Kelebihan dan Kekurangan HSDPA

Buat yang terbiasa dengan online pasti sudah tidak asing dengan istilah HSPDA, namun apakah sudah tahu maksud dan pengertian dari HSDPA itu sendiri ? dan apa kelebihan dan kekurangan HSDPA itu sendiri ? Secara singkat HSDPA merupakan kepanjangan dari High-Speed Downlink Packet Access yang merupakan sebuah protokol telepon genggam (HP) atau biasa dikenal sebagai jaringan 3,5G yang biasa dimiliki oleh operator seluler seperti provider operator GSM.

Sekilas mengenai sejarah HSDPA (High-Speed Downlink Packet Access) sendiri merupakan evolusi dari standar W-CDMA yang dirancang untuk meningkatkan kecepatan transfer data 5x lebih tinggi. HSDPA memdefinisikan sebuah saluran W-CDMa yang baru, yaitu high-speed downlink shared channel (HS-DSCH) yang cara operasinya berbeda dengan saluran W-CDMA yang ada sekarang. Hingga kini penggunaan teknologi HSDPA hanya pada komunikasi arah bawah menuju telepon genggam yang semakin banyak digunakan.

keunggulan dan kekurangan hsdpa

Kelebihan (Keunggulan) Jaringan HSDPA

  • Frekuensi yang dipakai oleh teknologi ini sudah dapat dimaksimalisasikan secara efisien dengan pemakaian bandwith (lebar pita) yang tepat.
  • Teknologi HSDPA dapat digunakan untuk banyak user secara bersama-sama. Tetapi jika semua user melakukan download file dengan kapasitas yang besar dari internet, akan berimbas pada aliran data, yaitu seluruh user akan mendapat koneksi yang lambat.
  • Mengurangi tertundanya pengunduhan atau download data (delay), walaupun dengan banyaknya pengguna dari koneksi HSDPA, unduhan data tidak akan tertunda, tetapi mungkin mengalami sedikit keterhambatan aliran data.

Kelemahan (Kekurangan) Jaringan HSDPA

  • Harga yang cukup mahal bila dibandingkan dengan jaringan seperti WiMAX.
  • Kecepatan download yang kurang stabil, khususnya di Indonesia

Kecepatan Download dari HSDPA

Kecepatan maksimum 14,4 Mbps dalam jarak kurang dari 1 km dari base station. Apabila sudah mencapai jarak lebih dari sama dengan 6 km, aliran data akan menurun kepada kecepatan hingga 1 Mbps.

Di lingkungan perumahan teknologi ini dapat melakukan unduh data hingga berkecepatan 3,7 Mbps.

Pada saat keadaan mobile bisa mengakses internet berkecepatan 1,2 Mbps.

Untuk di lingkungan perkantoran yang padat pengguna dapat menikmati streaming video dengan perkiraan kecepatan 300 Kbps.

Mungkin untuk daerah-daerah tertentu yang ada di Indonesia kecepatan akses jaringan HSDPA bisa lebih besar atau bahkan relatif lebih kecil.

Itu tadi beberapa kelebihan dan kekurangan dari jaringan HSDPA sekarang ini, hal ini wajar mengingat semua jenis jaringan mempunyai keunggulan dan kekurangan masing-masing.