Layar Monitor Hitam Setelah Overlocking Dan Cara Mencegahnya

Salah satu kegiatan yang cukup mengasyikkan pada komputer/ laptop adalah melakukan overlocking. Hal ini seperti bermain game bahwa kita berusaha untuk menemukan setting yang pas untuk mendapatkan performa yang maksimal pada komputer/ laptop kita. Akan tetapi, tahukah anda bahwa dalam beberapa hal, melakukan overlocking bisa membuat layar monitor menjadi hitam. Layar monitor hitam setelah Overlocking sendiri terjadi disebabkan karena frekuensi monitor yang terganggu dengan proses overlocking yang anda lakukan sebelumnya. Hal itu bisa terjadi karena banyak diantara kita yang masih menggunakan colokan VGA buka DVI pada komputer. Oleh karena itu, solusi agar tidak blackscreen/ layar hitam, kita bisa mengganti layar monitor yang sudah menggunakan colokan DVI.

Tips mudah mencegah Layar monitor hitam setelah Overlocking

Bagi anda yang mengalami blackscreen setelah overlocking, maka anda tidak perlu panik dan khawatir karena anda bisa mengatasiya dengan baik. Salah satu yang bisa kalian lakukan adalah dengan mengganti kabel VGA dengan kabel DVI atau membeli monitor yang sudah menggunakan colokan DVI. Akan tetapi, jika budget kalian pas-pasan, maka tidak perlu khawatir karena bisa mencoba membeli converter DVI to VGA. Namun, cara ini juga pada dasarnya belum diketahui bisa berjalan dengan lancar atau tidak karena alat tersebut cukup murah hanya sekitar Rp 20.000. Walaupun begitu, anda bisa mencobanya karena tidak memiliki efek buruk pada komputer khususnya pada monitor PC.

mengatasi layar monitor hitam setelah Overlocking

Selain menggunakan cara tersebut diatas, anda juga bisa melakukannya dengan mereset settingan BIOS. Hal itu disebabkan karena masalah ini ada kaitannya dengan BIOS. Oleh karena itu, anda bisa menyettingnya kembali seperti semula. Caranya tidak terlalu sulit akan tetapi perlu berhati-hati karena anda perlu membongkar PC anda. Cabut semua aliran listrik dan kemudian lepas baterai cmos selama beberapa menit. Setelah itu, anda bisa memasangkannya kembali dan menjalankannya. Jika komputer anda sudah menyala berarti komputer sudah bisa berjalan seperti biasanya. Cara memperbaiki Layar layar monitor hitam setelah Overlocking ini sendiri akan sangat susah jika dilakukan oleh orang awam sehingga anda bisa membawanya ke tukang servis jika tidak begitu paham dengan masalah ini dan takut rusak.

Cara lain mengatasi Layar monitor hitam setelah Overlocking

Pada dasarnya, kerusakan yang terjadi pada layar ataupun hardware lainnya terjadi disebabkan karena bekerja lebih dari yang semestinya. Setiap hardware yang bekerja lebih dari semestinya tentu bisa mengalami kerusakan. Oleh karena itu, monitor blackscreen setelah overlocking adalah hal yang sewajarnya terjadi. Akan tetapi, jika hal tersebut sering terjadi juga tidak perlu panik dan khawatir terlebih dahulu karena bisa dilakukan dengan cara menekan F1 atau F2 atau Del (cara tersebut bisa berbeda tergantung pada merk motherboard). Setelah menekan tombol-tombol tersebut, kita bisa mengubah setting tersebut seperti semula atau AUTO.

Akan tetapi, jika anda bingung anda bisa pilih Load Setup Default lalu pilih save change dan exit. Jika anda sudah melakukan beberapa langkah tersebut, maka hasilnya biasanya akan ketahuan. Monitor yang hitam setelah overlocking biasanya akan kembali seperti semula. Dengan kata lain, apabila kejadian seperti terjadi, maka tidak perlu panik ataupun langsung dibawa ke tukang servis karena cara-cara seperti masuk ke Bios ataupun dengan menekan tombol F1/ F2/ Del bisa dilakukan dengan sangat mudah. Namun, walaupun begitu, tidak semua motherboard juga bisa dilakukan overlocking. Oleh karena itu, motherboard yang tidak mengijinkan overlocking tidak akan terjadi masalah blackscreen pada layar monitor.

Selain menjadi masalah blackscreen, overlocking juga ternyata bisa menimbulkan masalah lain. Masalah lain seperti tidak bisa booting pun kerap terjadi disebabkan karena overlocking. Hal itu disebabkan karena biasanya pengguna melakukan overlock melebihi kemampuan hardware. Oleh karena itu, cara ampuh untuk mengatasi Layar monitor hitam setelah Overlocking, hal yang paling ampuh adalah dengan cara menghindarinya. Caranya yaitu melakukan overlocking secara tidak berlebihan sehingga hardware tidak bekerja melebihi kapasitasnya. Demikian beberapa hal yang terkait dengan overlocking dan permasalahannya semoga bermanfaat, selamat mencoba!

Leave a Reply