Cara Mudah Mengecek Status Domain (Who Is)

Adakalanya kita pengen mengetahui status domain dari suatu website, terlebih jika rekan ingin membelinya dalam suatu situs lelang jual beli website. misal seperti ads-id (banyakan situs lokal/indo) ataupun di flippa (situs jual beli website internasional), dengan mengecek status Who Is domainnya kita bisa mengetahui gambaran beberapa hal yang ada kaitannya dengan domain dan website yang bersangkutan.

Berikut beberapa tools yang mungkin bisa sobat jadikan acuan untuk mengecek status (who is) domain diantaranya :

1) http://www.cekpr.com/whois/

2) http://centralops.net/co/DomainDossier.aspx

mengecek domain

Dari tools diatas sobat biasanya akan mendapatkan informasi mengenai :

  • Informasi Server Hosting domain, termasuk nameserver yang digunakan
  • Masa aktivasi domain
  • Masa expired (berakhir) domain
  • Usia domain /website
  • Informasi Pemilik domain

Selain itu dengan tools di cekpr.com juga bisa mengetahui popularitas SEO suatu website/blog serta pagerank website tersebut, hal ini tentunya akan bermanfaat jika sobat sebagai calon pembeli website untuk mengetahuinya.

Namun perlu diketahui & inget juga, tidak semua domain ataupun website terdapat informasi seperti diatas, karena tergantung dari si pemilik websitenya “karena who is merupakan hak privacy, yang mungkin perlu di lindungi juga, namun untuk mendapatkan hak privacy domain /website biasanya di kenakan biaya tambahan dari jasa penyedia domainnya”

Meskipun begitu saya berharap dengan mengetahui hal ini, sobat bisa memanfaatkannya dengan hal positif, yang tidak merugikan pemilik situs /website.

2 Comments

Leave a Reply