Macam-Macam DBMS Beserta Kelebihan dan Kekurangan

Database merupakan salah satu bagian penting dari sebuah sistem atau program yang berjalan di dunia teknologi informasi. Karena database menyimpan data – data penting dari proses dan aktifitas yang ada dalam program. Database secara sederhana bisa diartikan sebagai kumpulan data yang teroganisir dan tersimpan dalam tempat tertentu untuk dapat dimanipulasi dan dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi.

Untuk mengolah database tentu harus ada sebuah software yang dapat mengolah database, software ini banyak macamnya dan masing – masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. DBMS adalah software yang dapat menangani masalah ini, pada tulisan kami kali ini akan membahas mengenai macam-macam DBMS beserta kelebihan dan kekurangannya.

Apa itu DBMS?

macam-macam dbms

Sebelum memahami macam-macam DBMS tentu anda harus terlebih dahulu paham apa itu DBMS. DBMS atau Database Management System adalah sebuah perangkat lunak yang dapat melakukan dan digunakan untuk melakukan manajemen database atau mengolah database secara penuh, mulai dari menambah, mengubah, menghapus, dan operasi lainnya. Dengan DBMS ini database yang anda miliki dapat diolah dengan benar tanpa harus pusing mengolah secara manual.

Macam – Macam DBMS, Kelebihan dan Kekurangannya

Setelah anda memahami mengenai apa itu DBMS pada poin kali ini kami akan membahas mengenai macam-macam DBMS yang ada di dunia komputer beserta kelebihan dan kekurangan masing – masing.

  1. MS ACCESS

Microsoft Access adalah salah satu program DBMS buatan Microsoft yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan usaha skala kecil atau menengah. Microsoft access biasanya dipasang satu paket dengan paket Microsoft Office lainnya seperti Word dan Excel. Microsoft Access dapat mengolah berbagai macam database dari luar Access seperti Mysql atau Oracle.

Kelebihan :

MS Access mudah dalam penggunaan terutama dalam memanipulasi tabel dan relasinya. Perintah SQL juga dapat dibuat pada Microsoft Access. Selain itu fasilitas data security dan penyimpanan data jumlah besar dapat didukung.

Kekurangan :

Microsoft Access memiliki kekurangan tidak dapat digunakan dengan gratis alias berlisensi. Selain itu Microsoft Access tidak terlalu cocok apabila diakses dengan jaringan

  1. MySQL

Mysql adalah salah satu aplikasi DBMS paling populer penggunaannya dan mudah didapatkan, MySQL dapat digunakan pada jaringan dan cukup portable bila digunakan di komputer manapun atau user manapun (multiuser).

Kelebihan :

Kelebihan Mysql  ialah sangat portable, fleksibel, dan memiliki dukungan yang banyak dari komunitas di seluruh dunia. Selain itu lisensinya yang gratis juga memudahkan orang mengembangkan MySQL dan memiliki fitur yang cukup lengkap.

Kekurangan :

Mysql memiliki kekurangan tidak terlalu cocok digunakan untuk database dengan jumlah data besar, memiliki technical support yang minim, serta jarang digunakan untuk mengembangkan aplikasi mobile.

  1. ORACLE

Oracle adalah software DBMS yang diciptakan untuk mengelola informasi secara terintegrasi dan komprehensif. Dimiliki oleh Oracle Inc, oracle dapat digunakan secara online dan mendukung data dalam jumlah besar. Oracle saat ini menjadi software yang cukup populer dalam mengelola database di instansi besar.

Kelebihan :

Oracle memiliki kelebihan dapat menangani data dalam jumlah yang sangat besar, selain itu pengolahan data dalam oracle juga bisa dilakukan secara cepat dan akurat. Oracle juga mendukung multi – platform dan manajemen user serta kemampuan handal dalam manajemen database.

Kekurangan :

Kekurangan Oracle adalah memiliki harga yang paling tinggi untuk software DBMS nya, sehingga hanya cocok untuk instansi profit dan tinggi. Spesifikasi hardware pada oracle juga harus tinggi untuk mendukung pengelolaannya sehingga rumit dalam mengaplikasikannya.

Baca juga artikel menarik lainnya :

  1. PostgreSQL

PostgreSQL adalah sebuah software DBMS yang disebarluaskan secara bebas dan kini paling banyak digunakan untuk pengembangan database. Sifatnya yang open source dan memiliki banyak fitur.

Kelebihan :

Kelebihan PostgreSQL adalah Sifatnya yang open source sangat bermanfaat bagi anda yang mengembangkan database secara gratis, selain itu kehandalan DBMS ini cukup baik dan menghemat biaya dalam perluasan jaringan database.

Kekurangan :

PostgreSQL tidak terlalu populer dibandingkan DBMS lainnya, selain itu sulit diterapkan di Windows karena perbedaan arsitektur DBMS. Selain itu PostgreSQL tidak terlalu cocok untuk pengembangan web.

  1. Microsoft SQL Server

SQL Server adalah sebuah software RDBMS (Relational Database Management System) dari Microsoft. Berbeda dengan MS Access, SQL Server digunakan untuk kalangan bisnis skala kecil menengah dan dapat menangani data yang cukup besar.

Kelebihan :

Microsoft SQL Server cocok digunakan untuk usaha skala kecil menengah, terutama untuk mengolahd data yang cukup besar. Selain itu SQL Server memiliki tingkat keamanan tinggi dan adanya fitur backup, rollback, dan recovery data.

Kekurangan :

Tidak bisa digunakan untuk multi-platform alias harus menggunakan windows untuk dapat mengaksesnya. Harganya yang mahal karena berlisensi juga kurang cocok bagi usaha kecil, dan hanya dapat diimplementasikan pada satu unit server saja.

Masih banyak macam-macam DBMS yang ada di pasaran, namun lima contoh di atas adalah  macam – macam DBMS yang paling umum dan sering digunakan. Semoga tulisan kami mengenai macam – macam DBMS ini bermanfaat dan menambah informasi anda mengenai database dan seluk beluknya.

Leave a Reply