Cara Menghilangkan Powered by Opencart

Secara default teks powered by opencart akan tampil di footer toko online  opencart, untuk menghilangkan powered by opencart ada cara gampang yang tentunya bisa anda gunakan untuk menghilangkan kalimat powered by opencart yang biasa ada di footer paling bawah setiap habis menginstall toko online menggunakan opencart, seperti kebanyakan CMS lainnya opencart juga secara default akan menampilkan footer powered by opencart sebagai penanda jika toko online tersebut terbuat dari ecommerce opencart, namun bagi sebagian orang mungkin akan kelihatan kurang professional atau kerang sesuai dengan yang di inginkan sehingga ingin mengganti ataupun menghilangkan teks tersebut.

Membuat toko online dengan cms opencart memang sangat simple dan mudah di pahami, terlebih jika sudah terbiasa dengan dunia blogging. Untuk sekarang ini ecommerce yang satu ini merupakan salah satu ecommerce favorit untuk membuat toko online, karena kelengkapan tool, support template dan tampilan yang powerfull.

Cara menghilangkan powered by opencart

 

1. Pertama silahkan cpanel web toko online di hosting yang sudah di install opencart, kemudian pilih File Manager >> buka root folder public_html atau halaman folder utama dari toko online itu sendiri

cpanel hosting

2. Kemudian cari folder berikut: public_html/admin/view/template/common dan edit dengan menggunakan notepad atau editor lainnya pada file footer.tpl

3. Pada file footer.tpl Cari baris ini –> <div id=”footer”><?php echo $text_footer; ?></div>

4. Hapus bagian –> <?php echo $text_footer; ?> sehingga cukup menjadi seperti ini <div id=”footer”></div>

5. Dari sini sebenarnya teks powered by opencart sudah tidak muncul, namun untuk lebih lengkapnya anda bisa menghapunya juga di file footer.php pada direktory catalog\language\english\common cari dan hapus kalimat powered by opencart “atau yang mirip di atas”

6. Terakhir tinggal Save file tersebut.

Itulah penjelasan mengenai cara mengedit atau menghilangkan powered by opencart yang bisa ilmuonline.net share, tunggu tutorial-tutorial berikutnya untuk membangun toko online.