Membuat Karya Ilmiah yang Baik

Menulis / membuat karya ilmiah yang baik dan benar memang agak susah, mengingat karya ilmiah merupakan laporan tertulis yang di terbitkan dengan memaparkan hasil penelitian atau pengkajian dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan. Bagi mahasiswa “termasuk saya” biasanya karya ilmiah di susun untuk menjadi persyaratan untuk tugas akhir.

karya ilmiah

Beberapa Karakteristik Karya Ilmiah yang harus di perhatikan :

1. Harus mengacu kepada teori

Karya ilmiah wajib memiliki teori yang dijadikan sebagai landasan berpikir / kerangka pemikiran / acuan dalam pembahasan masalah.

Fungsi teori :

  • Tolak ukur pembahasan dan penjawaban persoalan
  • Dijadikan data sekunder / data penunjang ( data utama ; fakta )
  • Digunakan untuk menjelaskan, menerangkan, mengekspos dan mendeskripsikan suatu gejala dari teori yang di ambil
  • Digunakan untuk mendukung ┬ápendapat penulis karya ilmiah.

2. Berdasarkan fakta yang ada

Setiap informasi dalam kerangka ilmiah selalu apa adanya, sebenarnya dan konkret benar terjadi.

3. Logis

Artinya setiap keterangna dalam kerangka ilmiah selalu dapat ditelusuri, diselidiki dan diusut alasan-alasannya, rasional dan dapat diterima akal.

4. Objektif

Artinya dalam kerangka ilmiah semua keterangan yang diungkapkan tidak pernah subjektif, senantiasa faktual dan apa adanya, serta tidak diintervensi oleh kepentingan baik pribadi maupun golongan.

5. Sistematis

Baik penulisan / penyajian maupun pembahasan dalam karangan ilmiah disajikan secara rutin, teratur, kronologis, sesuai dengan prosedur dan sistem yang berlaku, terurut, dan tertib.

6. Data Valid & Jelas

Baik bentuk maupun isi karangan ilmiah sudah sah dan benar menurut aturan ilmiah yang berlaku. serta di ungkapkan secara jelas sehingga tidak menimbulkan keragu-raguan orang.

 

 

7. Pembahasan yang detail dan tuntas

Pembahasan dalam karangan ilmiah harus sampai ke akar-akarnya. Jadi, supaya karangan tuntas, pokok masalah harus dibatasi tidak boleh terlalu luas.

8. Disusun dalam Bahasa yang Baku

Bahasa dalam kerangka ilmiah harus baku artinya harus sesuai dengan bahasa yamg dijadikan tolak ukur / standar bagi betul tidaknya penggunaan bahasa.

9. Penulisan sesuai dengan aturan standar yang berlaku

Dalam penulisan karya ilmiah aturan standart yang berlaku di instansi atau nasional harus juga di perhatikan.

 

Sumber : di kutip dari wikipedia

Leave a Reply