Cara Merubah Kuota 4G ke 3G Telkomsel

Jaringan 4G merupakan jaringan internet cepat yang memungkinkan kita mengakses internet tanpa hambatan baik itu untuk browsing, main game, download bahkan streaming. Selain anti lemot, jaringan 4G juga dikenal sebagai jaringan dengan harga yang cukup terjangkau karena saking banyaknya operator seluler yang menawarkan paket jaringan 4G. Belum lagi kini makin banyak smartphone yang sudah mendukung jaringan 4G.

Sebelum jaringan 4G ini booming, mungkn kita mengenal jaringan 3G terlebih dahulu. Bisa dibilang jaringan 4G merupakan penyempurnaan dari jaringan 3G. Maka dari itu semua operator seluler berlomba-lomba menawarkan layanan 4G dengan jaminan internet super cepat dan biaya super hemat, salah satunya operator Telkomsel. Operator Telkomsel memang banyak dipilih karena sinyalnya yang stabil hampir diseluruh wilayah di Indonesia. Selain itu, pilihan paket yang ditawarkan juga cukup beragam.

Sayangnya, tidak semua smartphone mendukung jaringan 4G. Selain itu, masih ada beberapa wilayah yang belum mendukung jaringan 4G. Sehingga banyak yang menanyakan cara mengubah kuota 4G ke 3G Telkomsel. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi ilmu tentang cara merubah kuota 4G ke 3G Telkomsel. Yuk langsung saja pantengin ulasannya berikut ini:

CARA MERUBAH KUOTA 4G KE 3G TELKOMSEL

# Cara Merubah Kuota 4G ke 3G Telkomsel (CARA 1)

Cara yang pertama ini cukup dengan melalui pengaturan di smartphone kamu. Pertama-tama buka Setting, kemudian pilih SIM Card Setting. Lalu tap pada Preferred Network Type, kemudian pilih jaringan 3G. Biasanya pengaturan tiap smartphone memang berbeda, namun hanya penggunaan katanya yang berbeda.

Baca juga : 4 Cara mengetahui IP Address di Android

# Cara Merubah Kuota 4G ke 3G Telkomsel (CARA 2)

Cara yang kedua yaitu mengubah kuota 4G ke 3G dengan bantuan aplikasi. Jika kamu membeli paket data biasanya berisi dua jenis paket, yaitu di jaringan 3G dan jaringan 4G sehingga jika diakumulasikan data paket yang kamu miliki terasa banyak. Nah, jika kamu memiliki smartphone yang belum mendukung jaringan 4G tentunya kuota 4G yang kamu miliki menjadi mubazir. Untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan seperti 3G to 4G Converter, 4G LTE Switch. 3G 4G LTE Network Monitor, 3G ke 4G Daya Converter Prank, 4G LTE Only Mode Switch dan masih banyak lagi aplikasi yang bisa kamu download secara gratis di Play Store. Aplikasi tambahan tersebut nantinya akan menukar sinyal 4G menjadi 3G, sehingga kamu bisa menggunakan kuota 4G. Jadi tidak ada yang mubazir bukan?

# Cara Merubah Kuota 4G ke 3G Telkomsel (CARA 3)

Cara yang ketiga adalah dengan bantuan perangkat lain seperti modem yang sudah mendukung jaringan 4G. Kini banyak dijual modem portable yang bisa kamu bawa kemanapun kamu pergi (Myfi). Apalagi kebanyakan modem tersebut sudah mendukung sinyal 4G. Nah, untuk mengatasi kuota 4G yang tidak bisa digunakan di smartphone, kamu bisa memanfaatkan modem 4G ini sob. Walaupun smartphone kamu belum 4G, tapi kamu masih bisa menikmati cepatnya internetan di jaringan 4G dari modem. Yang lebih menguntungkannya lagi, kamu tidak hanya bisa menyambungkan satu perangkat, tapi beberapa perangkat seperti laptop bahkan beberapa smartphone yang bisa tersambung secara bersamaan.

Cara Merubah Kuota 4G ke 3G Telkomsel

# Cara Merubah Kuota 4G ke 3G Telkomsel (CARA 4)

Cara yang selanjutnya adalah dengan panggilan ke kode rahasia. Caranya cukup dial *#0011# Kemudian call seperti biasa. Selanjutnya kamu akan masuk pada Mode Service lalu pilihlah Key Input. Saat memasukkan key input, cukup ketik Q dengan huruf kapital, lalu pilihlah Back. Kemudian masukkan lagi Key Input dengan mengetik 0000.

Selanjutnya melalui pilihan menu jaringan, pilihlah CDMA. Tunggulah beberapa saat hingga jaringan kamu akan refresh ke mode 4G. Sayangnya cara ini tidak bisa diterapkan di ponsel tertentu. Jadi jika perangkatmu tidak mendukung, kamu masih bisa menggunakan ketiga cara yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Itulah tadi cara merubah kuota 4G ke 3G Telkomsel. Memang membutuhkan sedikit usaha jika kamu ingin menikmati sinyal 4G di smartphone 3G. Demikian artikel tentang cara merubah kuota 4G ke 3G Telkomsel. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply