Inilah Fungsi dan Cara Masuk Safe Mode Pada Windows 7 dan 10

Sebagian dari kita yang menggunakan komputer tentu sudah tidak asing lagi dengan namanya Safe Mode. Safe Mode ini merupakan fitur yang tersedia dalam sistem operasi windows. Dengan demikian maka mengetahui fungsi dan cara masuk safe mode windows 7 dan 10 merupakan salah satu informasi yang harus diketahui. Safe Mode ini merupakan fitur yang disediakan dengan beberapa tujuan tertentu. Adapun tujuannya antara lain memeriksa serta memperbaiki kerusakan yang ada pada sistem operasi windows,melakukan penghapusan virus serta memeriksa kerusakan driver dan beberapa kerusakan lainnya. Lalu bagaimana cara mengaktifkan safe mode pada windows?

Sebelum membahas lebih lanjut terkait fungsi dan cara masuk dalam safe mode windows 7 dan 10 pada windows langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui apa itu safe mode. Safe mode adalah salah satu opsi atau pilihan start up windows yang memiliki fungsi utama untuk menangani masalah pada bagian sistem. Ketika menggunakan safe mode maka windows akan berjalan dengan kondisi yang lebih kecil hanya file-file serta driver penting saja yang akan diaktifkan. Selain itu software-software tambahan juga tidak diaktifkan. Ketika menggunakan safe mode ini akan nampak tulisan “safe mode” pada bagian atas windows.

Cara Masuk ke Safe Mode di Windows 7 dan Windows 10

Cara masuk safe mode di win 7 dan win 10 yang bisa digunakan untuk bisa masuk ke dalam menu ini di semua windows baik itu windows 7 maupun windows 10 adalah dengan menekan tombol F8 saat windows sedang menjalankan booting atau saat komputer akan menyala serta tampil informasi mengenai memory atau hardware. tekan tombol F8 pada keyboard ketika komputer sedang booting. maka akan ada beberapa pilihan booting. Berikut penjelasan mengenai Advande Options Menu.

fungsi dan cara masuk safe mode windows 7 dan 10

  1. Safe Mode, yaitu pilihan dimana windows akan bisa berjalan ketika menggunakan setidaknya file serta driver dan juga software-software di dalamnya.
  2. Safe Mode with Networking, yaitu sebuah pilihan dimana safe mode ini ditambah dengan driver sehingga kita dapat memanfaatkan jaringan atau Networking yang tersedia.
  3. Safe Mode with Command Prompt, fitur ini sama dengan safe mode hanya saja pada program Command Prompt /MS-DOS Prompt ini akan langsung aktif dengan otomatis.
  4. Enable Boot Loging, yaitu sebuah pilihan dimana windows akan membuat file Ntbtlog.txt, yaitu sebuah file saat start up serta beberapa informasi start up akan disimpan dalam satu file tersebut. File jenis ini akan disimpan dalam sistem root, misalnya pada drive C.
  5. Enable VGA Mode, yaitu windows akan berjalan menggunakan tampilan mode minimal misalnya nih 640 x 480 atau bisa juga 800 x 600. Yang mana biasa digunakan guna memerika kerusakan atau driver yang error.
  6. Last Known Good Configuration, yaitu windows akan menggunakan beberapa informasi registry tang sudah disimpan saat terakhir melakukan shutdown. Fitur ini bisa digunakan saat salah mengubah konfigurasi sistem atau saat windows gagal masuk dalam tampilan utama.

Manfaat Menggunakan Safe Mode

  1. Bisa menginstal software yang dapat menyebabkan komputer menjadi hang atau error serta beberapa permasalahan lainnya. Hal ini dikarenakan bisa jadi setelah Windows di instal beberapa program tertentu menjadi bermasalah. Ketika tidak bisa di uninstal maka bisa memilih menggunakan safe mode.
  2. Mematikan aplikasi atau program tertentu. Guna memudahkan langkah ini maka setelah masuk dalam Safe Mode silahkan gunakan aplikasi Autoruns yang dapat kalian peroleh dengan gratis. Langkah ini dapat dimanfaatkan guna memeriksa loading komputer yang lambat. Jika tidak ada menu Autoruns maka bisa menulis MSCONFIG pada menu RUN guna menjalankan sistem configuration utility. Ketika sudah tampil maka dapat dipilih di menu tab.
  3. Melakukan pemeriksa pada grafik windows atau VGA. Saat tampilan windows bermasalah maka bisa di cek dengan cara memilih “Enable VGA Mode” ketika berhasil serta tidak ada masalah yang terlihat maka kemungkinan besar terdapat masalah pada driver VGAnya.
  4. Melakukan penghapusan file atau virus yang tidak bisa dihapus dengan menggunakan mode biasa serta sudah di scan akan tetapi masih juga belum terhapus dengan demikian maka silahkan dihapus melalui safe mode.

Demikian uraian seputar fungsi dan cara masuk safe mode di windows 7 dan 10. Semoga uraian ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply