Cara Menghapus Memori WhatsApp dengan Mudah

Cara menghapus memori whatsapp berguna untuk meringankan beban loading whatsapp itu sendiri supaya whatsapp tidak lemot, sehingga dengan cara ini bisa digunakan untuk mengatasi whatsapp yang lemot. Aplikasi WhatsApp adalah aplikasi chating yang banyak digunakan oleh pengguna smartphone. Ini dapat dibuktikan dimana aplikasi WhatsApp diunduh 1 milyar lebih versi play store. Karena saking banyaknya orang yang menggunakan aplikasi WhatsApp maka orang-orang yang baru menggunakan smartphone pun juga ikut menggunakannya.

Tidak mungkin juga orang menggunakan aplikasi dimana aplikasi obrolan tersebut sangat sedikit sekali yang menggunakannya, jika anda memaksakan untuk menggunakannya maka resikonya anda tidak dapat terhubung dengan teman anda karena sudah pasti teman anda tidak menggunakan aplikasi tersebut. Ini berbeda dengan WhatsApp yang memang sudah sangat populer sehingga ketika anda menggunakannya anda dapat terhubung ke teman anda karena mereka sebagian besar juga menggunakan aplikasi WhatsApp.

Baca juga artikel menarik lainnya seputar whatsapp :

15 Masaah Whatsapp yang sering terjadi dan cara mengatasinya

Cara mengatur whatsapp agar tidak download otomatis

Semakin banyak teman maka semakin asik dalam berkomunikasi apalagi anda memiliki banyak grup WhatsApp yang memudahkan anda mendapatkan informasi yang anda inginkan. Semakin banyak grup dah obrolan yang anda lakukan maka semakin memakan memory sehingga performa dari aplikasi WhatsApp tidak terlalu bagus. Masalah ini akan bertambah parah jika anda menginstall banyak aplikasi yang jarang anda gunakan di ponsel anda, selain itu banyaknya aplikasi yang dijalankan juga sangat berpengaruh pada kecepatan ponsel anda. Untuk mengurangi bebas memori pada WhatsApp anda bisa melakukan trik dibawah ini.

Cara Menghapus Memori WhatsApp

Cara menghapus memori whatsapp step by step bisa anda simak pada bagian berikut ini.

1. Pertama-tama yang perlu anda lakukan adalah membuka aplikasi WhatsApp yang ada di ponsel anda.

2. Lalu anda buka menu setting dengan cara menekan simbol titik tiga di atas kanan layar ponsel anda. Jika sudah ditemukan silahkan anda klik Settings.

3. Setelah itu silahkan anda pilih Account seperti pada gambar dibawah ini.

4. Lalu anda pilih Network usage, setelah itu anda scroll kebawah dan silahkan anda pilih Reset Statistics.

5. Setelah anda menekan tombol Reset Statistics maka secara otomatis semua memory yang tadinya penuh menjadi 0 kb. Ini membuktikan bahwa beban memori WhatsApp anda sudah dihpaus sehingga menambah performas dari aplikasi WhatsApp yang anda gunakan.

Perlu anda ketahui bahwa kecepatan smartphone terhadap aplikasi yang anda gunakan khususnya aplikasi WhatsApp bukan hanya menggunakan cara ini. Masih ada lagi hal-hal yang memang mengambil peran penting seberapa optimalnya aplikasi WhatsApp berjalan di ponsel anda. Salah satu yang sangat berpengaruh adalah sebagai berikut.

Spesifikasi Smartphone
Spesifikasi ponsel yang rendah akan mengakibatkan seluruh aplikasi yang ada di ponsel tersebut berjalan dengan lambat termasuk aplikasi WhatsApp. Ini berbeda jika anda menggunakan ponsel dengan spesifikasi yang tinggi dimana walaupun anda menggunakan atau menginstall banyak aplikasi masih dapat berjalan dengan lancar.
Kapasitas Memori
Percuma anda menggunakan ponsel berkelas akan tetapi memori anda pas-pasan. Kecepatan aplikasi berjalan pada OS juga dipengaruhi dengan memori, semakin banyak ruang maka semakin cepat pula aplikasi tersebut berjalan.

Itulah beberapa faktor yang paling mempengaruhi apakah aplikasi WhatsApp yang anda gunakan lemot atau tidak, untuk mengatasinya anda bisa mencoba cara menghapus memori whatsapp tujuannya agar aplikasi whatsapp anda seperti baru lagi dan tidak lemot lagi. Jika anda menggunakan ponsel dengan spesifikasi tinggi maka tanpa anda harus mereset juga tetap berjalan dengan lancar. Akan tetapi jika ponsel anda sudah terlalu penuh dengan bnayaknya aplikasi, dengan menggunakan cara ini juga lebih baik agar mengurangi beban memori yang ada pada apliaksi WhatsApp yang anda gunakan. Selain anda menggunakan cara diatas anda juga harus efisien dalam grup yang anda ikuti. Jika ada grup WhatsApp yang tidak terlalu penting untuk anda atau anda tidak aktif pada grup tersebut alangkah baiknya jika anda menghapusnya saja. Dengan cara ini maka semakin sedikit beban yang harus ditanggung oleh aplikasi WhatsApp di ponsel anda.

Itu tadi info mengenai cara menghapus memori whatsapp yang mudah untuk dipraktekkan, saran agar whatsapp tidak lemot ikutiĀ group whatsapp seperlunya. Lagian percuma juga bukan ikut grup dimana grup tersebut tidak menarik untuk anda. Anda cukup mengikuti grup yang sangat penting untuk anda seperti grup teman semasa sekolah SD, SMP, SMA/SMK, kuliah dimana anda akan mendapatkan informasi berupa tugas kuliah anda dengan mudah.