Cara Perpanjang SIM Online

Cara perpanjang SIM online ~ SIM atau surat izin mengemudi adalah salah satu syarat untuk dapat membawa kendaraan di jalan raya. Tanpa SIM maka anda akan mendapatkan masalah ketika ada razia di jalan raya. Selain itu SIM juga sebagai tolak ukur seseorang apakah sudah layak mengemudiakan kendaraan tertentu untuk meminimalisir kecelakaan di jalan raya. Setiap negara sudah tentu memiliki SIM masing-masing dan sistem pembuatan SIM dari masing-masing negara memiliki perbedaan dari satu hari sudah jadi seperti di korea maupun harus bolak-balik untuk mendapatkan SIM seperti di Indonesia.

Pada pembuatan SIM saat ini bukan hanya dapat dilakukan secara offline atau datang langsung ke kantor Samsat melainkan bisa dengan cara online. Anda juga bisa memperpanjang SIM anda secara online sehingga anda yang sudah punya jaringan internet bisa melakukannya dirumah. Anda juga tidak akan membuang-buang waktu dijalan karena lebih cepat dan mudah.

Cara perpanjang SIM online

Walaupun berbasis online bukan berarti anda tidak perlu lagi datang untuk memperpanjang SIM anda. Anda bisa perpanjang SIM online hanya untuk mempermudah mencocokkan data anda ketika anda berada di luar wilayah anda untuk melakukan kepentingan tertentu. Semua prosedur dan proses yang harus anda lakukan tetap sebagaimana mestinya perpanjang SIM pada umumnya. Akan tetap permohonan tidak perlu mendatangi tempat pembuatan sim yang anda miliki.

Baca juga artikel menarik lainnya :

  1. Cara daftar DJP Online
  2. Cara lapor pajak online tahunan disertai gambar
  3. Solusi lupa password DJP Online, Lupa Efin DJP online, dan masalah lainnya

Sebelum anda melakukan perpanjangan SIM secara reguler maupun perpanjangan SIM online anda harus pastikan melengkapi syarat yang dibutuhkan. Jadi anda harus cek terlebih dahulu syarat-syaratnya sebelum mengunjungi kantor Samsat terdekat.

Cara Perpanjang SIM Online

Ketentuan Khusus

Cara perpanjang SIM online hanya bisa dilakukan untuk anda yang ingin perpanjang SIM saja akan tetapi tidak berlaku untuk anda yang baru membuat SIM pertama kalinya dan tetap harus dilakukan di tempat domisili anda masing-masing dan harus sesuai dengan KTP. Perpanjang SIM Online hanya bisa anda lakukan untuk anda yang ingin perpanjang SIM motor (C) dan juga SIM mobil (A) saja, selain itu tidak bisa.

Prosedur Yang Akan Dilalui

Dalam melakukan Perpanjang SIM Online tetap mengikut prosedur sebagaimana mestinya perpanjangan SIM pada umumnya. Anda bisa mendatangi kantor Samsat terdekat atau menggunakan layanan SIM keliling dan melakukan perpanjangan SIM seperti biasanya. Jadwal untuk perpanjangan SIM sangat berpengaruh terhadap jumlah permohonan, oleh sebab itu anda bisa datang lebih awal.

Perpanjangan SIM online juga membutuhkan syarat sama seperti perpanjangan SIM biasa. Berikut ini syarat yang perlu anda lengkapi.

  1. Menyediakan kartu tanda penduduk (KTP) asli bagi warga negera Indonesia dan Kitas atau dokumen keimigrasian bagi anda warga negara asing.
  2. Menyediakan SIM lama yang masa aktifnya sudah habis.
  3. Menyediakan surat keterangan lulus ujian keterampilan simuator.
  4. Menyediakan surat keterangan kesehatan mata.
  5. Formulir pengajuan yang sudah diisi dengan benar dan lengkap.

Biaya Perpanjang SIM Online

Bukan hanya perpanjangan SIM dengan cara reguler saja yang akan dikenakan biaya, perpanjangan SIM dengan cara Online juga dikenakan biaya. Berikut ini beberapa besaran biaya untuk memperpanjang SIM dengan cara online.

  1. Perpanjangan SIM mobil (A) akan dikenakan biaya kurang lebih Rp. 80.000.
  2. Perpanjangan SIM motor (C) akan dikenakan biaya kurang lebih Rp. 75.000.
  3. Biaya asuransi kecelakaan kurang lebih sebesar Rp. 30.000 (tidak harus / bisa ikut atau tidak).
  4. Biaya tes kesehatan kurang lebih sebesar Rp. 25.000, tergantung wilayah anda masing-masing.

Ketahui Prosedur dan Syarat Yang Dibutuhkan

Untuk sebagian orang memperpanjang SIM adalah pekerjaan yang merepotkan dan membutuhkan biaya dan waktu yang cukup lama. Akan tetapi dengan adanya layanan SIM keliling dan perpanjangan SIM online dapat dilakukan dengan mudah asalkan anda juga sudah mengetahui prosedur dan syarat yang dibutuhkan untuk memperpanjang SIM. Syarat yang harus anda penuhi tidak boleh diremehkan karena dapat berdampak terhadap perpanjangan SIM dimana anda harus bolak-balik untuk melengkapi syarat yang sudah ditentukan. Oleh sebab itu, sebelum anda pergi ke kantor Samsat terdekat anda harus pastikan bahwa syarat yang dibutuhkan untuk perpajang SIM sudah lengkap dan siap dibawa.

Semoga penjelasan diatas bisa anda pahami dan mempermudah anda dalam memahami cara perpajang SIM online karena SIM sangatlah penting sebagai bukti bawah anda layak untuk mengemudikan motor atau mobil di jalan raya.