Cara Print Bolak Balik Di Ms Word

Kali ini saya akan sharing tentang sesuatu yang sangat berguna bagi kamu & bumi kita nih. Hehe. topik kali ini adalah cara print bolak balik di Ms Word, baik itu microsoft word 2007, 2010, maupun word 2016. Kok bisa berguna bagi bumi juga sih? Iya dong.. karena salah satu tujuan print bolak balik adalah untuk mengurangi jumlah kertas yang dipakai. Otomatis kamu menjadi salah satu orang yang berupaya untuk menyelamatkan bumi dari pemakaian kertas yang terbuat dari kayu. Sambil menyelam makan ikan nih sob.. hehe

Back to the topic gaes.. Selain hemat, mungkin dengan print bolak-balik akan membuat kertas yang dipakai menjadi lebih optimal karena kita menggunakan semua sisi kertas. Biasanya cara ini digunakan untuk mengeprint buku, diktat atau mungkin materi kuliah yang sangat banyak, sehingga kamu lebih memilih untuk mengeprint dokumen secara bolak balik sehingga materi tidak terasa sangat tebal. Atau untuk kamu yang sedang ingin ngirit karena uang saku pas-pasan sebagai anak kos, bahkan dibela-belain puasa senin kamis karena uang cepat habis untuk ngeprint doang. Mungkin dengan print bolak balik bisa jadi solusi buat kamu nih sob.

Caranya pun sangat gampang, namun banyak yang masih tidak mengerti tentang cara print bolak balik di word ini. Pada umunya setiap printer memiliki fitur untuk print bolak balik, yang perlu kita lakukan hanyalah mengubah peraturan printernya saja. Untuk lebih jelasnya, yuk ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Cara Print Bolak Balik Di Ms Word

Pastikan kamu sudah memiliki file yang akan di print dalam bentuk Ms Word ya. Pada contoh kali ini, jenis printer yang saya gunakan adalah Canon iP700 series. Silahkan menyesuaikan saja jika jenis printernya berbeda. Namun pada prinsipnya ndak beda jauh kok

LANGKAH PERTAMA

Buka terlebih dahulu dokumen yang akan di print dan pastikan PC kamu sudah tersambung dengan printer ya sob.

LANGKAH KEDUA

Ketik CTRL+P atau pilih menu “File” dan klik pada pilihan print seperti gambar dibawah ini. kemudian klik pada pilihan “Properties”

LANGKAH KETIGA

Selanjutnya akan muncul dialog seperti gambar dibawah ini. Yang perlu kita lakukan adalah dengan memberi tanda centang pada pilihan “Percetakan Dupleks” atau “Duplex Printing”. Jangan lupa untuk atur ukuran kertas yang akan kita gunakan sesuai dengan dokumen yang kita buat. Lalu klik “OK”.

LANGKAH KEEMPAT

Kemudian proses printing akan berjalan. Halaman yang tercetak adalah halaman ganjil (1, 3, 5 dst). Setelah semua halaman ganjil tercetak, akan muncul dialog seperti gambar dibawah ini. ikuti petunjuk yang ada pada gambar untuk proses print selanjutnya yaitu halaman genap (2, 4, 6 dst). Sebelum di print kembali, pastikan dulu tidak ada kertas kosong yang terselip diantara kertas hasil print halaman ganjil tadi. Hal ini biasanya terjadi pada printer yang sudah lama dipakai. Kemudian klik kembali “Start Print”

Nah begitulah cara print bolak balik di Ms Word. Mudah bukan? Mungkin jika jenis printer yang kamu pakai berbeda, pengaturannya juga terdapat sedikit perbedaan. Namun pada dasarnya sama saja. Lumayan loh bisa hemat dan kamu bisa menyisihkan sebagian uang saku kamu untuk ditabung atau memenuhi kebutuhan perut.

Itulah tadi artikel tentang cara print bolak balik di Ms Word. Jangan lupa share artikel  cara print bolak balik di Ms Word diatas melalui akun sosial media kamu untuk berbagi dengan teman-teman kamu diluar sana sob. Semoga bermanfaat dan dukung terus upaya selamatkan bumi kita. Terima kasih.

Leave a Reply