Cara Menonaktifkan Windows Defender di Windows 10 Secara Permanen

Sebagai salah satu sistem operasi populer dan paling banyak digunakan oleh masyarakat saat ini, Windows terus berinovasi dan mengembangkan fitur terutama keamanan agar komputer Windows aman dari gangguan virus atau malware. Mulai dari edisi Windows 8 hingga yang terbaru Windows 10 sudah menyertakan antivirus bawaan buatan Microsoft sendiri yang dinamakan Windows Defender. Windows defender diklaim Microsoft sebagai antivirus handal dan dapat menangkal virus/malware lebih baik dibanding antivirus pihak ke tiga yang biasa dijumpai. Namun sayangnya fitur ini justru akan cukup mengganggu bagi pengguna windows dan aplikasi non original, bagaimana cara menonaktifkan windows defender di windows 10 secara permanen ?

Jika anda tetap menginstal antivirus dari pihak ketiga di Windows 10, Windows Defender juga memiliki fitur untuk menonaktifkan otomatis dirinya sendiri ketika terdapat antivirus pihak ketiga. Windows 10 pada dasarnya akan mengaktifkan Windows Defender selamanya di komputer anda ketika masih menjadi antivirus utama.

Dengan aktifnya Windows Defender selamanya ini bisa menimbulkan dampak baik dan buruk, dampak baik mungkin anda akan selalu terlindungi dari virus, namun dampak buruk mungkin anda akan merasa terpaksa harus menggunakan antivirus ini meski anda tahu ada antivirus yang lebih baik dibanding  Windows Defender. Apabila ini mengganggu anda perlu untuk menonaktifkan Windows defender, akan tetapi menonaktifkan melalui pengaturan bisa dibilang susah karena Windows Defender hanya menyediakan fungsi mematikan real time protection yang sewaktu – waktu bisa aktif kembali service dari Windows Defender tersebut apabila komputer dinyalakan kembali.

cara menonaktifkan windows defender di windows 10

Maka dari itu jika anda ingin tahu cara menonaktifkan Windows Defender di Windows 10 secara permanen karena beberapa alasan secara permanen anda perlu mengikuti cara berikut yang anda dapat lakukan.

Cara Menonaktifkan Windows Defender di Windows 10 Permanen dengan Group Policy Editor

Group Policy Editor adalah sebuah menu pengaturan di Windows yang dapat menonaktifkan service yang penting di dalam Windows, termasuk Windows Defender. Untuk menonaktifkan Windows Defender permanen di Windows 10, anda dapat melakukan dengan Group Policy Editor dengan cara sebagai berikut.

  1. Buka Group Policy Editor dengan ketiki “gpedit.msc” di start menu atau run kemudian pilih Group Policy Editor
  2. Pada jendela Group Policy Editor, ada beberapa folder pengaturan. Untuk Windows Defender, pindahkan direktori ke Computer Configuration >> Administrative Templates >> Windows Components >> Windows Defender
  3. Setelah terbuka folder Windows Defender, ada beberapa file dan folder, pilih entri Turn Off Windows Defender
  4. Apabila sudah terbuka ada pilihan beberapa konfigurasi, untuk menonaktfikan pilih Enabled dan kemudian klik apply
  5. Apabila diperlukan anda bisa restart komputer, kemudian setelah proses selesai Windows Defender di Windows 10 anda akan nonaktif secara permanen, jika ingin diaktifkan kembali tinggal ubah pilihan pada policy editor tersebut menjadi

Cara Menonaktifkan Windows Defender di Windows 10  Permanen dengan Registry Editor

Selain menggunakan group policy editor, anda juga dapat menonaktifkan Windows Defender dengan melalui Registry Editor untuk mengubah susunan registry di Windows Anda, langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Buat dulu system restore point atau backup registry anda sebelum melakukan hal ini
  2. Buka registry editor dengan cara mengetikkan “regedit” di searchbar Windows 10, bila ada dialog membuka lewat administrator pilih yes
  3. Ketika registry editor terbuka, arahkan registry ke alamat/kunci berikut

“HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows Defender”

  1. Bila sudah terbuka alamat tersebut, pada sisi kanan yang kosong anda dapat melakukan klik kanan >> new >> Kemudian pilih “DWORD 32 Bit Value” dan diberi nama “DisableAntiSpyware” (tanpa petik)
  2. Apabila key sudah dibuat, klik ganda (double click) pada key dan pada menu edit value isi value yang kosong dengan angka 1, hal ini berfungsi untuk menonaktifkan Windows Defender. Bila anda ingin mengembalikan Windows Defender kembali aktif ganti angka 1 menjadi angka 0
  3. Lakukan Restart Komputer apabila diperlukan

Baca juga artikel menarik lainnya : Cara memeriksa penggunaan memori di windows 7 dan 10

Cara menonaktifkan Windows Defender di Windows 10 secara permanen tersebut bisa berhasil atau tidak tergantung jenis Windows 10 yang anda miliki, akan tetapi itu adalah cara yang bisa dilakukan apabila anda ingin menonaktifkan Windows Defender di Windows 10 secara permanen. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply