Cara Mudah Mempercepat Loading Website

Untuk mengoptimalkan website sobat bisa melakukannya dengan berbagai cara, ┬ásalah satunya dengan mempercepat loading website. dengan cara ini pengujung akan merasa lebih nyaman karena blog sobat mudah di akses. wordpress mempunyai segudang plugin yang bisa mengoptimalkan website sobat, jadi tidak heran jika banyak blogger yang menggunakan wordrpess dalam membangun blog ataupun websitenya “termasuk saya”.

Naah dalam artikel kali ini saya akan mencoba share cara mudah mempercepat loading website terutama buat sobat pengguna wordpress. Ada banyak hal yang dapat mempengaruhi kecepatan loading blog atau website sobat seperti ; terlalu banyak plugin yang terpasang, menyewa hosting yang kurang tepat yang mempunyai banyak masalah dan server sering down, terlalu banyak file javascript di blog sobat, terlalu banyak iklan yang bertebaran di blog, template blog dan masih banyak lagi masalah yang bisa membuat blog maupun website sobat susah di akses “loadingnya terlalu lama”.

mempercepat loading website

Maka dari itu saya mencoba menjelaskan buat sobat blogger khususnya yang newbea “pemula” (klo yang udah master mah pasti udah tau :D) kiat cara mudah untuk mempercepat loading website perlu sobat perhatikan beberapa hal yang bisa sobat terapkan seperti berikut ini :

1) Gunakan Plugin secukupnya

Dengan menggunakan plugin secukupnya dalam artian hapus beberapa plugin yang tidak begitu penting buat blog/website, dengan menghapus beberapa plugin itu bisa meringankan kinerja website pada saat loading. hal ini perlu dilakukan karena sebagian besar plugin menggunakan javascript dan css, yang notabenenya bisa memberatkan loading website kita.

2) Optimasi dengan Cache Plugin WordPress

Fungsi utama dari pada cache ini adalah ketika ada pengunjung website membuka halaman blog,  maka server akan memproses file wordpress supaya menjadi file html lalu kemudian di kirim ke browser pengunjung. dalam proses tersebut plugin cache ini akan menyimpan file html yang telah di proses oleh server tadi, maka ketika ada pengunjung yang datang pada halaman yang sama yang akan dikirim ke pengunjung adalah file html yang berada dalam cache ,sehingga server tidak perlu membuat html lagi. sehingga semakin dikit beban server yang di perlukan yang berdampak semakin cepat loading blog kita.

Ada beberapa opsi pilihan yang bisa sobat pergunakan, ingat pilihan lho ya, jadi cukup pilih salah satu aja “penjelasan pertama”. di antara cache buat mempercepat kinerja blog antara lain seperti ; W3 Total Chace, WP super cache, Cache images, Cos HTML Cache, Hyper cache.

3) Percayakan website sobat di jasa hosting yang mumpuni

Hal ini juga saya rasa penting juga, karena jika sobat sampe salah memilih hosting akan berakibat fatal buat kedepannya. usahakan cari referensi dulu dari rekan blogger lain sebelum memesan hosting dan jangan mudah percaya dengan hosting yang menawarkan harga di bawah standart hosting. ingat pepatah jawa “ono rego ono rupo”.

Mungkin itu dulu yang bisa saya jelaskan untuk mempercepat loading website, dan saya sadar blog ilmuonline.net ini sendiri mungkin juga ndak terlalu cepat loadingnya karena memang ada beberapa faktor yang mungkin tidak bisa saya jelaskan disini. Jadi intinya setidaknya sobat tahu cara untuk mempercepat loading website maupun blog, meskipun mungkin impact nya kurang maksimal.

7 Comments

  1. Fahmi 12/05/2013 Reply
    • IlmuOnline 27/08/2013 Reply
  2. jejen 09/09/2014 Reply

Leave a Reply