gambar produk. tab menu Link untuk kategori link produk.
  • Disini point yang paling penting yakni di tab menu Options, pada form kiri sobat ketikkan nama option yang tadi sobat buat semisal Size dan Warna, selanjutnya masukkan ukuran dan warna yang tersedia untuk produk tersebut. misalnya seperti ini

ukuran produk

warna produk

  • Klik tombol Save, dan lihat hasilnya pada tampilan produk jika sudah ada pilihan untuk Size dan warna berarti sudah berhasil seperti gambar dibawah ini.

tampilan opsi size dan warna di produk