Jangan Panik jika Kartu NPWP Hilang, Cara Mengurusnya

Pernahkah Anda merasakan kartu NPWP Hilang, lalu bagaimana cara mengurusnya ? Manusia adalah sumbernya lupa, mungkin itu bisa benar bisa pula salah. Akan tetapi kita tidak bisa memprediksi kapan musibah bisa terjadi. Mungkin secara tidak sengaja kita pernah meninggalkan dompet kita di suatu tempat. Entah karena alasan apa namun hal tersebut bisa berakibat fatal apabila hilang. Bukan hanya kerugian uang tapi berbagai kartu yang disimpan juga bisa hilang. Padahal kartu-kartu yang ada di dompet merupakan kartu-kartu penting. Salah satunya kartu NPWP.

Kartu NPWP biasanya kita dapatkan jika kita sudah terdaftar di KPP terdekat dengan lokasi alamat kita sesuai KTP. Kartu tersebut banyak sekali manfaatnya. Banyak instansi-instansi masa kini mensyaratkan kartu NPWP sebagai salah satu syarat melamar pekerjaan. Selain itu jika kita mau membuka rekening baru, pihak bank juga seringkali meminta nomor dan memperlihatkan kartu NPWP dan masih banyak fungsinya lagi. Lalu bagaimana jika kartu sakti tersebut hilang? Mari kita simak solusi jika NPWP hilang.

Cara mudah daftar SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

NPWP ada dua jenis, yaitu NPWP pribadi dan NPWP perusahaan. Untuk pengurusannya tidak jauh berbeda kok. ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan jika kartu NPWP hilang.

Solusi jika Kartu NPWP Hilang, Cara Mengurusnya

  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan dokumen penting.

Cara Mengurus Kartu NPWP Hilang Untuk NPWP pribadi antara lain:

  • Surat keterangan hilang dari kantor kepolisian terdekat.
  • KTP
  • Formulir cetak ulang NPWP

Untuk dokumen pelengkap lain, apabila KTP kita hilang bisa pula diganti dengan surat keterangan hilang KTP dari kantor kepolisian terdekat. Selain itu, kadangkala orang yang bersangkutan sangat sibuk dan tidak sempat mengurusnya, bisa pula diwakilkan oleh orang lain dengan melampirkan surat kuasa.

Cara mengurus NPWP perusahaan Jika Hilang

  • Surat keterangan hilang dari kantor kepolisian terdekat.
  • Foto copy NPWP dari direktur perusahaan.
  • Fotocopy akta perusahaan
  • Formulir cetak ulang NPWP

Dalam hal ini biasanya direktur perusahaan yang kehilangan tidak bisa mengurusnya sendiri. Apakah hal tersebut bisa diwakilkan? Tentu saja bisa, sama seperti mengurus kartu NPWP pribadi, orang yang mengurus hal tersebut harus membawa surat kuasa dari direktur yang bersangkutan.

  1. Setelah dokumen lengkap, silakan datang ke KPP terdekat. Di sana kita bisa meminta formulir cetak ulang NPWP. KPP yang dituju tidak harus KPP tempat kita mendaftarkan NPWP, boleh di KPP manapun asal membawa dokumen yang dibutuhkan. Hal ini sangat membantu jika kartu NPWP kita hilang di luar kota.

Selain langkah-langkah di atas masih ada lagi hal penting yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah pastikan jika kita sudah rutin melapor SPT tahunan baik manual ataupun e-filling. Jika tidak tentu saja hal tersebut dapat menghambat proses pengurusan kartu NPWP yang hilang. Jika ada boleh pula disertakan fotocopy kartu keluarga dan fotocopy kartu NPWP sebagai tambahan persyaratan dokumen. Jadi sebelum kejadian yang tidak diinginkan terjadi, surat-surat / kartu-kartu penting sebaiknya difoto copy.

Cara menghitung PPh 21 dan Penjelasan Tarifnya

Itu semua adalah langkah-langkah yang harus dilakukan jika kartu NPWP hilang. Jangan sampai kemalasan kita mengurus kartu penting NPWP menghambat urusan kita di bidang lain. Penjelasan di atas ini juga berlaku jika kartu NPWP kita rusak seperti terbakar, tergores atau patah. Keterangan lebih lanjut bisa hubungin call center di 021-500200.  Semoga artikel ini dapat membantu menjelaskan solusi jika kartu NPWP hilang.

Leave a Reply