Memahami Struktur MySQL di Windows

Sebelum belajar MySQL lebih jauh ada baiknya sobat mengetahui dan memahami struktur MySQL di microsoft windows, untuk mengetahui strukturnya langkah awal yang harus sobat pastikan adalah aplikasi MySQL sudah terinstall dengan baik, bagi yang belum sobat bisa menggunakan server lokal seperti xampp, wampp, ataupun apache.

Perlu diketahui bahwa semua database standart serta database baru yang mungkin akan dibuat akan disimpan dan ditempatkan oleh engine MySQL pada folder utama yang bernama data, yang biasanya terletak di drive C:\xampp\mysql\data (jika pengguna xampp, dan letaknnya tidak mesti sama tergantung drive dan werver yang dipilih pada saat installasi).

Untuk detailnya silahkan perhatikan pada struktur data MySQL yang bisa kita cek melalui windows explorer

struktur data mysql

Setiap kali sobat menciptakan database baru, maka database tersebut akan selalu disimpan pada folder tersebut.

Sama seperti biasanya, dalam suatu database biasanya terdapat beberapa tabel, begitupun dengan struktur data MySQL yang bisa sobat buka melalui windows explorer. Apabila salah satu folder database sobat buka (double click), maka akan segera tampil sekumpulan file yang terdiri dari 3 bentuk extension dengan format extensi .frm, .MYD, dan .MYI dimana ketiga bentuk file tersebut merupakan komponen file yang menyusun sebuah tabel.

Silahkan perhatikan gambar berikut untuk mengetahui struktur tabel yang ada dalam database MySQL

struktur tabel mysql

Dalam satu tabel terdiri dari tiga file ekstensi (.frm, .MYD, dan .MYI)

Leave a Reply