Cara Pindah Hosting

Setelah kemaren sempet off 1 hari Alhammdulillah akhirnya hari ini sudah normal lagi, karena kemaren pindah hosting jadi saya pribadi minta maaf klo sobat ilmuonline.net kemaren tidak bisa mengakses weblog ini. Berhubung kemaren sempet ada trouble hosting jadi sebagai pengingat saya atau mungkin sebagai referensi buat sobat yang ingin pindahan website ke hosting baru, terutama yang menggunakan cms wordpress bisa menyimak penjelasan saya dalam post ini.

Cara Pindah Hosting

Untuk cara memindahkan website dari hosting lama ke hosting baru berikut detail prosedurnya :

di Hosting Lama

- Sobat login ke cPanel (control panel) web hosting lama, kemudian masuk ke halaman File Manager dengan memilih File Manager, masuk ke directory penyimpanan websitenya misal letaknya di html_public/namadomain.com

cpanel hosting 343x450 Cara Pindah Hosting

- Compress pada bagian wp-content dengan memilih menu Compress disisi kanan atas kemudian pada format .zip (wp-content.zip) click menu download untuk menyimpannya ke dalam pc

pindah hosting 450x341 Cara Pindah Hosting

- Selanjutnya kembali ke halam utama cPanel, dan pilih PhpMyAdmin click database websitenya kemudian backup, caranya dengan memilih menu Export

di register domain

Bila sobat registrasi domainnya dulu di hosting lama berarti masuk ke client area, pada bagian management domain ganti NS nameserver hosting ke nameserver hosting yang baru, tapi kalau misal reg di godaddy/namecheap berarti tinggal masuk ke account godaddy/namcheap.

misal ; sobat mbikinnya di ns1.hostinglama.com dan ns2.hostinglama.com di ganti ns hsoting baru.

di hosting baru

- Tambahkan nama domain di bagian addon domains pada cPanel hosting baru

- Install website dengan cms wordpress baru seperti biasa, jika sudah upload dan ganti wp-content yang tadi di download, ke directory hosting yang baru (bisa menggunakan Filezilla ataupun langsung upload dari direktory cPanel >> file manager)

- Setelah wp-content di ganti dengan wp-content web lama, selanjutnya adalah memasukkan database yang tadi di backup, caranya pada cPanel sobat pilih menu PhpMyAdmin, pilih database yang tadi barusan di install checklist semua table yang ada didalamnya kemudian hapus/drop. Jika sudah ke hapus semua tabel yang ada di database baru, klik menu Import dan masukkan database lama yang tadi sudah di backup (.sql)

- Jika sudah mengganti bagian wp-config dan database maka insyaAllah akan normal kembali, baik itu kontent maupun pengaturan sebelumnya.

 

Note : pada saat install wordpress yang baru pastikan name table prefix harus sama dengan nam table prefix yang lama (misal yang lama wp90_, berarti pas install yg baru juga sama wp90_), jika sudah terlanjur install serta mengganti wp-content dan database yang lama, maka sobat masuk ke wp-config.php ganti/sesuaikan name table prefixnya.

Tags:

Rate this article!

Cara Pindah Hosting,0 / 5 ( 0votes )
author

Author: 

Hanyalah seorang pemuda yang hoby dengan dunia blogging, penulis seorang blogger newbea yang ingin berbagi tulisan tentang komputer, teknologi, gadget, internet dan sesuatu hal yang penulis tahu melalui blog ini. Jika ingin bertukar pikiran, share, atau ingin mengenal lebih dekat mengenai saya bisa menghubungi melalui twitter ataupun facebook.

5 Responses

  1. Domain dan Hosting (Pengertian dan Istilah didalamnya) at 3:21 pmReply

    [...] kegunaan hosting itu sendiri banyak, yang salah satunya merupakan tempat penyimpanan website anda agar website anda [...]

  2. author

    alexa id at 3:19 amReply

    salam kenal gan..

  3. author

    sedot kak at 6:38 pmReply

    Wah terima kasih gan :D , Kebeneran ni mau pindah hosting baru . Salam sukses dan salam kenal , Thanks Banget!!

  4. author

    Lowongan Kerja Terbaru at 12:29 amReply

    terima kasih mas. akhirnya bisa juga pindahin sendiri ^_^

Leave a Reply