Domain dan Hosting (Pengertian dan Istilah didalamnya)


Bagi sebagian orang yang baru belajar internet belum mengetahui apa itu domain dan hosting, ntah itu pengertian domain itu sendiri ataupun pengertian hosting itu sendiri dan beserta istilah-istilah yang ada dalam domain maupun hosting. Saya yakin bagi sebagian besar sobat ilmuonline sudah tahu mengenai domain dan hosting itu sendiri, namum saya merasa perlu membuat artikel ini setelah di tanyai temen-temen saya mengenai domain dan hosting, jadi saya pikir perlu untuk membuatkan artikel ini agar temen-temen yang belum tahu tentang hosting dan domain bisa mengerti.

Daftar Domain dan Pengertian Domain

Pengertian Domain itu sendiri merupakan nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.

Adapun Fungsi Domain adalah untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address.

Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambaran mengenai domain berikut

pengertian domain Domain dan Hosting (Pengertian dan Istilah didalamnya)

Adapun domain itu sendiri mempunyai banyak nama nama domain yang bisa digunakan, tentunya di sesuaikan dengan kegunaan masing-masing.

  1. .Com : biasanya di gunakan untuk kepentingan komersial atau perusahaan dan umum. domain ini sering digunakan oleh semua orang di dunia, termasuk para blogger.
  2. .Net : biasanya di gunakan untuk kepentingan network infrastruktur dan seputar komputer. Namun tidak menutup kemungkinan di pakai untuk keperluan lain seperti blog, jualan, dan sebagainya. tergantung si pengguna/user
  3. .Org : biasanya di gunakan untuk kepentingan forum/organisasi. tapi tidak menutup kemungkinan di gunakan untuk keperluan lain
  4.  .Info : biasanya di gunakan untuk kepentingan informasional website.
  5.  .Name : biasanya digunakan untuk kepentingan keluarga atau personal. jarang dipakai
  6.  .Edu : biasanya digunakan untuk kepentingan website pendidikan, terbatas hanya utk pendidikan.
  7.  .Mil : biasanya di gunakan untuk kepentingan website angkata bersenjata amerika, terbatas hanya untuk Militer Pemerintahan.
  8.  .biz : biasanya di gunakan untuk kepentingan Bisnis. toko online, affiliate, dan bisnis lainnya.
  9.  .travel : biasanya di gunakan untuk Bisnis Pariwisata / travelling.
  10.  .tv : biasanya di gunakan untuk Entertainment seperti Televisi, Radio, majalah.

Mengenai domain negara khususnya Indonesia mempunyai ektensi TLD (Top Level Domain) sendiri, misalnya seperti :

  1. .in : biasanya digunakan untuk domain indonesia “umum”
  2. .sch.id : biasanya untuk Sekolah “selain universitas”
  3. .net.id : biasanya digunakan untuk Internet Provider
  4. .web.id : biasanya digunakan untuk umum, tapi lebih condong ke blogging atau website
  5. .or.id : biasanya untuk Organisasi
  6. .co.id : biasanya untuk Komersial/perusahaan
  7. .go.id : biasanya untuk Pemerintahan
  8. .ac.id : biasanya untuk Pendidikan Tinggi (universitas)

Pengertian Hosting dan Kegunaan Hosting

Berdasarkan info yang saya dapatkan pengertian Hosting adalah layanan internet yang menyediakan jasa penyewaan server yang didalamnya sudah di instalkan services-services umum seperti http, email, FTP, addon domain, dan layanan sejenis yang masih ada kaitannya dengan website.

Mengenai kegunaan hosting itu sendiri banyak, yang salah satunya merupakan tempat penyimpanan website anda agar website anda selalu online 24 jam. Oleh karena itu, web hosting biasanya dilengkapi dengan software pendukung seperti Apache, PHP, CGI, Perl dan lainnya.

Jadi pengertian dan kegunaan hosting secara sederhana ialah media untuk menyimpan file dan data yang ada di website kita, layaknya sebuah hardisk bagi website kita. dengan begitu domain kita butuhkan untuk alamat unik website/blog, sedangkan hosting kita butuhkan untuk media penyimpanan data blog/website.

Dan mungkin penjelasan terakhir seputar hosting dan domain ialah tempat untuk order atau membeli domain dan hosting yang murah dan bagus dimana ? mungkin itu pertanyaan selanjutnya yang mungkin akan sobat ajukan. Untuk mendapatkan domain dan hosting sobat bisa membelinya langsung dari web hosting yang sobat percaya (maaf ndak bisa nyebutin) atau bisa juga membeli domain dan hosting secara terpisah. misalnya beli domainnya di godaddy, atau namecheap terus kemudian hostingnya di penyedia hosting lain yang sobat percaya.

Tags:
author

Author: 

Hanyalah seorang pemuda yang hoby dengan dunia blogging, penulis seorang blogger newbea yang ingin berbagi tulisan tentang komputer, teknologi, gadget, internet dan sesuatu hal yang penulis tahu melalui blog ini. Jika ingin bertukar pikiran, share, atau ingin mengenal lebih dekat mengenai saya bisa menghubungi melalui twitter ataupun facebook.

3 Responses

  1. Web Hosting Gratis Indonesia dan Hosting Luar Negeri SelamanyaJune 10, 2013 at 4:21 amReply

    [...] gratis ini. bagi yang belum paham apa itu hosting sudah saya jelaskan di postingan sebelumnya tentang hosting dan domain, tapi perlu di ingat juga jika sobat ingin serius dalam dunia internet marketting dan blogging saya [...]

  2. Tips Memilih Hosting Terbaik IndonesiaJune 20, 2013 at 5:22 pmReply

    [...] makanya disini kita perlu memilih hosting yang bagus dengan harapan hal-hal yang tidak kita inginkan tidak terjadi nantinya, lalu apa saja tips-tips [...]

  3. Web Hosting Gratis Indonesia dan Hosting Luar Negeri Selamanya #ISnote - vNotekuJuly 5, 2013 at 11:52 pmReply

    [...] gratis ini. bagi yang belum paham apa itu hosting sudah saya jelaskan di postingan sebelumnya tentang hosting dan domain, tapi perlu di ingat juga jika sobat ingin serius dalam dunia internet marketting dan blogging saya [...]

Leave a Reply