Membuat Toko Online yang Sukses

Sekarang ini membuat toko online bukan perkara yang sulit bagi sebagian orang, namun untuk membuat toko online yang sukses dan berkembang baik itu yang susah. karena toko online juga layaknya bisnis lainya, perlu adanya pemikiran yang matang, strategi, dan daya inovatif kreatif. dan tahukah bahwa sebagian besar usaha akan mengalami kebangkrutan di tahun pertama dan kedua setelah usaha itu didirikan. Hal ini menandakan usaha / bisnis tidak semudah yang kita bayangkan.

Meskipun dalam membuat toko online kita tidak memerlukan modal yang begitu besar untuk memulainya namun hal ini tidak membuat sobat akan dijamin sukses dengan menjalani usaha online ini, tanpa adanya perencanaan yang matang, pemilihan usaha toko online yang tepat, dan mental yang kuat. Saya sendiri Alhamdulillah sudah mempunyai usaha toko online sendiri yang sudah berjalan 2tahunan yang bisa menambah pemasukan “meskipun tidak banyak”.

Dalam membuat toko online agar sukses dan bertahan lama alangkah baiknya sobat memperhatikan beberapa hal berikut :

1. Pilih Usaha Toko Online yang menarik buat anda

Hal ini perlu sobat lakukan yakni dengan meilih bidang usaha / produk yang sesuai dengan minat anda, karena kalau awalnya aja sudah ndak begitu tertarik gimana mau bertahan lama ? dan juga memilih produk yang akan dijual nantinya juga penting, apakah mau jualan baju, kaos, accessoies, sepatu, dll. kalau saya sendiri lebih memilih produk yang sedikit unik, yang hanya ada di sekitar daerah kita atau di beberapa daerah saja.

2. Mencari & memilih bahan / sumber distributor produk yang tepat

Naah dalam step ini niih yang menurut saya cukup menarik, setelah sobat memilih jenis produk yang akan dipasarkan, selanjutnya sobat bisa mencari distributor buat mengisi dagangan toko onlinenya. ada beberapa opsi pilihan yang bisa dilakukan yang diantaranya :

a) Menjadi Dropship : dengan menjadi dropship sobat ndak perlu keluar modal banyak, karena sobat hanya memasarkan produk orang lain tetapi label atas nama toko online anda, dengan begitu pelanggan tahunya produk yang mereka beli dari anda langsung “toko online”.

cara dropship ini sangat efektif buat pemula yang ingin melihat seberapa besar minat pelanggan terhadap produk yang anda pasarkan melalui toko online.

b) Order produk langsung : dengan mengorder semua produk yang anda perlukan dalam toko online mungkin anda akan mengeluarkan modal uang yang lumayan untuk membeli produk, namun jika produk yang anda jual berhasil dipasaran, anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar ketimbang harus melalui dropship.

c) Menjadi Affiliater : yang terakhir ini sekarang ini belum begitu tenar di indonesia, tapi kalau di luar negeri sana cara ini sudah banyak digunakan sebut saja amazon, ebay, clickbank. hampir mirip dengan dropship, yakni bagi hasil dan kita hanya memasarkan produk dari mereka, tetapi kita tidak usah memikirkan biaya kirim dan proses ordernya. semuanya sudah dilakukan oleh system, jadi setiap ada order otomatis ada report berapa penghasilan yang kita terima.

membuat toko online

pilihlah usaha toko online yang tepat

3. Membuat Toko Online (Website Online Store)

Untuk membuat toko online saya pikir tidak terlalu susah, anda bisa membuatnya sendiri dengan pilihan cms ecommerce yang sudah pernah saya jelaskan disini, atau menyewa jasa pembuatan toko online yang ada misalnya di jasaonline.us

4. Mengelola Toko Online

Setelah membuat toko online, selanjutnya sobat bisa mengoptimalkan sisi SEO “search engine optimaized” dengan backlink dan kontent yang berkualitas.

5. Mempromosikan Toko Online dengan tepat

Agar usaha toko online anda cepat laku dan dikenal banyak orang, anda harus mempromosikan usaha toko online bisa melalui ; facebook like, twitter follower, iklan baris (tokobagus, berniaga), promosi ke forum-forum tertama forum jual beli seperti kaskus, dan sejenisnya.

6. Memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan

dan yang terakhir agar pelanggan puas akan produk yang anda tawarkan, maka anda harus memberikan pelayanan yang terbaik. dengan kesan baik seperti itu maka kemungkinan besar pelanggan tersebut akan kembali order ke toko online anda nantinya, hal ini berdampak positif untuk perkembangan usaha toko online nantinya.

Itu tadi beberapa hal yang perlu sobat perhatikan agar dalam membuat toko online bisa sukses dan bertahan lama, tentunya tidak hanya faktor di atas saja, ada beberapa faktor lain yang perlu sobat pelajari agar toko online yang kita buat bisa berkembang lebih baik.