Manfaat Coworking Space untuk Pengusaha dan Pebisnis Kecil

Coworking space merupakan sebuah ruang kerja yang dipakai secara bersamaan oleh beberapa pebisnis atau pengusaha dalam waktu yang bersamaan. Ruang kerja bersama ini bisa menjadi pilihan bagi Anda para pengusaha atau pebisnis kecil yang baru merintis sebuah perusahaan kecil. Hal ini dikarenakan konsep  coworking dapat memberikan manfaat yang banyak bagi Anda para pebinis pemula. Berikut ini beberapa manfaatnya.

Pertama, lebih menghemat biaya. Seseorang yang baru merintis sebuah usaha atau bisnis biasanya memiliki kesulitan untuk menekan biaya seminimal mungkin. Penggunaan coworking space ini bisa menjadi pilihan karena Anda dapat meminimalkan biaya sewa perusahaan yang sangat mahal. Selain itu, dengan memanfaatkan ruang kerja bersama Anda bisa menghemat biaya untuk properti seperti meja, kursi dan keperluan lainnya. Hal ini karena jasa penyewaan coworking sudah menyiapkan sebuah ruangan yang nyaman dengan segala fasilitasnya yang lengkap termasuk internet. Seperti yang diberikan oleh GoWork Creative Work Space, salah satu penyedia coworking ternama di negeri ini. Mereka juga menawarkan kontrak perbulan, sehingga anda tidak perlu terikat kontrak jangka panjang. Anda pun bisa pindah kapan pun anda mau, tentunya hal ini menekan biaya operasional penyewaan ruang perusahaan yang mahal.

Kedua, jika menggunakan co-working space sebagai tempat bekerja, Anda akan bertemu dengan pengusaha dan pebisnis lain yang memiliki tujuan sama dengan Anda. Tentunya hal ini akan memberikan manfaat seperti bertambahnya motivasi karena dapat bertemu dan bertukar pikiran dengan orang-orang baru yang memiliki pemikiran dan semangat yang sama. Motivasi ini akan membuat Anda lebih bersemangat lagi dalam membangun bisnis yang sedang dikelola. Ketiga, dengan menggunakan coworking Anda juga dapat membangun sebuah koneksi dengan pebisnis dan pengusaha lainnya sehingga bisa mendapatkan ilmu pengetahuan baru untuk perkembangan bisnis yang sedang dijalankan. Kelebihan lainnya, ada beberapa penyedia coworking yang menyediakan paket workshop atau pelatihan yang dapat mempermudah Anda untuk membangun sebuah koneksi dengan pebisnis lain. Tidak hanya itu, Anda juga dapat meningkatkan keterampilan dalam berbisnis dengan suasana seperti di  dalam kelas. Berikut beberapa tipe keanggotaan yang bisa dipilih.

  1. GoWork Membership

Menjadi seorang anggota GoWork coworking space Jakarta akan memberikan kemudahan kepada Anda agar dapat selalu terhubung dengan anggota-anggota yang lain di manapun saat ini Anda berada. Jika Anda bergabung bersama GoWork Membership, akan memungkinkan Anda untuk menemukan rekan-rekan kerja baru. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan free trials 2 hari /bulan dan akses penuh untuk berkontribusi dalam seluruh acara mingguan yang diadakan oleh pihak GoWork. Untuk bisa menjadi salah satu GoWork member, Anda hanya perlu membayar IDR 235.000 /bulan.

  1. Hot Desk

Hot Desk adalah salah satu pilihan yang bisa digunakan bagi Anda yang sedang mencari ruang kerja di coworking space dengan akses yang sangat fleksibel. Anda tidak perlu melakukan reservasi selama beberapa hari langsung atau bahkan bulanan. Anda bisa datang pada hari apa saja yang Anda mau asalkan sesuai dengan jam kerja milik GoWork Indonesia. Anda juga akan mendapatkan akses wi-fi gratis, akses pengiriman faks gratis, serta free refreshment. Untuk memanfaatkan Hot Desk ini Anda akan dikenakan biaya IDR 155.000 /hari.

  1. Dedicated Desk

Sedikit berbeda dengan Hot Desk, pada layanan GoWork tipe ini Anda akan diberikan sebuah meja khusus untuk diri sendiri. Meja ini bebas diakses 24 jam selama 7 hari penuh. Meja khusus Anda ini memang masih berada pada sebuah ruangan bersama dengan rekan lain namun tetap pada orang-orang yang sama. Anda juga akan mendapatkan lemari arsip khusus untuk Anda pribadi. Dilengkapi dengan akses kunci pribadi, wi-fi gratis, free refreshment, 150 lembar free printing, fax dan free 15 jam ruang konferensi bisa Anda tebus hanya dengan IDR 3.250.000 /bulan.

  1. Private Office

Sama seperti yang tertera pada namanya, tipe ini menyuguhkan sebuah ruang kantor pribadi yang tertutup sepenuhnya untuk orang lain tanpa seijin Anda. Ruangan kantor pribadi Anda ini sepenuhnya hanya bisa diakses oleh Anda dan tim saja. Desain dan segala hal yang berkaitan dengan ruangan ini sangat bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Ruangan kantor ini cukup besar karena bisa menampung hingga 20 orang bagi tim Anda. Anda akan memiliki sebuah ruang layaknya kantor pribadi ini hanya dengan membayar IDR 6.300.000 /bulan kepada GoWork Indonesia.

Leave a Reply