Instalasi CMS Prestashop di Localhost



prestashop 150x150 Instalasi CMS Prestashop di LocalhostPrestashop merupakan CMS Ecommerce yang digunakan untuk membangun online store atau toko online, sama seperti CMS lainnya prestashop juga bisa kita install di localhost komputer kita dengan syarat Anda sudah mempunyai web server lokal seperti Wampp ataupun Xampp.
Dengan menginstall prestashop di komputer lokal setidaknya bisa dijadikan uji coba atau belajar terlebih dahulu mengenai prestashop sebelum akhirnya membuat toko online/online store yang sebenarnya di internet.
Untuk menginstall prestashop dilocalhost berikut langkah-langkahnya :
  • Langkah pertama silahkan Start/aktifkan webserver Wampp/Xampp anda, kemudian download aplikasi prestashop di http://prestashop.com jika seudah didownload extract folder prestashopnya dan copykan ke : wampp\www\webprestashop jika menggunakan Wampp atau xampp\htdocs\webprestashop jika menggunakan Xampp. disini saya contohkan menggunakan nama webprestashop anda bisa mengubahnya sendiri.
 Instalasi CMS Prestashop di Localhost
  • Kemudian panggil melalui browser anda dengan mengetikkan http://localhost/webprestashop/install/ kemudian pilih bahasa, centang pada pilihan I agree to the above terms and conditions klik tombol Next
 Instalasi CMS Prestashop di Localhost
  • Kemudian akan muncul System Compatible info, pilih tombol Next untuk melanjutkan maka akan muncul tampilan baru tentang konfigurasi database dan email configurations. kemudian klik tombol Next untuk melanjutkan. Yang perlu di catat adalah pada pilihan database name = database anda, jika anda belum tau cara membuat database bisa lihat artikel saya sebelumnya disini.
 Instalasi CMS Prestashop di Localhost
  • Pada pilihan shop configurations, masukkan shop name, main actifity, country, logo, first name, email, pasword=min 8 huruf sesuai dengan keinginan anda dan kalau sudah klik tombol Next
 Instalasi CMS Prestashop di Localhost
 Instalasi CMS Prestashop di Localhost
  • Proses instalasi selesai, sekarang bisa anda cek front office web di alamat http://localhost/webprestashop(web anda) dan back office web di http://localhost/webprestashop/admin/ Tapi sebelumnya silahkan rename dulu folder install yang ada di Wampp\www\webprestashop(web anda)



Tags:

Rate this article!

author

Author: 

Hanyalah seorang pemuda yang hoby dengan dunia blogging, penulis seorang blogger newbea yang ingin berbagi tulisan tentang komputer, teknologi, gadget, internet dan sesuatu hal yang penulis tahu melalui blog ini. Jika ingin bertukar pikiran, share, atau ingin mengenal lebih dekat mengenai saya bisa menghubungi melalui twitter ataupun facebook.