Info SNMPTN 2013 (Pendaftaran, Pengumuman SNMPTN)



Untuk Info SNMPTN 2013 (Pendaftaran, Pengumuman SNMPTN 2013) atau kepanjangan Seleksi Nasional Perguruan Tinggi yang dilaksanakan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yang diikuti oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem yang terpadu. dimaan Biaya pelaksanaan SNMPTN 2013 ditanggung oleh Pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.

Sejalan dengan program Pemerintah tentang Bidikmisi, peserta dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan mempunyai prestasi akademik tinggi dapat mengikuti seleksi melalui SNMPTN dan jika diterima di PTN “Perguruan Tinggi Negeri” akan mendapatkan beasiswa selama masa studi normal.

Informasi ini menyajikan ketentuan umum SNMPTN 2013 yang diikuti 61 Perguruan Tinggi Negeri yang tersebar di seluruh Indonesia. Informasi yang disajikan meliputi persyaratan pendaftaran, pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS), cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan pemilihan Program Studi. Informasi ini diterbitkan untuk dipelajari secara seksama oleh calon peserta SNMPTN 2013.

pengumuman snmptn 2013 450x255 Info SNMPTN 2013 (Pendaftaran, Pengumuman SNMPTN)

Persyaratan Siswa Pelamar SNMPTN

Siswa SMA/SMK/MA/MAK kelas terakhir yang mengikuti UN pada tahun 2013.
Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar pada PDSS.
Memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah.
Memiliki prestasi akademik di sekolah pada semua semester.

Prosedur Pendaftaran SNMPTN

  • Siswa Pelamar, menggunakan NISN dan password, yang diberikan oleh Kepala Sekolah pada waktu verifikasi data di PDSS, login ke laman SNMPTN http://www.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.
  • Siswa Pelamar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan. Siswa pelamar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih.
  • Kepala Sekolah harus memberi rekomendasi kepada siswa yang sudah mendaftar SNMPTN.
  • Pelamar program studi keolahragaan dan seni harus mengunggah portofolio atau dokumen bukti keterampilan yang diisi oleh Kepala Sekolah dan/atau siswa menggunakan pedoman yang dapat diunduh pada laman http://www.snmptn.ac.id
  • Siswa pelamar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Program Studi dan Jumlah Pilihan dalam SNMPTN

  • Setiap siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) PTN yang diminati. Apabila memilih satu PTN, maka PTN yang dipilih dapat berada di provinsi mana pun. Apabila memilih lebih dari satu PTN, maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan SMA asalnya, atau dari provinsi terdekat bila belum terdapat PTN pada provinsi asalnya.
  • Siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) program studi yang diminati pada masing-masing PTN.
  • Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  • Daftar program studi dan daya tampung SNMPTN tahun 2013

Jadwal SNMPTN 2013

Pengisian PDSS : 17 Desember 2012 – 8 Februari 2013 dan selanjutnya diisikan secara berkala setiap akhir semester

Pendaftaran : 1 Februari – 8 Maret 2013

Proses Seleksi : 9 Maret – 27 Mei 2013

Pengumuman Hasil Seleksi : 28 Mei 2013

Pendaftaran Ulang (bagi yang lulus seleksi) : 18-19 Juni 2013

Demikian mengenai info seputar SNMPTN 2013, untuk info lebih lengkap mengenai pengumuman SNMPTN online bisa diakses melalui website resmi www.snmptn.ac.id atau call center 08041450450 dan juga Informasi dapat diperoleh dari humas Perguruan Tinggi Negeri terdekat.



Tags:
author

Author: 

Hanyalah seorang pemuda yang hoby dengan dunia blogging, penulis seorang blogger newbea yang ingin berbagi tulisan tentang komputer, teknologi, gadget, internet dan sesuatu hal yang penulis tahu melalui blog ini. Jika ingin bertukar pikiran, share, atau ingin mengenal lebih dekat mengenai saya bisa menghubungi melalui twitter ataupun facebook.