Cara Menulis Arab di Ms Word

Halo sobat para pembaca ilmuonline.net, Pada kesempatan kali ini saya akan sharing tentang cara menulis Arab di Ms Word. Mungkin Microsoft Word menyediakan fitur untuk menampilkan ayat Al-Qur’an secara otomatis karena memang sudah plug in yang tersedia, tapi untuk menulis Arab dengan sesuai kebutuhan tentu kita akan merasa kesulitan bukan? Namanya juga orang Indonesia, bukan orang Arab ya gaess.

Jelas saja, kita hidup di negara Indonesia yang menggunakan bahasa Indonesia. Semua keyboard yang dipasarkan juga hanya menyediakan huruf alfabet biasa tanpa ada huruf Arab di keyboardnya. Pasti kamu akan pusing minta ampun jika dituntut untuk menulis Arab. Jadi solusinya gimana dong?

Cara Menulis Arab Di Ms Word

Nah, kali ini saya akan kasih tahu bagaimana cara menulis Arab di Ms Word. Yuk langsung cus aja langkah-langkahnya.

Langkah pertama adalah kita harus memunculkan opsi bahasa Arab terlebih dahulu caranya adalah klik logo Start lalu cari pilihan “Control Panel” kemudian klik.

Selanjutnya akan muncul layar Control Panel seperti pada gambar dibawah ini. kemudian klik “Change Keyboard or Other Input Method”.

Setelah itu akan ada dialog baru yang muncul seperti pada gambar di bawah ini. Pilih menu “Keyboards and Languages”. Kemudian klik pada “Change Keyboards”.

Kemudian akan muncul dialog baru lagi seperti gambar dibawah. Pada general, disana tertera bahasa apa saja yang sedang diaktifkan pada PC kamu, pada laptop saya kebetulan hanya bahasa Indonesia dan Inggris saja yang diaktifkan. Untuk mengaktifkan bahasa Arab kita klik “Add” yang ada pada dialog tadi.

Lalu akan muncul dialog baru seperti gambar berikut. Hal yang harus kita lakukan adalah memilih bahasa Arab seperti yang kita butuhkan. Ada beberapa pilihan bahasa Arab yang tersedia disana, namun saya memilih bahasa Arab dari Arab Saudi yang dirasa cukup umum terdengar.

Jika sudah klik “OK”.

Untuk cara mengaktifkannya sendiri sangat gampang sob. Pada notification area biasanya terdapat pilihan bahasa. Kamu tinggal ubah saja ke bahasa Arab.

Cara mudah print bolak balik di microsoft word

Hasilnya akan seperti ini. kamu bisa mencobanya dengan menggunakan On Screen Keyboard yang disediakan oleh windows untuk memudahkanmu dalam menulis Arab. Dengan begitu kamu dapat mengetahui dimana saja letak-letak huruf Arab pada keyboard jika kamu masih belum hafal dengan tiap posisinya.

Cara Menulis Arab Di Word

Bagaimana sob ? Cukup mudah dilakukan bukan? Yah walaupun mungkin diawal kamu akan merasa kesulitan untuk mengetik Arab di Ms Word karena harus melihat satu persatu letak huruf Arab di keyboard, namun lama kelamaan kamu pasti akan merasa terbiasa mengetiknya tanpa perlu melihat keyboard lagi. Heheh.

cara gampang mempassword file office

Nah itu tadi sob cara menulis Arab di Ms Word. Ternyata Ms Word itu memang banyak memiliki fitur yang tak banyak orang tahu gaes, contohnya ya cara menulis Arab di Ms Word tadi. Intinya sih banyak ilmu yang bisa kita gunakan jika kita mau mencoba.

Sekian artikel tentang cara menulis Arab di Ms Word. Jangan lupa untuk sharing dengan temanmu diluar sana dengan share artikel cara menulis Arab di Ms Word diatas melalui akun sosial media kamu. Dengan berbagi ilmu tentu akan membuatmu semakin tertarik untuk menambah lebih banyak ilmu. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk selalui explore sesuatu hal yang baru. Be Creative Everyone.

Leave a Reply