Cara Mengganti Background Di Photoshop

Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan ilmu tentang cara mengganti background di Photoshop. Tentu kamu tahu manfaat dari ilmu tentang cara mengganti background di Photoshop ini. Dengan bermodal kemampuan Photoshop, kamu bisa loh berkeliling dunia. Gak percaya? hehehe

Photoshop sendiri merupakan salah satu software yang banyak digunakan para desainer maupun fotografer. Photoshop memiliki fitur yang beragam sehingga dapat mempermudah penggunanya untuk menghasilkan karya yang kece. Photoshop juga menyediakan banyak plug in yang bisa kita download sesuai kebutuhan, jadi hampir semua fitur yang dibutuhkan dalam dunia desain tersedia di Photoshop.

Memang kini banyak pengembang aplikasi smartphone yang berfungsi untuk edit foto agar lebih estetik dengan cara simpel, namun tetap saja Photoshop tetap menjadi primadona dan tidak gampang tergusur oleh aplikasi lain.

Salah satu fungsi yang sering digunakan di Photoshop adalah mengganti background. Kamu tentu sudah paham dengan fungsi yang satu ini kan? Yup, kamu bisa dengan mudah mengganti latar belakang foto kamu di Photoshop. Mungkin karena kamu merasa tidak cocok dengan backgroundnya, atau ingin seolah-olah sedang jalan-jalan ke kota lain, atau ingin membuat fotomu nampak seperti foto studio.

Tujuan mengganti background foto memang sangat beragam. Maka dari itu kamu bisa mengaplikasikannya ke berbagai macam kebutuhan. Atau sering disebut multifungsi gitu.. hehe

Cara Mengganti Background di Photoshop

Nah untuk langkah-langkah cara mengganti background foto di Photoshop, kamu bisa baca tutorial dibawah ini sambil dipraktekan.

Siapkan dulu foto yang akan diubah backgroundnya. Kali ini saya menggunakan foto kelas dan ingin membuatnya nampak seperti foto studio.

Selanjutnya kita jadikan gambar tersebut menjadi layer 0, agar kita masih punya file aslinya.

Caranya klik 2x pada layer background. Lalu pilih Ok

Nah, langkah selanjutnya adalah mengganti background. Langkahnya, pilih “Polygonal Lasso Tool” pada tool bar. Kemudian seleksi semua background yang akan diganti. Jangan lupa untuk terus menekan tombol “SHIFT” saat menyeleksi agar hasil seleksi tidak terpisah.

Setelah semua background terseleksi, tandanya akan muncul garis putus-putus seperti dibawah ini. Lalu klik kanan dan pilih “Feather”

Ketik angka 2 atau secukupnya agar hasil seleksi menjadi lebih halus.

Untuk membuang background, tinggal tekan tombol “Delete”

Kemudian kita akan membuat background menjadi warna putih polos. Caranya buat layer baru dulu dengan klik “Create a New Layer” seperti gambar dibawah ini. Selanjutnya akan muncul layer baru bernama “layer 1”. Nah, pastikan layer 1 ini berada dibawah layer 0.

Untuk memberi warna putih, tekan tombol CTRL+DELETE secara bersamaan. Hasilnya akan seperti pada gambar dibawah ini. Agar menjadi lebih realistis, kita perlu tambahkan efek bayangan dibawahnya, agar gambar terlihat seperti menapak dilantai tidak melayang seperti hantu, hehe

Caranya buat layer baru seperti tadi, pastikan layer baru ini ada terletak diantara layer lain.

Lalu pilih “Polygonal Lasso Tool”, kemudian seleksi bagian bawah foto. Kira-kira saja agar nampak seperti bayangan sungguhan.

Setelah terseleksi semua, tampilannya akan seperti dibawah ini.

Selanjutnya tekan “ALT+DELETE” agar hasil seleksi menjadi berwarna hitam.

Nah penampakannya akan seperti ini guys..

Langkah selanjutnya adalah membuat bayangan tadi menajdi agak blur. Caranya pilih “Filter” pada menu bar, pilih “Blur” lalu klik “Gaussian Blur”. Geser radiusnya, secukupnya saja, setelah cukup, klik OK.

Dan hasilnya akan seperti ini.

Bagaimana? Mudah bukan? Kamu tidak perlu datang ke Studio ramai-ramai hanya untuk foto seperti contoh diatas, cukup foto dikelas saja lalu edit dengan Photoshop.

Demikian artikel tentang cara mengganti background di Photoshop. Jangan lupa share artikel tentang cara mengganti background di Photoshop diatas melalui akun sosial media kamu. Semoga bermanfaat sobat.

Leave a Reply